Strategi Bisnis Hotel di Masa Pandemi

Halo Sobat Bisnis! Pandemi COVID-19 telah mengubah dunia bisnis secara drastis, termasuk industri pariwisata dan perhotelan. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa strategi bisnis hotel di masa pandemi yang bisa membantu hotel Sobat Bisnis bertahan dan sukses di tengah situasi sulit ini.

1. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh hotel adalah menjaga kebersihan dan kesehatan tamu dan karyawan. Pastikan seluruh area hotel, baik kamar tamu, restoran, lobby, fitness center, kolam renang, dan area publik lainnya selalu steril dan bebas dari virus dan bakteri. Tambahkan hand sanitizer di seluruh area hotel, dan pastikan karyawan mengenakan masker dan menjaga jarak sosial.

Hotel juga bisa menambahkan fitur-fitur baru untuk menjaga kesehatan tamu, seperti pemeriksaan suhu tubuh, menu makanan sehat, dan fasilitas olahraga di dalam kamar seperti treadmill atau dumbell.

Penyediaan fasilitas kesehatan, seperti obat-obatan dan alat kesehatan juga dapat dibuat sebagai salah satu fitur kamar hotel bagi tamu yang membutuhkan.

Menerapkan kebijakan yang ketat dalam hal protokol kesehatan saat memberikan pelayanan kepada tamu penting dilakukan.

2. Mengoptimalkan Media Sosial

Media sosial adalah salah satu kekuatan terbesar dalam dunia bisnis hotel, terutama dalam situasi pandemi saat ini. Hotel bisa menggunakan platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn untuk berkomunikasi dengan tamu dan mempromosikan produk dan layanan hotel.

Dalam media sosial, hotel dapat berbagi informasi tentang kebijakan-kebijakan terbaru yang diimplementasikan oleh hotel dalam menangani pandemi. Saham cerita tamu yang mulai menginap di hotel satu persatu bisa diunggah dengan caption yang menarik dan tentunya cerita yang positif.

Jangan lupa untuk mempromosikan penawaran spesial atau paket khusus di media sosial, seperti diskon harga kamar atau makanan gratis bagi tamu yang memesan dari platform media sosial.

3. Meningkatkan Layanan Dalam Kamar

Dalam situasi pandemi saat ini, banyak tamu yang lebih memilih untuk menghindari area publik hotel dan memilih untuk menghabiskan waktu di dalam kamar. Oleh karena itu, hotel harus meningkatkan layanan dalam kamar untuk memenuhi kebutuhan tamu tersebut.

Hotel bisa menambahkan fasilitas seperti mesin kopi atau teh, snack khusus, dan produk-produk lain yang dapat memenuhi kebutuhan tamu selama menginap di dalam kamar tanpa harus keluar.

Hotel juga dapat mengoptimalkan layanan kamar untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi tamu, seperti memperluas menu makanan kamar atau pengiriman makanan, menambahkan menu interaktif, atau bahkan menyediakan permainan papan ke dalam kamar.

4. Menawarkan Layanan Pengiriman Makanan ke Luar

Di masa pandemi saat ini, banyak tamu yang lebih memilih untuk memesan makanan ke luar daripada makan di restoran hotel. Oleh karena itu, hotel bisa menawarkan layanan pengiriman makanan ke luar untuk tamu yang menginap di hotel.

Hotel dapat bermitra dengan restoran terdekat untuk mengoptimalkan layanan pengiriman makanan. Hal ini dapat membantu menambah nilai tambah layanan bagi tamu dan memperluas cakupan bisnis bagi restoran dan hotel.

5. Menyediakan Pengalaman Wisata Virtual

Di saat pandemi yang memaksa kita untuk menghindari kerumunan, hotel bisa menyediakan pengalaman virtual untuk memperkenalkan tempat-tempat wisata di sekitar hotel.

Hotel dapat bekerja sama dengan pihak berwenang seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota setempat, atau mengadakan tur virtual di dalam hotel dengan topik tertentu seperti kuliner, seni, atau budaya. Hal ini dapat membantu menarik tamu untuk menginap di hotel dan menjadikan hotel sebagai pilihan tempat menginap yang unik.

6. Memperluas Jenis Produk dan Layanan

Di masa pandemi, hotel harus memperluas jenis produk dan layanan guna memenuhi kebutuhan tamu yang berbeda-beda. Hotel bisa menambahkan layanan seperti laundry kiloan, penyewaan kendaraan, atau bahkan menyediakan perlengkapan olahraga yang dapat dipinjam oleh tamu selama menginap di hotel.

Hotel juga bisa memperluas jenis produk yang tersedia, seperti souvenir, snack khusus, atau perangkat elektronik seperti powerbank atau earphone.

7. Menyediakan Layanan Pemandu Wisata

Untuk tamu yang masih ingin menjelajahi tempat-tempat wisata di sekitar hotel, hotel bisa menyediakan layanan pemandu wisata yang aman dan sehat selama pandemi.

Pemandu wisata yang bertugas harus selalu menjalankan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, membersihkan kendaraan atau alat transportasi sebelum dan setelah digunakan, dan menjaga jarak sosial dengan tamu.

Layanan pemandu wisata ini dapat membantu tamu merencanakan hari libur mereka dengan lebih baik dan menambah nilai tambah layanan bagi hotel.

8. Menyediakan Layanan Pertemuan Virtual

Saat ini banyak acara bisnis dan pertemuan tidak dapat dilaksanakan seperti biasanya dikarenakan pandemi. Oleh karena itu, hotel bisa menawarkan layanan pertemuan virtual untuk memenuhi kebutuhan tamu.

Layanan ini bisa berupa konferensi video atau telekonferensi dan dapat diadakan di dalam ruangan khusus di hotel. Hal ini dapat membantu hotel menarik tamu bisnis dan memperluas jenis produk dan layanan hotel.

9. Mengoptimalkan Layanan Spa dan Kesehatan

Banyak tamu yang lebih memilih layanan spa dan kecantikan di dalam kamar saat menginap di hotel daripada pergi ke area publik hotel. Oleh karena itu, hotel harus meningkatkan layanan spa dan kecantikan dalam kamar untuk memenuhi kebutuhan tamu.

Hotel juga bisa menambahkan fasilitas seperti sauna, jacuzzi, atau bahkan layanan pijat khusus yang dapat dilakukan di dalam kamar tamu. Layanan ini dapat membantu meningkatkan pengalaman tamu dan memperluas jenis produk dan layanan hotel.

10. Meningkatkan Pengalaman Tamu

Di masa pandemi, hotel harus meningkatkan pengalaman tamu sehingga tamu merasa senang dan aman saat menginap di hotel.

Hotel bisa menambahkan fitur-fitur baru, seperti pemandian air panas atau yoga di kamar, atau menambahkan fasilitas publik seperti taman atau kolam renang. Hotel juga harus selalu memberikan pelayanan terbaik untuk tamu dan menanggapi setiap keluhan atau masalah yang muncul dengan cepat dan efektif.

Menyediakan layanan ramah anak juga bisa menjadi salah satu nilai tambah bagi hotel untuk memikat tamu yang datang bersama keluarganya. Memperhatikan detail kecil seperti menyediakan sweatshirts dengan merk hotel yang lucu-lucu agar anak-anak nyaman selama menginap di hotel.

11. Menyediakan Layanan Pembersihan Khusus

Hotel dapat menyediakan layanan pembersihan khusus untuk tamu yang menginap di kamar yang sama, seperti keluarga atau kelompok kecil. Layanan ini dapat memastikan bahwa area yang digunakan oleh kelompok tersebut selalu steril dan bebas dari virus dan bakteri.

Layanan pembersihan khusus ini dapat dilakukan setiap hari atau sesuai dengan permintaan tamu. Hotel dapat menawarkan layanan ini sebagai nilai tambah untuk tamu yang memilih untuk menginap di kamar yang sama.

12. Mengoptimalkan Layanan Bisnis Online

Di masa pandemi, layanan bisnis online seperti Zoom atau Skype menjadi semakin penting dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, hotel dapat menawarkan layanan bisnis online yang aman dan nyaman bagi tamu.

Layanan ini dapat dilakukan di dalam kamar tamu atau di dalam ruang bisnis khusus di hotel. Hotel harus memastikan bahwa layanan tersebut terhubung dengan jaringan internet yang aman untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data tamu.

13. Menambahkan Sertifikasi Kesehatan dan Kebersihan

Hotel bisa menambahkan sertifikasi kesehatan dan kebersihan untuk meyakinkan tamu bahwa hotel sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar.

Sertifikasi ini dapat dikeluarkan oleh instansi pemerintah atau organisasi internasional seperti WHO atau CDC. Hotel juga bisa membuat sertifikasi kesehatan dan kebersihan sendiri dan menampilkan di area publik hotel atau di media sosial.

14. Menyediakan Layanan Koncierge Online

Hotel dapat menyediakan layanan koncierge online untuk membantu tamu merencanakan aktivitas atau tempat wisata di sekitar hotel.

Layanan ini dapat dilakukan melalui aplikasi khusus yang dapat diakses oleh tamu. Hotel dapat memberikan rekomendasi tempat-tempat wisata atau restoran yang aman dan ramah selama pandemi.

15. Menyediakan Paket Karantina

Hotel bisa menawarkan paket karantina untuk tamu yang harus menjalani karantina setelah perjalanan atau kontak dengan orang yang terinfeksi COVID-19.

Paket ini dapat mencakup pengiriman makanan, alat kesehatan, dan layanan pembersihan khusus. Hotel harus memastikan bahwa area yang digunakan oleh tamu dalam karantina selalu steril dan bebas dari virus dan bakteri.

16. Menambahkan Fasilitas Olahraga di Kamar

Hotel bisa menambahkan fasilitas olahraga di dalam kamar untuk memenuhi kebutuhan tamu yang ingin berolahraga selama menginap di hotel.

Fasilitas ini dapat berupa treadmill, sepeda statis, atau bahkan dumbell. Fasilitas olahraga di dalam kamar dapat membantu tamu tetap sehat dan fit selama menginap di hotel.

17. Menyediakan Layanan Kamar Mandi Khusus

Hotel bisa menyediakan layanan kamar mandi khusus untuk tamu yang ingin merawat diri saat menginap di hotel.

Layanan ini dapat mencakup produk mandi berkualitas tinggi atau layanan pijat atau perawatan kecantikan langsung di kamar tamu. Hotel juga bisa menambahkan fitur seperti bathtub atau jacuzzi untuk memberikan pengalaman mandi yang lebih baik bagi tamu.

18. Meningkatkan Layanan Pemeriksaan Kesehatan

Hotel harus meningkatkan layanan pemeriksaan kesehatan untuk tamu dan karyawan untuk memastikan bahwa semua orang di dalam hotel selalu sehat dan aman.

Layanan pemeriksaan kesehatan ini dapat berupa pemeriksaan suhu tubuh, tes COVID-19, atau pemeriksaan kesehatan lainnya. Hotel harus selalu menjalankan protokol kesehatan yang ketat untuk menjamin keamanan dan kesehatan tamu dan karyawan.

19. Menyediakan Layanan Pengiriman Barang

Hotel bisa menawarkan layanan pengiriman barang untuk tamu yang membutuhkannya.

Layanan pengiriman ini dapat mencakup pengiriman koper atau barang-barang lainnya yang ditinggalkan di hotel setelah tamu meninggalkan hotel. Hotel harus memberikan layanan pengiriman yang aman dan nyaman untuk tamu agar mereka tidak perlu khawatir tentang barang-barang mereka.

20. Menambahkan Fasilitas Meeting Outdoor

Hotel bisa menambahkan fasilitas meeting outdoor untuk tamu yang ingin mengadakan pertemuan atau acara di luar ruangan.

Fasilitas ini dapat berupa tenda yang dilengkapi dengan alat audio dan visual, kursi dan meja, atau bahkan panggung untuk acara musik atau teater di luar ruangan. Fasilitas meeting outdoor ini dapat membantu hotel menarik tamu untuk mengadakan acara di hotel dan memperluas cakupan bisnis hotel.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara menjaga keamanan tamu dan karyawan selama pandemi? Hotel harus selalu menjalankan protokol kesehatan yang ketat, seperti menjaga jarak sosial, mengenakan masker, dan memberikan hand sanitizer di seluruh area hotel. Hotel juga harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan hotel untuk memastikan bahwa tamu dan karyawan selalu aman dan sehat.
Bagaimana cara menarik tamu untuk menginap di hotel selama pandemi? Hotel bisa menawarkan paket khusus atau diskon harga kamar, menambahkan fitur-fitur baru seperti fasilitas olahraga di dalam kamar atau layanan pengiriman makanan ke luar, atau mempromosikan layanan buatan hotel melalui media sosial atau website hotel.
Bagaimana hotel bisa memperluas bisnisnya selama pandemi? Hotel bisa memperluas bisnisnya dengan menawarkan layanan baru, seperti layanan pemandu wisata atau layanan pengiriman barang. Hotel juga harus selalu mengoptimalkan layanan yang ada dan meningkatkan pengalaman tamu agar tamu senang dan kembali ke hotel.

Video:Strategi Bisnis Hotel di Masa Pandemi