Segmentasi Customer pada Bisnis Model Canvas

Halo Sobat Bisnis, dalam menjalankan bisnis, pastinya salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah pelanggan atau customer. Segmen pelanggan yang baik akan memudahkan bisnis untuk memasarkan produk atau layanannya. Nah, pada artikel ini kita akan membahas tentang segmentasi customer pada bisnis model canvas.

Apa itu Bisnis Model Canvas?

Bisnis Model Canvas adalah sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk menggambarkan sebagian besar elemen yang terkait dengan bisnis. Kerangka kerja ini memungkinkan kita untuk memvisualisasikan dan mengatur informasi tentang bisnis yang sedang atau akan dijalankan.

Di dalam Bisnis Model Canvas, kita bisa mengetahui apakah produk dan layanan yang akan dijual cocok dengan pelanggan atau tidak, serta bagaimana cara memasarkannya agar lebih efektif.

Dalam Bisnis Model Canvas, terdapat beberapa elemen penting seperti Value Proposition, Customer Segment, Channels, Key Resources, Key Partners, Key Activities, Cost Structure, dan Revenue Streams.

Pada artikel ini, kita akan fokus pada elemen Customer Segment atau segmen pelanggan.

Pentingnya Memahami Segmen Pelanggan

Setiap bisnis pasti memiliki target pelanggan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, memahami segmen pelanggan sangat penting agar bisnis bisa lebih efektif dalam memasarkan produk atau layanannya.

Dengan memahami segmen pelanggan, bisnis bisa mengetahui siapa saja yang menjadi target pasar. Selain itu, bisnis juga bisa memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, sehingga bisa lebih mudah untuk menciptakan value proposition yang cocok untuk mereka.

Salah satu cara untuk memahami segmen pelanggan adalah dengan melakukan segmentasi.

Apa itu Segmentasi Pelanggan?

Segmentasi pelanggan adalah proses membagi pelanggan menjadi kelompok-kelompok yang homogen berdasarkan karakteristik yang sama atau mirip. Dengan melakukan segmentasi, bisnis bisa lebih fokus dalam memasarkan produk atau layanan ke kelompok-kelompok tertentu.

Segmentasi pelanggan yang baik adalah segmentasi yang membagi pelanggan berdasarkan karakteristik yang relevan dengan bisnis. Misalnya, bisnis yang menjual produk kecantikan bisa melakukan segmentasi berdasarkan jenis kulit atau usia.

Langkah-Langkah Segmentasi Pelanggan

Untuk melakukan segmentasi pelanggan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Mengumpulkan Data Pelanggan

Langkah pertama dalam segmentasi pelanggan adalah mengumpulkan data pelanggan. Data pelanggan bisa diperoleh dari berbagai sumber seperti jaringan sosial, survei, atau promosi. Data pelanggan yang dikumpulkan harus mencakup karakteristik seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, dan sebagainya.

2. Menganalisis Data Pelanggan

Setelah data pelanggan terkumpul, langkah selanjutnya adalah menganalisis data pelanggan. Analisis ini bertujuan untuk menemukan pola atau kesamaan dalam data pelanggan. Pola atau kesamaan ini bisa digunakan untuk membagi pelanggan menjadi kelompok-kelompok yang homogen.

3. Menentukan Kriteria Segmentasi

Setelah menemukan pola atau kesamaan dalam data pelanggan, selanjutnya adalah menentukan kriteria segmentasi. Kriteria segmentasi adalah karakteristik yang menjadi dasar untuk membagi pelanggan menjadi kelompok-kelompok. Misalnya, kriteria segmentasi bisa berupa usia, jenis kelamin, atau lokasi.

4. Memilih Segmen Pelanggan

Setelah menentukan kriteria segmentasi, selanjutnya adalah memilih segmen pelanggan yang paling cocok untuk bisnis. Pemilihan segmen pelanggan harus dilakukan berdasarkan kesesuaian segmen pelanggan dengan value proposition bisnis.

5. Membuat Value Proposition

Setelah memilih segmen pelanggan, selanjutnya adalah membuat value proposition. Value proposition adalah janji bisnis kepada pelanggan. Janji ini harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan segmen pelanggan yang dipilih.

Faq

1. Segmen pelanggan apa saja yang dapat dibuat?

Segmen pelanggan dapat dibuat berdasarkan usia, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, dan sebagainya.

2. Apa manfaat dari segmentasi pelanggan?

Manfaat dari segmentasi pelanggan adalah memudahkan bisnis dalam memasarkan produk atau layanannya, menghemat biaya promosi, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Apa yang harus dilakukan setelah melakukan segmentasi pelanggan?

Setelah melakukan segmentasi pelanggan, selanjutnya adalah memilih segmen pelanggan yang paling cocok untuk bisnis dan membuat value proposition yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan segmen pelanggan yang dipilih.

No Pertanyaan Jawaban
1 Apa itu Bisnis Model Canvas? Bisnis Model Canvas adalah sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk menggambarkan sebagian besar elemen yang terkait dengan bisnis.
2 Apa manfaat dari segmentasi pelanggan? Manfaat dari segmentasi pelanggan adalah memudahkan bisnis dalam memasarkan produk atau layanannya, menghemat biaya promosi, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
3 Bagaimana langkah-langkah segmentasi pelanggan? Langkah-langkah segmentasi pelanggan adalah mengumpulkan data pelanggan, menganalisis data pelanggan, menentukan kriteria segmentasi, memilih segmen pelanggan, dan membuat value proposition.

Video:Segmentasi Customer pada Bisnis Model Canvas