Sebutkan Dua Macam Faktor Lingkungan Bisnis

Halo Sobat Bisnis, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai dua macam faktor lingkungan bisnis. Sebagai pemilik bisnis atau calon pengusaha, kita tentu harus memperhatikan lingkungan bisnis yang akan mempengaruhi kesuksesan bisnis kita. Nah, dua faktor lingkungan bisnis yang akan dibahas di sini adalah faktor internal dan faktor eksternal. Yuk, simak penjelasannya!

Faktor Internal

Faktor internal adalah semua hal yang terkait dengan bisnis kita secara langsung. Faktor ini dapat dengan mudah kita kontrol dan kita atur sendiri. Beberapa contoh faktor internal yang perlu kita perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis merupaka faktor penting yang harus diperhatikan dalam sebuah bisnis. Manajemen yang baik akan membuat bisnis kita berjalan dengan efektif dan efisien. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam manajemen bisnis, seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.

2. SDM (Sumber Daya Manusia)

SDM juga merupakan faktor internal yang sangat penting dalam bisnis. SDM merupakan salah satu aset terpenting dalam bisnis. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan kualitas, keahlian dan motivasi karyawan kita. Dengan adanya SDM yang berkualitas, bisnis kita akan berjalan dengan baik dan meningkatkan keuntungan bisnis kita.

3. Kebijakan dan Sistem Bisnis

Kebijakan dan sistem bisnis yang baik akan memudahkan bisnis kita dalam mengontrol semua kegiatan bisnis yang berlangsung. Dengan adanya kebijakan dan sistem bisnis yang baik, kita dapat menghindari terjadinya konflik dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis kita.

4. Keuangan dan Akuntansi

Keuangan dan akuntansi adalah faktor yang sangat penting dalam bisnis. Kita harus mempertimbangkan keuangan bisnis kita dengan baik. Kita harus mengelola keuangan bisnis kita dengan benar dan melakukan akuntansi bisnis secara teratur.

5. Teknologi

Terakhir, teknologi juga merupakan faktor internal yang perlu diperhatikan. Kita harus mengikuti perkembangan teknologi yang terbaru agar bisa bersaing dengan bisnis lainnya di pasar.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang terkait dengan lingkungan bisnis yang berada di luar bisnis kita. Kita tidak bisa mengontrol faktor ini, tetapi kita harus memperhatikannya dengan baik. Beberapa contoh faktor eksternal yang perlu kita perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Persaingan Bisnis

Persaingan bisnis adalah faktor yang tidak bisa kita hindari. Kita harus memperhatikan persaingan bisnis dengan bisnis lainnya agar tidak tertinggal dan bisa bersaing dengan baik di pasar. Kita harus memperhatikan kelebihan dan kekurangan bisnis lainnya agar bisnis kita bisa bersaing secara efektif.

2. Kondisi Ekonomi

Kondisi ekonomi adalah faktor eksternal yang juga perlu kita perhatikan. Kondisi ekonomi yang kurang baik dapat mempengaruhi bisnis kita. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan perkembangan ekonomi di sekitar kita agar bisnis kita bisa bertahan dan berkembang dengan baik.

3. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah juga dapat mempengaruhi bisnis kita. Kita harus memperhatikan kebijakan pemerintah yang terkait dengan bisnis kita agar bisnis kita tidak terganggu dan bisa berkembang dengan baik.

4. Lingkungan Sosial dan Budaya

Lingkungan sosial dan budaya juga perlu kita perhatikan. Kita harus memperhatikan lingkungan sosial dan budaya di sekitar bisnis kita agar bisa beradaptasi dengan baik dan tidak menimbulkan masalah.

5. Teknologi

Terakhir, teknologi juga merupakan faktor eksternal yang perlu kita perhatikan. Kita harus mengikuti perkembangan teknologi yang terbaru agar bisa bersaing dengan bisnis lainnya di pasar.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apa itu faktor internal? Faktor internal adalah semua hal yang terkait dengan bisnis kita secara langsung.
Apa itu faktor eksternal? Faktor eksternal adalah faktor yang terkait dengan lingkungan bisnis yang berada di luar bisnis kita.
Mengapa faktor lingkungan bisnis perlu diperhatikan? Faktor lingkungan bisnis perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi kesuksesan bisnis kita.
Bagaimana cara mengontrol faktor internal? Kita dapat mengontrol faktor internal melalui manajemen bisnis yang baik.
Bagaimana cara menghadapi persaingan bisnis? Kita harus memperhatikan kelebihan dan kekurangan bisnis lainnya agar bisnis kita bisa bersaing secara efektif.

Demikianlah penjelasan mengenai dua macam faktor lingkungan bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat Bisnis dalam mengembangkan bisnisnya. Terima kasih telah membaca.

Video:Sebutkan Dua Macam Faktor Lingkungan Bisnis