PTN Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik

Hello, Sobat Bisnis! Bagi banyak orang, pendidikan merupakan faktor penting dalam mencapai kesuksesan karir. Salah satu jurusan yang populer di kalangan mahasiswa adalah manajemen bisnis. Tapi, bagaimana jika kamu ingin mencari universitas negeri dengan jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia? Yuk, simak informasi berikut ini!

1. Fakta-fakta Tentang Jurusan Manajemen Bisnis

Sebelum kamu memutuskan untuk mencari universitas dengan jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia, ada baiknya kamu mengetahui beberapa fakta penting tentang jurusan ini.

Fakta-fakta Tentang Jurusan Manajemen Bisnis
1. Jurusan manajemen bisnis adalah salah satu jurusan yang banyak diminati
2. Jurusan manajemen bisnis mengajarkan tentang pengelolaan bisnis, manajemen keuangan, pemasaran, dan sebagainya
3. Lulusan jurusan manajemen bisnis memiliki peluang kerja yang luas

Jurusan manajemen bisnis sendiri memiliki banyak program studi yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah manajemen, akuntansi, dan keuangan. Selain itu, jurusan manajemen bisnis juga memiliki kurikulum yang mengajarkan keterampilan teknis dan analitis, serta keterampilan interpersonal.

2. Kriteria Universitas dengan Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik

Saat mencari universitas dengan jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia, kamu harus mempertimbangkan beberapa kriteria penting. Kriteria-kriteria tersebut antara lain:

Kriteria Universitas dengan Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik
1. Akreditasi jurusan
2. Jumlah publikasi ilmiah dari dosen
3. Jumlah alumni yang berhasil memasuki dunia kerja
4. Ketersediaan kesempatan magang

Lalu, universitas mana yang masuk ke dalam daftar universitas dengan jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia?

3. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau UI adalah universitas negeri terkemuka yang memiliki jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia. Menurut QS World University Rankings by Subject 2021, UI menempati peringkat ke-51-100 dunia untuk jurusan bisnis dan manajemen.

Akreditasi Jurusan Manajemen Bisnis di UI

Jurusan manajemen di UI memiliki akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT. Selain itu, UI juga memiliki program studi magister manajemen dan program doktor manajemen, yang keduanya juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

Fasilitas di UI

UI memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai, seperti perpustakaan yang besar, kampus yang luas, dan laboratorium bisnis. Selain itu, UI juga menyediakan kesempatan magang dan kerja sama industri.

Biaya Kuliah di UI

Biaya kuliah di UI bervariasi tergantung pada program studi yang diambil dan status mahasiswa. Mahasiswa baru di jurusan manajemen di UI harus membayar biaya kuliah sebesar Rp 23 juta per semester untuk mahasiswa reguler dan Rp 28 juta per semester untuk mahasiswa internasional.

Kesempatan Karir untuk Lulusan UI

Lulusan jurusan manajemen di UI memiliki prospek karir yang cerah. Banyak perusahaan ternama di Indonesia dan luar negeri yang merekrut lulusan UI, seperti BCG, McKinsey, dan Bank of America.

Jadi, UI adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin mengambil jurusan manajemen bisnis.

4. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau UGM adalah universitas negeri terkemuka yang juga memiliki jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia. Menurut QS World University Rankings by Subject 2021, UGM menempati peringkat ke-101-150 dunia untuk jurusan bisnis dan manajemen.

Akreditasi Jurusan Manajemen Bisnis di UGM

Jurusan manajemen di UGM memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Selain itu, UGM juga memiliki program studi magister manajemen dan program doktor manajemen, yang keduanya juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

Fasilitas di UGM

UGM memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti perpustakaan yang besar, kampus yang indah, dan laboratorium bisnis. Selain itu, UGM juga memiliki pusat pengembangan karir untuk membantu mahasiswa dalam mencari kesempatan magang atau pekerjaan.

Biaya Kuliah di UGM

Biaya kuliah di UGM bervariasi tergantung pada program studi yang diambil dan status mahasiswa. Mahasiswa baru di jurusan manajemen di UGM harus membayar biaya kuliah sebesar Rp 9 juta per semester untuk mahasiswa reguler dan Rp 24 juta per semester untuk mahasiswa internasional.

Kesempatan Karir untuk Lulusan UGM

Lulusan jurusan manajemen di UGM memiliki peluang kerja yang baik. Banyak perusahaan ternama di Indonesia dan luar negeri yang merekrut lulusan UGM, seperti Unilever, PwC, dan Bank Mandiri.

Jadi, UGM juga bisa menjadi pilihan universitas terbaik di Indonesia untuk mengambil jurusan manajemen bisnis.

5. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung atau ITB adalah universitas yang terkenal dengan jurusan tekniknya. Namun, ITB juga memiliki jurusan manajemen bisnis yang terbaik di Indonesia.

Akreditasi Jurusan Manajemen Bisnis di ITB

Jurusan manajemen di ITB memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Selain itu, ITB juga memiliki program studi magister manajemen dan program doktor manajemen, yang keduanya juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

Fasilitas di ITB

ITB memiliki fasilitas yang memadai, seperti perpustakaan yang besar, kampus yang indah, dan laboratorium bisnis. Selain itu, ITB juga memiliki pusat pengembangan karir untuk membantu mahasiswa dalam mencari kesempatan magang atau pekerjaan.

Biaya Kuliah di ITB

Biaya kuliah di ITB bervariasi tergantung pada program studi yang diambil dan status mahasiswa. Mahasiswa baru di jurusan manajemen di ITB harus membayar biaya kuliah sebesar Rp 17 juta per semester untuk mahasiswa reguler dan Rp 29 juta per semester untuk mahasiswa internasional.

Kesempatan Karir untuk Lulusan ITB

Lulusan jurusan manajemen di ITB memiliki prospek karir yang cerah. Banyak perusahaan ternama di Indonesia dan luar negeri yang merekrut lulusan ITB, seperti Google, Microsoft, dan Unilever.

Jadi, ITB juga bisa menjadi pilihan universitas terbaik di Indonesia untuk mengambil jurusan manajemen bisnis.

6. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau UNAIR merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan jurusan manajemen bisnis terbaik. Menurut QS World University Rankings by Subject 2021, UNAIR menempati peringkat ke-251-300 dunia untuk jurusan bisnis dan manajemen.

Akreditasi Jurusan Manajemen Bisnis di UNAIR

Jurusan manajemen di UNAIR memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Selain itu, UNAIR juga memiliki program studi magister manajemen dan program doktor manajemen, yang keduanya juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

Fasilitas di UNAIR

UNAIR memiliki fasilitas yang memadai, seperti perpustakaan yang luas, kampus yang nyaman, dan laboratorium bisnis. Selain itu, UNAIR juga memiliki pusat pengembangan karir untuk membantu mahasiswa dalam mencari kesempatan magang atau pekerjaan.

Biaya Kuliah di UNAIR

Biaya kuliah di UNAIR bervariasi tergantung pada program studi yang diambil dan status mahasiswa. Mahasiswa baru di jurusan manajemen di UNAIR harus membayar biaya kuliah sebesar Rp 10 juta per semester untuk mahasiswa reguler dan Rp 15 juta per semester untuk mahasiswa internasional.

Kesempatan Karir untuk Lulusan UNAIR

Lulusan jurusan manajemen di UNAIR memiliki prospek karir yang cerah. Banyak perusahaan ternama di Indonesia dan luar negeri yang merekrut lulusan UNAIR, seperti Tokopedia, KPMG, dan Coca-Cola.

Jadi, UNAIR juga bisa menjadi pilihan universitas terbaik di Indonesia untuk mengambil jurusan manajemen bisnis.

7. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya atau UB merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang memiliki jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia. Menurut QS World University Rankings by Subject 2021, UB menempati peringkat ke-301-350 dunia untuk jurusan bisnis dan manajemen.

Akreditasi Jurusan Manajemen Bisnis di UB

Jurusan manajemen di UB memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Selain itu, UB juga memiliki program studi magister manajemen dan program doktor manajemen, yang keduanya juga memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

Fasilitas di UB

UB memiliki fasilitas yang cukup memadai, seperti perpustakaan yang besar, kampus yang hijau, dan laboratorium bisnis. Selain itu, UB juga memiliki pusat pengembangan karir untuk membantu mahasiswa dalam mencari kesempatan magang atau pekerjaan.

Biaya Kuliah di UB

Biaya kuliah di UB bervariasi tergantung pada program studi yang diambil dan status mahasiswa. Mahasiswa baru di jurusan manajemen di UB harus membayar biaya kuliah sebesar Rp 7,5 juta per semester untuk mahasiswa reguler dan Rp 12 juta per semester untuk mahasiswa internasional.

Kesempatan Karir untuk Lulusan UB

Lulusan jurusan manajemen di UB memiliki peluang kerja yang baik. Banyak perusahaan ternama di Indonesia dan luar negeri yang merekrut lulusan UB, seperti Accenture, PwC, dan Shopee.

Jadi, UB juga bisa menjadi pilihan universitas terbaik di Indonesia untuk mengambil jurusan manajemen bisnis.

8. FAQ

1. Apa saja fakta-fakta tentang jurusan manajemen bisnis?

Jurusan manajemen bisnis adalah salah satu jurusan yang banyak diminati oleh mahasiswa di Indonesia. Jurusan ini mengajarkan tentang pengelolaan bisnis, manajemen keuangan, pemasaran, dan sebagainya. Lulusan jurusan manajemen bisnis memiliki peluang kerja yang luas.

2. Apa saja kriteria universitas dengan jurusan manajemen bisnis terbaik?

Kriteria-kriteria penting yang harus dipertimbangkan saat mencari universitas dengan jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia antara lain akreditasi jurusan, jumlah publikasi ilmiah dari dosen, jumlah alumni yang berhasil memasuki dunia kerja, dan ketersediaan kesempatan magang.

3. Apa saja universitas dengan jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia?

Beberapa universitas dengan jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, dan Universitas Brawijaya.

4. Apa saja kriteria untuk memilih universitas dengan jurusan manajemen bisnis terbaik?

Kriteria-kriteria penting yang harus dipertimbangkan saat memilih universitas dengan jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia antara lain akreditasi jurusan, reputasi universitas, fasilitas, biaya kuliah, dan kesempatan karir untuk lulusan.

5. Apa saja prospek karir untuk lulusan jurusan manajemen bisnis?

Lulusan jurusan manajemen bisnis memiliki peluang karir yang luas. Banyak perusahaan ternama di Indonesia dan luar negeri yang merekrut lulusan jurusan ini, seperti BCG, McKinsey, Unilever, dan Google.

Video:PTN Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik