Pesantren Bisnis Istana Mulia

Halo Sobat Bisnis! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas tentang Pesantren Bisnis Istana Mulia. Seperti halnya pesantren pada umumnya, pesantren ini juga memiliki tujuan untuk membentuk karakter dan mental seseorang. Namun, yang membedakan pesantren ini dengan pesantren lainnya adalah fokusnya pada bidang bisnis.

Sejarah Pesantren Bisnis Istana Mulia

Pesantren Bisnis Istana Mulia didirikan pada tahun 2008 oleh KH. R. Mustofa Bisri atau yang akrab dipanggil Gus Mus. Beliau merasa bahwa banyak orang yang kurang terlatih dalam berbisnis, sehingga seringkali mengalami kegagalan. Oleh karena itu, beliau ingin membantu masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kemampuan berbisnis melalui pesantren ini.

Pesantren Bisnis Istana Mulia sendiri berlokasi di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur. Di sini, para santri tidak hanya belajar tentang bisnis, namun juga tentang agama Islam dan kehidupan sosial.

Visi dan Misi Pesantren Bisnis Istana Mulia

Visi Pesantren Bisnis Istana Mulia adalah untuk menjadi pusat pembelajaran bisnis Islam terbaik di Indonesia. Sedangkan misinya adalah untuk membentuk dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang memiliki karakter dan integritas dengan mengedepankan nilai-nilai Islam dalam dunia bisnis.

Program Pendidikan

Pada pesantren ini, terdapat beberapa program pendidikan yang bisa diikuti, antara lain:

Nama Program Durasi Pendidikan
Program Santri Reguler 3 Tahun
Program Santri Internasional 2 Tahun
Program Magang 6 Bulan – 1 Tahun

Program Santri Reguler adalah program pendidikan yang mencakup latihan spiritual, mental, dan bisnis. Santri yang mengikuti program ini akan menerima pelatihan dalam berbisnis, memahami nilai-nilai Islam, serta mengembangkan karakter dan kepemimpinan.

Program Santri Internasional adalah program pendidikan yang ditujukan bagi santri dari luar Indonesia. Dalam program ini, para santri akan belajar tentang bahasa Indonesia, budaya Indonesia, serta mendapatkan pelatihan dalam berbisnis.

Program Magang adalah program yang ditujukan bagi mereka yang ingin memperdalam pengetahuan dan pengalaman dalam dunia bisnis. Santri yang mengikuti program ini akan ditempatkan di perusahaan-perusahaan mitra Pesantren Bisnis Istana Mulia selama 6 bulan hingga 1 tahun. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pelatihan dan bimbingan dari para ahli bisnis yang sudah berpengalaman.

Kurikulum Pendidikan

Kurikulum pendidikan di Pesantren Bisnis Istana Mulia terdiri dari tiga pilar utama, yaitu pilar spiritual, pilar mental, dan pilar bisnis.

Pilar spiritual mencakup pembelajaran agama Islam, membaca Al-Quran, dan mengikuti kegiatan keagamaan seperti sholat berjamaah, dzikir, dan lain sebagainya.

Pilar mental mencakup pembelajaran karakter, kepemimpinan, dan pengembangan diri. Santri akan belajar tentang etika, kejujuran, kemandirian, serta cara berpikir positif dan kreatif.

Pilar bisnis mencakup pelatihan dalam berbisnis, mulai dari dasar-dasar manajemen, pemasaran, keuangan, hingga strategi bisnis. Santri juga akan diajarkan tentang cara membuat rencana bisnis, mengembangkan usaha, dan menciptakan inovasi.

Fasilitas Pesantren

Pesantren Bisnis Istana Mulia memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, antara lain:

Nama Fasilitas Keterangan
Asrama Santri Asrama yang nyaman dan aman untuk menginap para santri.
Area Belajar Ruang belajar yang dilengkapi dengan internet, komputer, dan perpustakaan.
Masjid Masjid yang luas dan nyaman untuk beribadah.
Lapangan Olahraga Lapangan yang lengkap untuk berbagai jenis olahraga seperti sepak bola, basket, dan voli.
Kantin Kantin yang menyediakan makanan dan minuman sehat untuk para santri.

FAQ

1. Apa saja program pendidikan yang tersedia di Pesantren Bisnis Istana Mulia?

Di Pesantren Bisnis Istana Mulia, terdapat Program Santri Reguler, Program Santri Internasional, dan Program Magang.

2. Apa saja yang dipelajari di Pesantren Bisnis Istana Mulia?

Santri di Pesantren Bisnis Istana Mulia akan belajar tentang agama Islam, karakter, kepemimpinan, serta berbisnis.

3. Apa saja fasilitas yang tersedia di Pesantren Bisnis Istana Mulia?

Pesantren Bisnis Istana Mulia memiliki fasilitas seperti asrama santri, area belajar, masjid, lapangan olahraga, dan kantin.

4. Siapa pendiri Pesantren Bisnis Istana Mulia?

Pesantren Bisnis Istana Mulia didirikan oleh KH. R. Mustofa Bisri atau yang akrab dipanggil Gus Mus.

5. Apa visi dan misi Pesantren Bisnis Istana Mulia?

Visi Pesantren Bisnis Istana Mulia adalah untuk menjadi pusat pembelajaran bisnis Islam terbaik di Indonesia, sedangkan misinya adalah untuk membentuk sumber daya manusia yang memiliki karakter dan integritas dengan mengedepankan nilai-nilai Islam dalam dunia bisnis.

Demikianlah pembahasan tentang Pesantren Bisnis Istana Mulia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin memperdalam pengetahuan tentang bisnis Islam. Terima kasih telah membaca, Sobat Bisnis!

Video:Pesantren Bisnis Istana Mulia