Halo Sobat Bisnis! Jika kamu ingin membuat sebuah proposal bisnis, pasti kamu memiliki banyak pertanyaan tentang materi yang harus ada di dalam proposal tersebut. Nah, dalam artikel ini, kami akan menjawab 20 pertanyaan umum tentang materi proposal bisnis yang sering ditanyakan oleh pebisnis pemula. Yuk, simak!
Apa itu Proposal Bisnis?
Proposal bisnis adalah dokumen formal yang berisi rencana bisnis yang akan dijalankan oleh sebuah perusahaan atau usaha bisnis. Proposal ini bertujuan untuk meyakinkan investor atau calon pelanggan bahwa usaha bisnis yang dijalankan memiliki potensi menghasilkan keuntungan yang tinggi.
Apa Saja Materi yang Harus Ada di Dalam Proposal Bisnis?
Materi yang harus ada di dalam proposal bisnis tergantung pada jenis usaha yang akan dijalankan. Namun, secara umum, ada beberapa materi yang wajib ada di dalam proposal bisnis, yaitu:
No | Materi |
---|---|
1 | Executive Summary |
2 | Tentang Perusahaan |
3 | Produk atau Jasa yang Ditawarkan |
4 | Pasar dan Persaingan |
5 | Strategi Pemasaran |
6 | Tim Manajemen |
7 | Proyeksi Keuangan |
8 | Lain-lain |
Selanjutnya, kita akan membahas satu per satu materi yang harus ada di dalam proposal bisnis tersebut.
Executive Summary
Executive summary adalah bagian terpenting dari sebuah proposal bisnis. Bagian ini berisi ringkasan dari seluruh proposal bisnis yang akan dibuat. Berikut adalah beberapa poin penting yang harus ada di dalam executive summary:
Apa yang Harus Ada di Dalam Executive Summary?
Berikut adalah beberapa poin penting yang harus ada di dalam executive summary:
- Tentang Perusahaan
- Produk atau Jasa yang Ditawarkan
- Pasar dan Persaingan
- Proyeksi Keuangan
- Kesimpulan
Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu poin tersebut.
Tentang Perusahaan
Pada bagian ini, kamu harus menuliskan tentang profil perusahaan, misi dan visi perusahaan, serta sejarah perusahaan jika ada. Hal ini bertujuan agar investor atau calon pelanggan bisa mengenal perusahaanmu lebih dekat.
Produk atau Jasa yang Ditawarkan
Bagian ini berisi penjelasan tentang produk atau jasa yang akan ditawarkan oleh perusahaanmu. Jangan lupa jelaskan juga manfaat dari produk atau jasa tersebut dan apa yang membedakan produkmu dengan produk lain yang sudah ada di pasaran.
Pasar dan Persaingan
Di bagian ini, kamu harus menjelaskan tentang target pasar perusahaanmu dan juga pesaing-pesaing yang sudah ada di pasaran. Jangan lupa untuk menuliskan keunggulan produkmu dibandingkan dengan produk pesaing.
Proyeksi Keuangan
Bagian ini berisi proyeksi keuangan perusahaanmu dalam beberapa tahun kedepan. Jangan lupa tetap realistis dalam membuat proyeksi keuangan ini. Selain itu, kamu juga harus menyertakan detail perhitungan yang kamu gunakan untuk membuat proyeksi keuangan tersebut.
Kesimpulan
Terakhir, pada bagian kesimpulan, kamu harus menuliskan mengapa perusahaanmu memiliki potensi sukses dan mengapa investor atau calon pelanggan harus memilih produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaanmu.
Tentang Perusahaan
Bagian kedua dari proposal bisnis adalah tentang perusahaan. Bagian ini berisi tentang profil perusahaan, misi dan visi perusahaan, serta sejarah perusahaan jika ada. Tujuannya adalah agar investor atau calon pelanggan bisa mengenal perusahaanmu lebih dekat.
Apa yang Harus Ada di Dalam Bagian Tentang Perusahaan?
Berikut adalah beberapa hal yang harus ada di dalam bagian tentang perusahaan:
- Profil perusahaan
- Misi dan Visi Perusahaan
- Sejarah Perusahaan
Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu poin tersebut.
Profil Perusahaan
Pada bagian ini, kamu harus menuliskan tentang profil perusahaanmu. Beberapa hal yang bisa kamu tuliskan adalah nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon, dan email perusahaan. Selain itu, kamu juga harus menyertakan deskripsi singkat tentang jenis usaha yang dijalankan oleh perusahaanmu.
Misi dan Visi Perusahaan
Bagian selanjutnya adalah tentang misi dan visi perusahaanmu. Kamu harus menuliskan misi dan visi perusahaan yang jelas dan terukur. Hal ini akan membantu investor atau calon pelanggan untuk memahami arah perusahaanmu ke depan.
Sejarah Perusahaan
Terakhir, pada bagian sejarah perusahaan, kamu bisa menuliskan tentang sejarah singkat perusahaanmu. Mulai dari bagaimana perusahaanmu didirikan, siapa pendiri perusahaanmu, hingga bagaimana perusahaanmu berkembang hingga saat ini. Hal ini bisa menjadi nilai tambah bagi perusahaanmu jika investor atau calon pelanggan menyukai cerita yang kamu bagikan.
Produk atau Jasa yang Ditawarkan
Bagian ketiga dari proposal bisnis adalah tentang produk atau jasa yang akan ditawarkan oleh perusahaanmu. Bagian ini sangat penting karena akan menjadi penentu keberhasilan usaha bisnismu di masa depan. Jadi, pastikan kamu menuliskan dengan jelas dan terperinci tentang produk atau jasa yang akan ditawarkan.
Apa yang Harus Ada di Dalam Bagian Produk atau Jasa yang Ditawarkan?
Berikut adalah beberapa hal yang harus ada di dalam bagian produk atau jasa yang ditawarkan:
- Nama produk atau jasa
- Deskripsi produk atau jasa
- Manfaat produk atau jasa
- Kompetitor produk atau jasa
- Keunggulan produk atau jasa
Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu poin tersebut.
Nama Produk atau Jasa
Bagian ini berisi tentang nama produk atau jasa yang akan ditawarkan oleh perusahaanmu. Pastikan nama produk atau jasa yang kamu berikan mudah diingat dan mudah diucapkan oleh calon pelanggan.
Deskripsi Produk atau Jasa
Pada bagian ini, kamu harus menuliskan dengan jelas dan terperinci tentang deskripsi produk atau jasa yang akan ditawarkan. Jangan lupa untuk menyertakan gambar atau video yang bisa membantu calon pelanggan memahami produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Manfaat Produk atau Jasa
Di bagian ini, kamu harus menjelaskan manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan. Jangan hanya menyebutkan manfaat secara umum, tetapi tuliskan juga manfaat spesifik yang bisa dirasakan oleh calon pelanggan.
Kompetitor Produk atau Jasa
Bagian selanjutnya adalah tentang kompetitor produk atau jasa. Kamu harus melakukan riset tentang kompetitor produk atau jasa yang sudah ada di pasaran. Tuliskan kelemahan dan kekurangan dari kompetitor tersebut, dan jelaskan juga bagaimana produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaanmu bisa menjadi solusi terbaik bagi calon pelanggan.
Keunggulan Produk atau Jasa
Terakhir, pada bagian keunggulan, kamu harus menuliskan keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaanmu. Berikan alasan konkrit mengapa produk atau jasa yang kamu tawarkan lebih baik dari produk atau jasa sejenis yang sudah ada di pasaran.
Pasar dan Persaingan
Bagian keempat dari proposal bisnis adalah tentang pasar dan persaingan. Bagian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang target pasar perusahaanmu dan pesaing yang sudah ada di pasaran. Tujuannya adalah agar investor atau calon pelanggan bisa melihat prospek dari usaha bisnismu.
Apa yang Harus Ada di Dalam Bagian Pasar dan Persaingan?
Berikut adalah beberapa hal yang harus ada di dalam bagian pasar dan persaingan:
- Target Pasar
- Pesaing
- Keunggulan Produk atau Jasa
Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu poin tersebut.
Target Pasar
Di bagian ini, kamu harus menjelaskan tentang target pasar perusahaanmu. Siapa saja yang menjadi target pasar perusahaanmu dan bagaimana strategi pemasaran yang akan digunakan untuk menarik mereka menjadi pelanggan.
Pesaing
Bagian selanjutnya adalah tentang pesaing. Siapa sajakah pesaingmu dan bagaimana perbandingan antara produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaanmu dengan produk atau jasa yang sudah ada di pasaran.
Keunggulan Produk atau Jasa
Terakhir, pada bagian keunggulan produk atau jasa, kamu harus menuliskan keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaanmu. Berikan alasan konkrit mengapa produk atau jasa yang kamu tawarkan lebih baik dari produk atau jasa sejenis yang sudah ada di pasaran.
Strategi Pemasaran
Bagian kelima dari proposal bisnis adalah tentang strategi pemasaran. Bagian ini sangat penting karena akan menentukan seberapa efektif produk atau jasa yang kamu tawarkan bisa dipasarkan ke pasar yang tepat.
Apa yang Harus Ada di Dalam Bagian Strategi Pemasaran?
Berikut adalah beberapa hal yang harus ada di dalam bagian strategi pemasaran:
- Segmentasi Pasar
- Positioning
- Promosi
- Distribusi
Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu poin tersebut.
Segmentasi Pasar
Di bagian ini, kamu harus menuliskan tentang target pasar perusahaanmu. Siapa saja yang menjadi target pasar perusahaanmu dan bagaimana strategi pemasaran yang akan digunakan untuk menarik mereka menjadi pelanggan.
Positioning
Pada bagian positioning, kamu harus menuliskan bagaimana kamu ingin memposisikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaanmu di mata calon pelanggan. Jangan lupa untuk melakukan analisa tentang kebutuhan dan keinginan dari calon pelanggan.
Promosi
Bagian promosi adalah tentang strategi pemasaran yang akan digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaanmu. Apakah kamu akan menggunakan media sosial, iklan televisi, atau promosi offline lainnya. Pastikan strategi pemasaran yang kamu gunakan sesuai dengan budget yang dimiliki.
Distribusi
Terakhir, pada bagian distribusi, kamu harus menuliskan bagaimana produk atau jasa yang ditawarkan akan didistribusikan ke calon pelanggan. Apakah akan menggunakan jasa kurir atau menggunakan jaringan bisnis lainnya. Pastikan strategi distribusi yang kamu gunakan efektif dan efisien.
Tim Manajemen
Bagian keenam dari proposal bisnis adalah tentang tim manajemen. Bagian ini bertujuan untuk memperkenalkan tim manajemen yang akan terlibat dalam menjalankan usaha bisnis.
Apa yang Harus Ada di Dalam Bagian Tim Manajemen?
Berikut adalah beberapa hal yang harus ada di dalam bagian tim manajemen:
- Struktur Organisasi
- Deskripsi Masing-Masing Anggota Tim
- Pengalaman Kerja Masing-Masing Anggota Tim
- Keahlian dan Kemampuan Masing-Masing Anggota Tim
Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu poin tersebut.
Struktur Organisasi
Pada bagian struktur organisasi, kamu harus menuliskan tentang struktur organisasi perusahaanmu. Siapa saja yang terlibat dalam manajemen perusahaanmu dan bagaimana struktur dari masing-masing departemen.
Deskripsi Masing-Masing Anggota Tim
Bagian selanjutnya adalah tentang deskripsi masing-masing anggota tim. Kamu harus menuliskan nama anggota tim, jabatan, dan deskripsi singkat tentang tugas yang akan diemban oleh masing-masing anggota tim.
Pengalaman Kerja Masing-Masing Anggota Tim
Pada bagian pengalaman kerja masing-masing anggota tim, kamu harus menuliskan pengalaman kerja yang dimiliki oleh anggota timmu. Hal ini bertujuan agar investor atau calon pelanggan bisa memahami bahwa tim manajemenmu memiliki pengalaman yang cukup dalam menjalankan usaha bisnis.
Keahlian dan Kemampuan Masing-Masing Anggota Tim
Terakhir, pada bagian keahlian dan kemampuan, kamu harus menuliskan keahlian dan kemampuan masing-masing anggota tim. Hal ini akan memperlihatkan kepada investor atau calon pelanggan bahwa tim manajemenmu memiliki kemampuan yang cukup untuk menjalankan usaha bisnis dengan efektif dan efisien.
Proyeksi Keuangan
Bagian ketujuh dari proposal bisnis adalah tentang proyeksi keuangan. Bagian ini sangat penting karena akan menentukan seberapa besar potensi usaha bisnismu dalam menghasilkan keuntungan.
Apa yang Harus Ada di Dalam Bagian Proyeksi Keuangan?
Berikut adalah beberapa hal yang harus ada di dalam bagian proyeksi keuangan