Perbedaan Kereta Api Bisnis dan Eksekutif

Selamat datang Sobat Bisnis! Jika kamu sering bepergian menggunakan kereta api, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kereta bisnis dan eksekutif. Kedua jenis kereta api ini memiliki perbedaan baik dari segi fasilitas, harga, dan layanan yang diberikan. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas tentang perbedaan kereta api bisnis dan eksekutif secara detail. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Fasilitas

Fasilitas merupakan salah satu faktor utama yang membedakan kereta bisnis dan eksekutif. Kereta bisnis merupakan kereta kelas menengah yang biasanya dilengkapi dengan kursi yang lebih lebar dan dilapisi dengan bahan kain yang lebih empuk. Selain itu, pada kereta bisnis juga terdapat fasilitas air minum, tempat untuk menaruh bagasi, dan toilet yang cukup lengkap.

Sedangkan pada kereta eksekutif, fasilitas yang diberikan lebih lengkap lagi dibandingkan kereta bisnis. Selain kursi yang lebih lebar dan empuk, biasanya terdapat fitur tempat baca atau sandaran kaki elektrik yang dapat dilipat. Terdapat juga layar hiburan dan headphone yang tersedia di setiap kursi. Fasilitas makan juga lebih lengkap dan ada penambahan snack atau minuman seperti wine. Terdapat kapasitas 4 kursi per baris atau 2-2, kursi berhadap-hadapan. Biasanya, fasilitas ini lengkap dengan charger dan tempat charge HP.

Fasilitas Kereta Bisnis

Untuk Sobat Bisnis yang ingin menaik kereta bisnis, kamu juga akan mendapat fasilitas yang cukup lengkap. Berikut fasilitas yang akan kamu dapatkan ketika naik kereta bisnis:

Fasilitas Keterangan
Kursi Lebih lebar dan dilapisi dengan bahan kain yang lebih empuk
Tempat Bagasi Terletak di atas kursi dan di antara kursi
Toilet Terdapat toilet yang cukup lengkap
Air Minum Terdapat fasilitas air minum di setiap kereta

Fasilitas Kereta Eksekutif

Tidak hanya kereta bisnis saja yang memiliki fasilitas yang lengkap, kereta eksekutif juga memiliki fasilitas yang lebih lengkap lagi. Berikut fasilitas yang akan Sobat Bisnis dapatkan ketika naik kereta eksekutif:

Fasilitas Keterangan
Kursi Lebih lebar dan empuk, dilengkapi fitur sandaran kaki elektrik yang dapat dilipat
Tempat Bagasi Terletak di atas kursi dan di antara kursi
Toilet Terdapat toilet yang cukup lengkap
Air Minum Terdapat fasilitas air minum di setiap kereta
Layar Hiburan Terdapat layar hiburan di setiap kursi
Earphone Tersedia earphone bagi setiap penumpang
Fasilitas Makan Makanan lebih lengkap dan snack minuman seperti wine
Charger Terdapat charger dan tempat charge HP

Harga

Perbedaan lain antara kereta bisnis dan eksekutif adalah harga tiket yang dibanderol. Harga tiket kereta bisnis lebih murah dibandingkan dengan kereta eksekutif. Harga tiket kereta bisnis berkisar antara Rp. 100.000 – Rp. 300.000, tergantung dari rute dan waktu keberangkatan. Sedangkan harga tiket kereta eksekutif lebih mahal dan berkisar antara Rp. 350.000 – Rp. 1.000.000, tergantung dari rute dan waktu keberangkatan.

Layanan

Kereta eksekutif juga menawarkan layanan yang lebih unggul dibandingkan dengan kereta bisnis. Layanan yang biasanya diberikan pada kereta eksekutif antara lain pelayanan check-in yang istimewa, pelayanan baggage handling, dan porter services. Sedangkan pada kereta bisnis, layanan yang diberikan lebih sederhana dan tidak terlalu mewah dibandingkan dengan kereta eksekutif.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa perbedaan utama antara kereta bisnis dan eksekutif?

Jawaban: Perbedaan utama antara kereta bisnis dan eksekutif terletak pada fasilitas yang diberikan, harga tiket, dan layanan yang disediakan. Kereta eksekutif memiliki fasilitas yang lebih lengkap, harga tiket yang lebih mahal, dan layanan yang lebih unggul dibandingkan dengan kereta bisnis.

2. Apa saja fasilitas yang disediakan pada kereta bisnis?

Jawaban: Beberapa fasilitas yang disediakan pada kereta bisnis adalah kursi yang lebih lebar dan empuk, tempat bagasi, toilet, dan fasilitas air minum.

3. Apa saja fasilitas yang disediakan pada kereta eksekutif?

Jawaban: Beberapa fasilitas yang disediakan pada kereta eksekutif adalah kursi yang lebih lebar dan empuk, fitur sandaran kaki elektrik yang dapat dilipat, tempat bagasi, toilet, fasilitas air minum, layar hiburan, earphone, fasilitas makan, charger, dan tempat charge HP.

4. Berapa rentang harga tiket kereta bisnis dan eksekutif?

Jawaban: Rentang harga tiket kereta bisnis berkisar antara Rp. 100.000 – Rp. 300.000, sedangkan rentang harga tiket kereta eksekutif berkisar antara Rp. 350.000 – Rp. 1.000.000 tergantung dari rute dan waktu keberangkatan.

5. Apakah layanan pada kereta bisnis dan eksekutif sama?

Jawaban: Layanan pada kereta eksekutif lebih unggul dibandingkan dengan kereta bisnis. Kereta eksekutif menawarkan layanan yang lebih mewah dan lengkap dibandingkan dengan kereta bisnis.

Itulah beberapa perbedaan antara kereta bisnis dan eksekutif yang perlu Sobat Bisnis ketahui. Setiap jenis kereta api memiliki keunggulan sesuai dengan fasilitas dan layanan yang diberikan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli tiket kereta api, pastikan untuk memilih jenis kereta yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat bepergian Sobat Bisnis!

Video:Perbedaan Kereta Api Bisnis dan Eksekutif