Pengertian Norma dan Etika Bisnis

Sobat Bisnis, dalam dunia bisnis, penerapan norma dan etika bisnis sangatlah penting. Tidak hanya untuk menjaga citra perusahaan, tetapi juga untuk menjaga hubungan dengan pihak-pihak terkait seperti pelanggan, karyawan, dan mitra bisnis. Pada artikel ini, kita akan membahas pengertian norma dan etika bisnis secara rinci. Yuk simak!

Pengertian Norma Bisnis

Norma bisnis adalah aturan-aturan yang dijadikan sebagai pedoman dalam berbisnis. Norma bisnis ini mengatur perilaku para pelaku bisnis agar selalu dalam koridor yang benar dan memberikan dampak positif pada semua pihak terkait. Ada beberapa pengertian norma bisnis yang perlu sobat bisnis ketahui, yaitu:

1. Norma Hukum

Norma hukum adalah aturan yang diatur oleh negara dan harus dipatuhi oleh semua pihak yang melakukan bisnis di wilayah tersebut. Hal ini meliputi peraturan tentang perpajakan, hak cipta, kontrak bisnis, dan lain-lain. Norma hukum sangat penting untuk diperhatikan karena bisa berdampak pada kelangsungan bisnis Anda.

2. Norma Agama

Selain norma hukum, dalam berbisnis kita juga harus memperhatikan norma agama. Norma agama menyangkut nilai-nilai moral dan etika yang dipegang oleh masing-masing agama. Bagi sebagian orang, norma agama bisa menjadi faktor utama dalam memilih untuk berbisnis atau tidak.

3. Norma Sosial

Norma sosial adalah aturan-aturan yang berlaku dalam masyarakat. Misalnya, seseorang yang berbisnis harus memperhatikan tata cara berdagang yang berlaku di wilayah tersebut. Hal ini meliputi cara berkomunikasi dengan pelanggan, harga barang atau jasa, dan lain-lain. Dengan memperhatikan norma sosial, kita bisa membangun hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar.

4. Norma Profesional

Norma profesional adalah aturan yang berlaku di dalam suatu profesi tertentu. Misalnya, aturan-aturan dalam dunia akuntansi, perbankan, atau hukum. Norma profesional sangatlah penting untuk diperhatikan karena bisa menentukan reputasi bisnis Anda di mata para klien atau pelanggan.

5. Norma Moral

Norma moral adalah aturan-aturan yang berhubungan dengan nilai-nilai moral dan etika yang dipegang oleh masyarakat umum. Misalnya, tidak melakukan tindakan yang merugikan orang lain demi keuntungan bisnis sendiri.

Pengertian Etika Bisnis

Selain norma bisnis, etika bisnis juga penting untuk diperhatikan. Etika bisnis adalah kaidah yang menyangkut bagaimana perilaku para pelaku bisnis dalam berinteraksi dengan pihak-pihak terkait. Ada beberapa pengertian etika bisnis yang perlu sobat bisnis ketahui, yaitu:

1. Honestitas

Etika bisnis menuntut kita untuk selalu jujur dalam berbisnis dan tidak melakukan tindakan curang atau menipu. Dalam menjalankan usaha, kita harus selalu memegang prinsip kejujuran dan berterus terang dalam setiap transaksi bisnis.

2. Tanggung Jawab Sosial

Para pelaku bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Hal ini berarti kita harus memperhatikan dampak bisnis terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar serta memberikan kontribusi positif pada masyarakat.

3. Fairness

Dalam bisnis, kita harus selalu memperhatikan prinsip keadilan dan fair terhadap semua pihak terkait. Pelanggan, karyawan, dan mitra bisnis harus diperlakukan secara sama dan adil tanpa memandang faktor apa pun.

4. Etika Komunikasi

Etika komunikasi adalah aturan-aturan dalam berkomunikasi yang berhubungan dengan dunia bisnis. Para pelaku bisnis harus menggunakan bahasa yang sopan dan tidak menyampaikan informasi yang menyesatkan.

5. Kepatuhan Terhadap Norma Bisnis

Etika bisnis juga menuntut kita untuk selalu patuh terhadap norma bisnis yang berlaku. Hal ini mencakup aturan-aturan yang telah dijelaskan sebelumnya, seperti norma hukum, norma agama, norma sosial, dan norma profesional.

Faq – Pertanyaan yang Sering Diajukan

Untuk membantu sobat bisnis memahami lebih dalam tentang pengertian norma dan etika bisnis, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan dan jawaban yang sesuai.

No. Pertanyaan Jawaban
1 Apa yang dimaksud dengan norma bisnis? Norma bisnis adalah aturan-aturan yang dijadikan sebagai pedoman dalam berbisnis. Norma bisnis ini mengatur perilaku para pelaku bisnis agar selalu dalam koridor yang benar dan memberikan dampak positif pada semua pihak terkait.
2 Apa yang dimaksud dengan etika bisnis? Etika bisnis adalah kaidah yang menyangkut bagaimana perilaku para pelaku bisnis dalam berinteraksi dengan pihak-pihak terkait. Etika bisnis menuntut para pelaku bisnis untuk selalu jujur, adil, dan bertanggung jawab sosial.
3 Mengapa norma dan etika bisnis penting dalam dunia bisnis? Norma dan etika bisnis sangatlah penting dalam dunia bisnis karena bisa menjaga citra perusahaan dan hubungan dengan pelanggan, karyawan, dan mitra bisnis. Selain itu, norma dan etika bisnis juga bisa menentukan kesuksesan bisnis Anda di masa depan.
4 Apa saja pengertian norma bisnis? Pengertian norma bisnis meliputi norma hukum, norma agama, norma sosial, norma profesional, dan norma moral.
5 Apa saja pengertian etika bisnis? Pengertian etika bisnis meliputi honestitas, tanggung jawab sosial, fairness, etika komunikasi, dan kepatuhan terhadap norma bisnis.
6 Bagaimana cara menerapkan norma dan etika bisnis dalam bisnis Anda? Anda bisa memulai dengan memahami aturan-aturan yang berlaku dalam norma dan etika bisnis. Selanjutnya, buatlah pedoman perilaku yang sesuai dengan prinsip-prinsip norma dan etika bisnis. Selalu ingatkan karyawan dan mitra bisnis Anda untuk patuh terhadap pedoman tersebut.

Video:Pengertian Norma dan Etika Bisnis