Pengertian Bisnis Multinasional

Hello Sobat Bisnis! Apakah kamu sudah familiar dengan istilah bisnis multinasional? Bisnis ini semakin populer dan banyak digunakan dalam era globalisasi dan perdagangan bebas. Pada artikel kali ini, kita akan membahas pengertian bisnis multinasional secara mendalam, sehingga kamu dapat memahami konsep dan pentingnya bisnis ini.

Apa itu Bisnis Multinasional?

Bisnis multinasional, atau sering disebut dengan MNC (Multinational Corporation) adalah perusahaan yang mempunyai operasi bisnis di beberapa negara. MNC memiliki kegiatan operasi bisnis yang tersebar di berbagai negara di dunia dan memiliki keuntungan yang besar.

Perusahaan multinasional memiliki pusat pengambilan keputusan dan kendali di negara asal, dan kemudian beroperasi di berbagai negara melalui anak perusahaan, kemitraan, dan joint venture. Salah satu ciri khas bisnis multinasional adalah kegiatan ekspor dan impor produk atau jasa antar negara.

Bisnis multinasional sangat penting bagi perekonomian global, karena membuka peluang kerja, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan memperluas pasar global. Namun, ada juga beberapa dampak negatif dari bisnis multinasional pada lingkungan dan masyarakat di negara-negara berkembang.

Mari kita bahas lebih lanjut tentang bisnis multinasional dan hal-hal yang perlu kamu ketahui sebagai seorang pebisnis.

Sejarah dan Asal Usul Bisnis Multinasional

Sejarah bisnis multinasional dimulai pada abad ke-17 ketika perusahaan Inggris dan Belanda memulai perdagangan rempah-rempah dan bahan mentah dengan negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika. Pada abad ke-19, perusahaan-perusahaan Inggris memulai bisnis di sektor pertambangan di Afrika dan Amerika Selatan.

Pada awal abad ke-20, perusahaan-perusahaan AS juga ikut terlibat dalam bisnis multinasional di sektor minyak dan gas. Perusahaan-perusahaan multinasional terus berkembang dan semakin populer pada era globalisasi saat ini.

Ciri-ciri Bisnis Multinasional

  1. Memiliki operasi bisnis di beberapa negara
  2. Pusat pengambilan keputusan dan kendali di negara asal
  3. Menggunakan anak perusahaan, kemitraan, dan joint venture di negara-negara lain
  4. Menghasilkan keuntungan yang besar dari perdagangan internasional
  5. Mempunyai akses terhadap sumber daya dan pasar global

Struktur Organisasi Bisnis Multinasional

Bisnis multinasional memiliki struktur organisasi yang kompleks dan berbeda dengan perusahaan lokal. Struktur organisasi perusahaan multinasional terdiri dari pusat pengambilan keputusan, cabang dan anak perusahaan di berbagai negara, serta pimpinan dan karyawannya.

Pusat pengambilan keputusan biasanya berada di negara asal, yang mempunyai kendali atas strategi bisnis dan keputusan penting lainnya. Cabang dan anak perusahaan di negara-negara lain berfungsi sebagai pelaksana kegiatan operasi bisnis di tingkat lokal.

Pimpinan dan karyawan perusahaan multinasional biasanya berasal dari berbagai negara, sehingga diperlukan koordinasi dan manajemen yang baik dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan kegiatan bisnis.

Tipe Bisnis Multinasional

Bisnis multinasional dapat dikelompokkan menjadi beberapa tipe, tergantung pada jenis kegiatan bisnis dan keuntungan yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa tipe bisnis multinasional yang umum:

  1. Bisnis ekspor-impor: perusahaan menjual produk atau jasa dari negara asal ke negara lain atau sebaliknya
  2. Bisnis investasi langsung: perusahaan membeli atau membuka cabang dan anak perusahaan di negara lain untuk mengembangkan bisnis dan meraih keuntungan
  3. Bisnis joint venture: perusahaan asing dan lokal melakukan kerjasama untuk mengembangkan bisnis di negara tertentu
  4. Bisnis lisensi: perusahaan memberikan lisensi kepada perusahaan lain di negara lain untuk menggunakan teknologi atau merek dagang perusahaan

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Multinasional

Keuntungan Bisnis Multinasional

  1. Membuka peluang kerja di berbagai negara
  2. Memperluas pasar produk atau jasa
  3. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi global
  4. Mengembangkan teknologi dan inovasi
  5. Mempercepat transfer sumber daya dan teknologi di antar negara

Kerugian Bisnis Multinasional

  1. Menimbulkan dampak lingkungan yang negatif di negara-negara berkembang
  2. Mengambil sumber daya alam dan kekayaan negara lain tanpa tanggung jawab sosial
  3. Mengabaikan hak dan perlindungan pekerja dalam produksi global
  4. Menimbulkan persaingan yang tidak sehat dengan perusahaan lokal
  5. Memperburuk ketimpangan sosial dan ekonomi antar negara

Perspektif Global dan Lokal Bisnis Multinasional

Bisnis multinasional memiliki dua perspektif yang berbeda, yaitu dari segi global dan lokal. Dari segi global, bisnis multinasional dapat menjadi faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi global dan perdagangan internasional. Dari segi lokal, bisnis multinasional dapat menjadi faktor penting dalam pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Namun, bisnis multinasional juga harus memperhatikan dampak sosial dan lingkungan pada negara-negara di mana mereka beroperasi. Bisnis multinasional harus mematuhi standar internasional yang adil dan berkelanjutan, serta memperhatikan hak dan perlindungan sosial dan lingkungan di negara-negara berkembang.

Peran Bisnis Multinasional dalam Ekonomi Global

Bisnis multinasional memainkan peran penting dalam ekonomi global, melalui kegiatan ekspor dan impor produk atau jasa antar negara. Bisnis multinasional juga dapat mempercepat transfer sumber daya dan teknologi di antar negara, sehingga membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi global.

Namun, bisnis multinasional juga harus memperhatikan dampak sosial dan lingkungan pada negara-negara di mana mereka beroperasi. Bisnis multinasional harus mematuhi standar internasional yang adil dan berkelanjutan, serta memperhatikan hak dan perlindungan sosial dan lingkungan di negara-negara berkembang.

Kasus Bisnis Multinasional di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang dijadikan tempat berinvestasi oleh perusahaan-perusahaan multinasional. Beberapa perusahaan multinasional terkemuka yang beroperasi di Indonesia antara lain Unilever, Nestle, dan Coca-Cola.

Meskipun bisnis multinasional memberikan kontribusi positif untuk perekonomian Indonesia, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti hak dan perlindungan pekerja, dampak lingkungan, dan persaingan yang adil dengan perusahaan lokal.

FAQ tentang Bisnis Multinasional

1. Apa bedanya bisnis multinasional dengan bisnis lokal?

Bisnis multinasional memiliki operasi bisnis di beberapa negara dan mempunyai pusat pengambilan keputusan di negara asal. Sedangkan bisnis lokal hanya beroperasi di satu negara tanpa memiliki cabang atau anak perusahaan di negara lain.

2. Apa keuntungan dari bisnis multinasional?

Keuntungan dari bisnis multinasional antara lain membuka peluang kerja di berbagai negara, memperluas pasar produk atau jasa, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi global.

3. Apa kerugian dari bisnis multinasional?

Kerugian dari bisnis multinasional antara lain menimbulkan dampak lingkungan yang negatif di negara-negara berkembang, mengambil sumber daya alam dan kekayaan negara lain tanpa tanggung jawab sosial, dan memperburuk ketimpangan sosial dan ekonomi antar negara.

4. Apa peran bisnis multinasional dalam ekonomi global?

Bisnis multinasional memainkan peran penting dalam ekonomi global, melalui kegiatan ekspor dan impor produk atau jasa antar negara. Bisnis multinasional juga dapat mempercepat transfer sumber daya dan teknologi di antar negara, sehingga membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi global.

5. Apa dampak bisnis multinasional pada masyarakat di negara berkembang?

Bisnis multinasional dapat memberikan dampak positif dan negatif pada masyarakat di negara berkembang. Dampak positif antara lain membuka lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian. Dampak negatif antara lain merusak lingkungan, mengabaikan hak dan perlindungan sosial, dan memperburuk ketimpangan sosial dan ekonomi antar negara.

Kesimpulan

Bisnis multinasional memiliki peran penting dalam perekonomian global, namun juga memiliki dampak sosial dan lingkungan pada negara-negara di mana mereka beroperasi. Bisnis multinasional harus memperhatikan standar internasional yang adil dan berkelanjutan, serta memperhatikan hak dan perlindungan sosial dan lingkungan di negara-negara berkembang.

Sebagai pebisnis, kamu perlu memahami konsep dan ciri-ciri bisnis multinasional, sehingga kamu dapat beradaptasi dengan pasar global dan memperluas peluang bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Bisnis semua!

Video:Pengertian Bisnis Multinasional