Manajemen Bisnis USU: Mengasah Kemampuan Berwirausaha

Selamat datang Sobat Bisnis! Di dalam era globalisasi ini, sekarang semakin banyak orang yang ingin mengembangkan bisnisnya sendiri. Namun, seringkali kurangnya pengetahuan dan pengalaman membuat mereka merasa kesulitan untuk memulai. Nah, untuk itu, Universitas Sumatera Utara atau biasa disebut USU membuka program studi manajemen bisnis untuk mempersiapkan para calon pebisnis. Berikut adalah ulasan mengenai manajemen bisnis USU yang bisa menjadi referensi bagi Sobat Bisnis.

Profil Manajemen Bisnis USU

Program studi manajemen bisnis USU berdiri sejak tahun 2001 dan hingga saat ini telah memiliki 7 angkatan alumni. Program ini memiliki visi untuk mencetak lulusan yang mampu menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif, memiliki kemampuan dan keterampilan manajerial, serta mampu mengelola bisnis dengan baik dan bertanggung jawab pada masyarakat dan lingkungan.

Manajemen bisnis USU terdiri dari 5 fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, serta Fakultas Hukum. Setiap fakultas memiliki kurikulum yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan keunggulan fakultas masing-masing.

Kurikulum Manajemen Bisnis USU

Kurikulum manajemen bisnis USU terdiri dari dua tahap, yaitu tahap S1 dan S2. Di tahap S1, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar manajemen, ekonomi, akuntansi, pemasaran, dan sumber daya manusia. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan memiliki kemampuan berbahasa asing dan keterampilan IT.

Setelah lulus dari tahap S1, mahasiswa dapat melanjutkan ke tahap S2 atau langsung bekerja sebagai tenaga kerja terampil dengan skill manajemen. Di tahap S2, mahasiswa mempelajari lebih dalam mengenai manajemen bisnis dan memperdalam pengetahuannya di bidang yang spesifik. Tahap S2 juga berfokus pada penelitian dan pengembangan bidang manajemen bisnis.

Keunggulan Program Studi Manajemen Bisnis USU

1. Bersertifikat Internasional

Program manajemen bisnis USU telah mendapatkan sertifikasi internasional dari AACSB (Association to Advance Collegiate Schools of Business), yang merupakan lembaga akreditasi program bisnis terkemuka di dunia. Dengan sertifikasi ini, maka kualitas program studi manajemen bisnis USU terbukti sudah memenuhi standar mutu internasional.

2. Praktik Bisnis

Selama kuliah, mahasiswa manajemen bisnis USU akan mengikuti program magang atau internship di perusahaan. Hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat mempelajari dan merasakan langsung bagaimana cara mengelola bisnis dan berinteraksi dengan pelanggan. Dengan demikian, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman berharga yang bisa bermanfaat untuk memulai bisnis sendiri di masa depan.

3. Dosen Berpengalaman

Dosen manajemen bisnis USU adalah para ahli dan praktisi bisnis yang mampu memberikan wawasan dan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa. Mereka juga mempunyai koneksi di dunia bisnis, sehingga mahasiswa dapat memperluas jaringan dan mengetahui perkembangan bisnis terbaru.

Peluang Karir Manajemen Bisnis USU

Lulusan manajemen bisnis USU memiliki peluang karir yang luas di berbagai sektor bisnis, seperti perbankan, asuransi, industri manufaktur, perdagangan, dan lain-lain. Beberapa posisi yang dapat diisi oleh lulusan manajemen bisnis USU adalah:

Posisi Deskripsi Pekerjaan
Manajer Bertanggung jawab atas pengelolaan, pengembangan, dan strategi bisnis perusahaan
Marketing Bertugas untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa perusahaan
Human Resource Bertanggung jawab dalam pengelolaan sumber daya manusia, termasuk rekrutmen, seleksi, training, dan pengembangan karyawan
Keuangan Bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan perusahaan, termasuk investasi, pembiayaan, dan laporan keuangan

FAQ Manajemen Bisnis USU

1. Apa syarat masuk program studi manajemen bisnis USU?

Syarat masuk program studi manajemen bisnis USU adalah lulus SMA atau sederajat dan lulus ujian masuk yang diadakan oleh USU. Selain itu, calon mahasiswa juga diwajibkan melakukan seleksi berkas dan wawancara.

2. Berapa biaya kuliah di program studi manajemen bisnis USU?

Biaya kuliah di program studi manajemen bisnis USU berkisar antara 10-15 juta rupiah per semester. Namun, biaya tersebut dapat berbeda-beda tergantung dari fakultas dan jenis program studi yang diambil.

3. Bagaimana sistem pembelajaran di program studi manajemen bisnis USU?

Sistem pembelajaran di program studi manajemen bisnis USU adalah kombinasi antara teori dan praktik. Selain kuliah di kelas, mahasiswa juga akan diajak untuk melakukan kunjungan ke perusahaan dan mengikuti program magang.

4. Apa saja kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh mahasiswa manajemen bisnis USU?

Mahasiswa manajemen bisnis USU dapat mengikuti berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler, seperti debat, seminar, workshop, dan organisasi kemahasiswaan. Kegiatan ekstrakurikuler ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan mahasiswa serta memperluas jaringan.

Itulah ulasan mengenai manajemen bisnis USU yang bisa menjadi referensi bagi Sobat Bisnis. Dengan belajar di program studi manajemen bisnis USU, diharapkan mahasiswa menjadi calon pebisnis yang mampu menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif serta memiliki kemampuan dan keterampilan manajerial yang baik. Jangan ragu untuk bergabung di program studi manajemen bisnis USU dan wujudkan impianmu menjadi seorang pebisnis sukses!

Video:Manajemen Bisnis USU: Mengasah Kemampuan Berwirausaha