Makalah Komunikasi Bisnis Penulisan Resume

Halo Sobat Bisnis, dalam dunia kerja, penulisan resume menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Resume adalah sebuah dokumen yang berisi tentang pengalaman kerja, pendidikan dan keterampilan seseorang untuk melamar pekerjaan. Penulisan resume yang baik dan benar tentu akan meningkatkan peluang seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Di dalam makalah ini, kita akan membahas tentang komunikasi bisnis penulisan resume.

Pendahuluan

Penulisan resume yang baik dan benar adalah hal yang sangat penting dalam dunia kerja. Resume yang baik dapat meningkatkan peluang seseorang untuk diterima di perusahaan yang diinginkan. Namun, penulisan resume yang buruk dapat membuat seseorang gagal mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Dalam makalah ini, kita akan membahas tentang komunikasi bisnis penulisan resume yang baik dan benar.

Apa itu Komunikasi Bisnis?

Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran informasi antara pihak-pihak yang terlibat dalam bisnis seperti perusahaan, karyawan, dan pelanggan. Komunikasi bisnis melibatkan penggunaan bahasa yang jelas dan tepat untuk menyampaikan pesan yang dimaksudkan. Tujuan dari komunikasi bisnis adalah untuk mencapai tujuan bisnis yang ditetapkan.

Penulisan resume juga merupakan bagian dari komunikasi bisnis. Dalam penulisan resume, kita harus menggunakan bahasa yang jelas dan tepat untuk menyampaikan informasi tentang diri kita sendiri kepada perusahaan yang akan kita lamar.

Langkah-langkah Penulisan Resume yang Baik dan Benar

Langkah 1: Gunakan Format yang Tepat

Format resume yang baik dan benar sangatlah penting. Format yang baik akan membuat resume terlihat lebih profesional dan mudah dibaca. Ada beberapa format yang dapat digunakan dalam penulisan resume seperti format kronologis, fungsional atau kombinasi.

Format Kronologis Format Fungsional Format Kombinasi
Menjelaskan pengalaman kerja dari yang terbaru hingga yang terlama Menjelaskan keterampilan dan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar Memadukan kedua format di atas

Anda dapat memilih format yang sesuai dengan pengalaman dan keterampilan yang Anda miliki.

Langkah 2: Gunakan Bahasa yang Jelas dan Tepat

Bahasa yang jelas dan tepat sangat penting dalam penulisan resume. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan kata-kata yang ambigu dan sulit dipahami.

Selain itu, pastikan penggunaan tata bahasa dan ejaan yang benar. Kesalahan ejaan dan tata bahasa dapat membuat resume terlihat kurang profesional.

Langkah 3: Fokus pada Pengalaman dan Keterampilan yang Relevan

Anda tidak perlu mencantumkan semua pengalaman dan keterampilan yang Anda miliki dalam resume. Fokuslah pada pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar.

Cantumkan pengalaman kerja dan pendidikan yang relevan, serta keterampilan yang dimiliki seperti kemampuan mengoperasikan komputer atau bahasa asing yang dikuasai.

Langkah 4: Buat Resume yang Mudah Dibaca

Resume yang mudah dibaca akan membuat recruiter atau pihak perusahaan yang membaca resume Anda lebih tertarik. Hindari membuat resume yang berantakan dan sulit dibaca. Gunakan font yang mudah dibaca seperti Arial, Times New Roman atau Calibri.

Gunakan poin-poin atau bullet points dalam penulisan resume. Hal ini akan membuat resume terlihat lebih rapi dan mudah dibaca.

Langkah 5: Periksa dan Koreksi Resume Anda

Terakhir, pastikan Anda telah memeriksa dan mengoreksi resume Anda sebelum mengirimkannya ke perusahaan yang ingin dilamar. Kesalahan ejaan dan tata bahasa dapat membuat resume terlihat kurang profesional dan dapat mengurangi peluang Anda untuk diterima di perusahaan yang diinginkan.

FAQ

1. Berapa lama sebuah resume?

Resume sebaiknya tidak lebih dari dua halaman. Hal ini akan membuat resume terlihat lebih ringkas dan mudah dibaca.

2. Apa yang harus dihindari dalam penulisan resume?

Hindari penggunaan kata-kata yang ambigu dan sulit dipahami. Selain itu, hindari penggunaan font yang sulit dibaca dan penggunaan format yang tidak sesuai.

3. Apa yang harus saya cantumkan dalam resume?

Cantumkan pengalaman kerja dan pendidikan yang relevan, serta keterampilan yang dimiliki seperti kemampuan mengoperasikan komputer atau bahasa asing yang dikuasai.

4. Apakah saya perlu mencantumkan semua pengalaman dan keterampilan yang saya miliki dalam resume?

Tidak, Anda tidak perlu mencantumkan semua pengalaman dan keterampilan yang Anda miliki dalam resume. Fokuslah pada pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

5. Apa yang harus saya periksa sebelum mengirimkan resume?

Periksa ejaan dan tata bahasa Anda sebelum mengirimkan resume. Hindari kesalahan ejaan dan tata bahasa yang dapat membuat resume terlihat kurang profesional.

Kesimpulan

Dalam dunia kerja, penulisan resume adalah hal yang sangat penting. Resume yang baik dan benar dapat meningkatkan peluang seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Komunikasi bisnis penulisan resume melibatkan penggunaan bahasa yang jelas dan tepat untuk menyampaikan informasi tentang diri kita sendiri kepada perusahaan yang akan kita lamar.

Dalam penulisan resume, kita harus menggunakan format yang tepat, bahasa yang jelas dan tepat, fokus pada pengalaman dan keterampilan yang relevan, membuat resume yang mudah dibaca, dan memeriksa dan mengoreksi resume sebelum mengirimkannya ke perusahaan yang diinginkan.

Ingatlah, penulisan resume yang baik dan benar dapat meningkatkan peluang seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Video:Makalah Komunikasi Bisnis Penulisan Resume