Laporan Study Kelayakan Bisnis – Sobat Bisnis

Laporan Study Kelayakan Bisnis – Sobat Bisnis

Hello Sobat Bisnis, dalam artikel ini kita akan membahas tentang laporan study kelayakan bisnis. Apa itu laporan study kelayakan bisnis? Bagaimana cara membuatnya? Apa manfaatnya bagi bisnis kita? Semua akan dijelaskan di artikel ini. Yuk simak!

Apa itu Laporan Study Kelayakan Bisnis?

Laporan study kelayakan bisnis adalah laporan yang dibuat untuk mengevaluasi apakah suatu bisnis layak untuk dijalankan atau tidak. Laporan ini merupakan salah satu tahap penting sebelum memulai suatu bisnis. Dalam laporan ini akan dianalisis berbagai aspek yang mempengaruhi keberhasilan bisnis, seperti aspek pasar, strategi pemasaran, aspek teknis, dan lain sebagainya. Dengan membuat laporan study kelayakan bisnis, kita dapat meminimalisir risiko kegagalan bisnis di masa depan.

Bagaimana Cara Membuat Laporan Study Kelayakan Bisnis?

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan dalam membuat laporan study kelayakan bisnis, antara lain:

  1. Studi kelayakan pasar
  2. Studi kelayakan teknis
  3. Studi kelayakan finansial
  4. Penyusunan laporan

1. Studi Kelayakan Pasar

Studi kelayakan pasar dilakukan untuk mengetahui potensi pasar yang ada dan seberapa besar peluang bisnis kita di pasar tersebut. Berikut adalah beberapa langkah dalam studi kelayakan pasar:

  1. Mengumpulkan data pasar
  2. Menganalisis data pasar
  3. Membuat segmentasi pasar
  4. Membuat target market

2. Studi Kelayakan Teknis

Studi kelayakan teknis dilakukan untuk mengetahui apakah bisnis yang kita jalankan memerlukan teknologi, sumber daya manusia, dan sumber daya alam yang memadai. Berikut adalah beberapa langkah dalam studi kelayakan teknis:

  1. Menganalisis kebutuhan teknis
  2. Menganalisis sumber daya manusia
  3. Menganalisis sumber daya alam
  4. Menganalisis faktor lingkungan

3. Studi Kelayakan Finansial

Studi kelayakan finansial dilakukan untuk mengetahui berapa besar modal yang dibutuhkan dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai break even point atau titik impas. Berikut adalah beberapa langkah dalam studi kelayakan finansial:

  1. Menganalisis biaya produksi
  2. Menganalisis harga jual
  3. Menganalisis modal awal
  4. Menghitung break even point

4. Penyusunan Laporan

Langkah terakhir adalah penyusunan laporan study kelayakan bisnis. Laporan harus disusun secara sistematis dan jelas. Beberapa hal yang harus ada dalam laporan adalah:

  1. Ringkasan eksekutif
  2. Pengantar
  3. Tujuan dan sasaran
  4. Analisis pasar
  5. Analisis teknis
  6. Analisis finansial
  7. Keputusan dan rekomendasi

Apa Manfaat Laporan Study Kelayakan Bisnis?

Laporan study kelayakan bisnis memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Meminimalisir risiko kegagalan bisnis
  2. Mengetahui potensi pasar bisnis
  3. Mengetahui kebutuhan teknis bisnis
  4. Mengetahui modal awal yang dibutuhkan
  5. Mengetahui waktu yang diperlukan untuk mencapai break even point
  6. Sebagai panduan dalam pengambilan keputusan

FAQ (Frequently Asked Questions)

No Pertanyaan Jawaban
1 Apa itu laporan study kelayakan bisnis? Laporan study kelayakan bisnis adalah laporan yang dibuat untuk mengevaluasi apakah suatu bisnis layak untuk dijalankan atau tidak.
2 Siapa yang harus membuat laporan study kelayakan bisnis? Siapa saja yang ingin memulai suatu bisnis harus membuat laporan study kelayakan bisnis terlebih dahulu.
3 Bagaimana cara membuat laporan study kelayakan bisnis? Laporan study kelayakan bisnis dapat dibuat dengan melakukan studi kelayakan pasar, studi kelayakan teknis, studi kelayakan finansial, dan menyusun laporan.
4 Apa manfaat laporan study kelayakan bisnis? Laporan study kelayakan bisnis memiliki beberapa manfaat, antara lain meminimalisir risiko kegagalan bisnis, mengetahui potensi pasar bisnis, dan sebagainya.
5 Apakah laporan study kelayakan bisnis perlu diperbarui? Ya, laporan study kelayakan bisnis perlu diperbarui secara berkala untuk menyesuaikan dengan kondisi pasar, teknologi, dan lain sebagainya.

Video:Laporan Study Kelayakan Bisnis – Sobat Bisnis