Jurusan Pendidikan Bisnis Unimed: Menjadi Ahli Bisnis yang Kompeten untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Sobat Bisnis, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang ahli bisnis yang sukses di masa depan? Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan menempuh pendidikan di jurusan bisnis. Universitas Negeri Medan (Unimed) menawarkan program pendidikan bisnis yang berkualitas dan terakreditasi dengan baik. Berikut adalah informasi lengkap tentang jurusan pendidikan bisnis di Unimed.

Visi dan Misi Jurusan Pendidikan Bisnis Unimed

Visi dari jurusan Pendidikan Bisnis Unimed adalah menjadi pusat pendidikan bisnis yang bermartabat dan unggul dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi pada tingkat nasional dan internasional. Misi dari jurusan ini adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan bermutu sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.
  2. Mengembangkan jurusan Pendidikan Bisnis yang unggul dan kompetitif pada tingkat nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi pada tingkat nasional dan internasional.
  4. Menjalin dan mengembangkan kemitraan dengan berbagai stakeholder baik di dalam maupun di luar negeri.
  5. Menghasilkan karya ilmiah yang bermutu dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Visi dan misi ini menjadi panduan dalam mengembangkan program pendidikan yang relevan dan bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat luas.

Program Studi

Jurusan Pendidikan Bisnis Unimed menawarkan dua program studi, yaitu:

Program Studi Gelar Lama Studi
Akuntansi Sarjana Ekonomi (SE) 4 tahun
Manajemen Sarjana Ekonomi (SE) 4 tahun

Program studi Akuntansi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengelola, menyajikan, dan menganalisis informasi keuangan untuk kepentingan manajemen dan pihak-pihak terkait. Selain itu, program studi ini juga mengembangkan keterampilan dalam merencanakan dan mengawasi sistem akuntansi, serta menjalankan audit atas laporan keuangan.

Program studi Manajemen bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengelola sumber daya manusia, keuangan, materi, teknologi, dan informasi di berbagai organisasi. Selain itu, program studi ini juga mengembangkan keterampilan dalam merencanakan, mengorganisasi, menggerakkan, dan mengendalikan kegiatan bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.

Kurikulum Program Studi

Kurikulum program studi Pendidikan Bisnis Unimed dirancang dengan mengacu pada standar yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Setiap program studi memiliki kurikulum yang terdiri dari mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, dan mata kuliah lintas program studi.

Mata kuliah wajib meliputi bidang-bidang seperti manajemen, akuntansi, keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan bisnis internasional. Mata kuliah pilihan memungkinkan mahasiswa untuk memperdalam bidang-bidang tertentu sesuai dengan minat dan kebutuhan karir masing-masing. Mata kuliah lintas program studi memperkenalkan mahasiswa pada bidang-bidang yang terkait dengan bisnis, seperti hukum, psikologi, dan teknologi informasi.

Kurikulum program studi Pendidikan Bisnis Unimed direvisi secara berkala untuk menjawab tantangan dan peluang yang berkembang dalam dunia bisnis. Mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk mengikuti program magang di perusahaan atau organisasi terkait untuk meningkatkan pengalaman dan keterampilan praktis mereka.

Fasilitas

Jurusan Pendidikan Bisnis Unimed menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar dan penelitian. Fasilitas tersebut meliputi:

  • Laboratorium Akuntansi dan Keuangan
  • Laboratorium Komputer
  • Perpustakaan
  • Ruang Kelas yang Nyaman dan Dilengkapi dengan LCD Projector
  • Ruang Seminar

Selain itu, mahasiswa juga memiliki akses ke berbagai sumber daya digital dan database jurnal ilmiah melalui perpustakaan dan internet.

Fakultas dan Dosen

Jurusan Pendidikan Bisnis Unimed merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Fakultas ini memiliki reputasi yang baik dalam pengajaran dan penelitian di bidang ekonomi dan bisnis. Dosen-dosen di jurusan Pendidikan Bisnis memiliki kualifikasi dan pengalaman yang memadai dalam mengajar dan melakukan penelitian. Mereka juga aktif dalam kegiatan akademik dan profesional di tingkat nasional dan internasional.

Kepuasan Mahasiswa

Unimed selalu berusaha untuk memberikan pengalaman belajar yang terbaik bagi mahasiswanya. Setiap tahun, universitas ini melakukan survei kepuasan mahasiswa untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan program studi dan fasilitas yang ada. Hasil survei tersebut digunakan untuk meningkatkan mutu dan pelayanan pendidikan di Unimed.

Hasil survei terbaru menunjukkan bahwa mahasiswa jurusan Pendidikan Bisnis Unimed merasa puas dengan program studi dan fasilitas yang disediakan. Sebagian besar mahasiswa merasa bahwa program studi ini relevan dengan kebutuhan karir mereka dan memberikan keterampilan dan pengetahuan yang berguna.

Akreditasi Program Studi

Jurusan Pendidikan Bisnis Unimed telah terakreditasi dengan baik oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi ini menunjukkan bahwa program studi ini telah memenuhi standar yang ditetapkan dalam hal kurikulum, dosen, fasilitas, dan kualitas lulusan. Dengan terakreditasi, lulusan program studi ini diakui secara nasional dan internasional dan memiliki peluang yang lebih baik di dunia kerja atau untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Peluang Karir

Lulusan program studi Pendidikan Bisnis Unimed memiliki peluang karir yang luas dan menjanjikan di berbagai sektor bisnis dan industri, baik di sektor swasta maupun publik. Beberapa bidang pekerjaan yang bisa ditempuh oleh lulusan program studi ini antara lain:

  • Akuntan
  • Auditor
  • Manajer Keuangan
  • Manajer Pemasaran
  • Manajer Sumber Daya Manusia
  • Pengusaha

Peluang karir yang tersedia bagi lulusan Pendidikan Bisnis Unimed akan semakin terbuka dengan kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya. Oleh karena itu, selain mengikuti program studi dengan baik, mahasiswa juga disarankan untuk mengembangkan kemampuan dalam komunikasi, kepemimpinan, analisis, dan kreativitas.

Bergabunglah dengan Jurusan Pendidikan Bisnis Unimed

Sobat Bisnis, apakah kamu sudah siap untuk menjadi ahli bisnis yang kompeten dan sukses di masa depan? Bergabunglah dengan program studi Pendidikan Bisnis Unimed dan raih mimpi karirmu. Kunjungi situs web Unimed untuk informasi lebih lanjut tentang syarat pendaftaran, biaya kuliah, jadwal kuliah, dan program beasiswa yang tersedia.

FAQ

1. Apa itu jurusan Pendidikan Bisnis?

Jurusan Pendidikan Bisnis adalah program studi yang mempersiapkan mahasiswa untuk memahami dan mengelola berbagai aspek bisnis dan organisasi dengan baik. Program studi ini meliputi bidang seperti manajemen, akuntansi, keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia.

2. Apa saja program studi yang ditawarkan oleh jurusan Pendidikan Bisnis Unimed?

Jurusan Pendidikan Bisnis Unimed menawarkan dua program studi, yaitu Akuntansi dan Manajemen.

3. Berapa lama lama studi di program studi Pendidikan Bisnis Unimed?

Lama studi di program studi Pendidikan Bisnis Unimed adalah 4 tahun.

4. Apa saja fasilitas yang tersedia di jurusan Pendidikan Bisnis Unimed?

Fasilitas yang tersedia di jurusan Pendidikan Bisnis Unimed antara lain laboratorium akuntansi dan keuangan, laboratorium komputer, perpustakaan, ruang kelas yang nyaman, ruang seminar, dan akses ke berbagai sumber daya digital.

5. Apa saja peluang karir bagi lulusan program studi Pendidikan Bisnis Unimed?

Peluang karir bagi lulusan program studi Pendidikan Bisnis Unimed antara lain akuntan, auditor, manajer keuangan, manajer pemasaran, manajer sumber daya manusia, dan pengusaha.

Video:Jurusan Pendidikan Bisnis Unimed: Menjadi Ahli Bisnis yang Kompeten untuk Masa Depan yang Lebih Baik