Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad: Menjadi Ahli Administrasi Bisnis Terkemuka

Halo Sobat Bisnis! Apakah kamu tertarik untuk menjadi ahli administrasi bisnis yang terkemuka? Jika iya, maka jurusan Ilmu Administrasi Bisnis di Universitas Padjadjaran (Unpad) adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Berikut adalah informasi lengkap mengenai jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad.

Sejarah Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad

Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad didirikan pada tahun 1962, bersamaan dengan berdirinya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad. Sejak saat itu, jurusan ini terus berkembang dan menjadi salah satu jurusan yang terbaik di Indonesia dalam bidang administrasi bisnis.

Seiring dengan perkembangan zaman, kurikulum jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad terus diperbarui untuk mengikuti trend dan kebutuhan industri saat ini. Jurusan ini juga memiliki dosen-dosen yang kompeten dan berpengalaman dalam bidang administrasi bisnis, sehingga dapat memberikan pendidikan yang berkualitas kepada mahasiswanya.

Visi dan Misi Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad

Visi Misi
Menjadi pusat pengembangan ilmu administrasi bisnis yang inovatif dan berdaya saing global Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian di bidang ilmu administrasi bisnis dengan mengedepankan nilai-nilai keilmuan dan integritas
Membangun jaringan dan kerjasama dengan industri, pemerintah, dan masyarakat secara berkelanjutan

Visi dan misi jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad mencerminkan komitmen untuk menjadi yang terdepan dalam bidang administrasi bisnis, serta menjalin kemitraan untuk mengoptimalkan pengembangan ilmu dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Program Studi Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad

Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad memiliki dua program studi yang dapat dipilih, yaitu:

1. Program Studi Manajemen Bisnis

Program Studi Manajemen Bisnis bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam merencanakan, mengorganisasi, mengendalikan, dan mengarahkan berbagai jenis organisasi. Lulusan program ini akan memiliki pengetahuan yang luas mengenai prinsip manajemen, ilmu ekonomi, dan ilmu sosial, sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dalam lingkungan bisnis yang kompleks.

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Manajemen Bisnis Unpad dapat bekerja di berbagai jenis bisnis, baik di sektor swasta maupun publik. Beberapa pekerjaan yang dapat diambil antara lain:

  • Manajer Umum
  • Manajer Keuangan
  • Manajer SDM
  • Konsultan Manajemen
  • Pengusaha

2. Program Studi Administrasi Bisnis Internasional

Program Studi Administrasi Bisnis Internasional bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam mengelola bisnis internasional. Lulusan program ini akan memiliki pengetahuan yang luas mengenai perdagangan internasional, investasi, dan jaringan bisnis global.

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Administrasi Bisnis Internasional Unpad dapat bekerja di berbagai jenis bisnis internasional atau multinasional, baik di sektor swasta maupun publik. Beberapa pekerjaan yang dapat diambil antara lain:

  • Manager Bisnis Internasional
  • Konsultan Bisnis Internasional
  • Analis Pasar Internasional
  • Analis Investasi
  • Pengusaha

Kurikulum Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad

Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad memiliki kurikulum yang terdiri dari berbagai mata kuliah yang mencakup berbagai aspek bisnis. Beberapa mata kuliah yang diajarkan antara lain:

  • Prinsip-Prinsip Manajemen
  • Akuntansi
  • Pemasaran
  • Keuangan
  • Riset Operasi
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Administrasi Bisnis Internasional
  • Kewirausahaan

Kurikulum jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad terus diperbarui untuk mengikuti perkembangan terkini dalam industri. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengambil mata kuliah pilihan yang dapat disesuaikan dengan minat dan bakat mereka.

Fasilitas Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad

Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad memiliki berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  • Perpustakaan
  • Laboratorium Komputer
  • Ruang Kelas
  • Ruang Baca
  • Akses Internet Wi-Fi
  • Ruang Seminar
  • Kantin

Dengan fasilitas yang lengkap dan memadai ini, mahasiswa akan merasa lebih nyaman dalam belajar dan mengembangkan potensi diri mereka di jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad.

Seleksi Masuk Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad

Untuk dapat masuk ke jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad, calon mahasiswa harus mengikuti tes seleksi yang diselenggarakan oleh universitas. Tes seleksi ini terdiri dari beberapa tahap, antara lain:

  • Tes Kemampuan Akademik (TKA)
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI)
  • Tes Wawancara

Calon mahasiswa juga harus memenuhi syarat-syarat akademik yang ditentukan oleh universitas, seperti lulus SMA atau sederajat. Selain itu, calon mahasiswa juga harus memiliki minat dan bakat di bidang administrasi bisnis.

FAQ

1. Berapa lama masa studi di jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad?

Masa studi di jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad adalah 4 tahun untuk Program Studi Manajemen Bisnis dan 4,5 tahun untuk Program Studi Administrasi Bisnis Internasional.

2. Apa saja jenjang karir yang dapat diambil oleh lulusan jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad?

Lulusan jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad dapat mengambil berbagai jenis pekerjaan di berbagai jenis bisnis, baik di sektor swasta maupun publik. Beberapa jenis pekerjaan yang dapat diambil antara lain: Manajer Umum, Manajer Keuangan, Konsultan Manajemen, Analis Pasar, dan Pengusaha.

3. Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat masuk ke jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad?

Untuk dapat masuk ke jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad, calon mahasiswa harus mengikuti tes seleksi yang diselenggarakan oleh universitas. Selain itu, calon mahasiswa juga harus memenuhi syarat-syarat akademik yang ditentukan oleh universitas, seperti lulus SMA atau sederajat, serta memiliki minat dan bakat di bidang administrasi bisnis.

4. Bagaimana cara mendaftar untuk masuk ke jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad?

Cara mendaftar untuk masuk ke jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad adalah dengan mengikuti prosedur pendaftaran yang telah ditetapkan oleh universitas. Calon mahasiswa juga harus memenuhi syarat-syarat akademik dan mengikuti tes seleksi yang diselenggarakan oleh universitas.

5. Apa keunggulan jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad dibandingkan dengan jurusan administrasi bisnis lainnya?

Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad memiliki kurikulum yang selalu diperbarui untuk mengikuti trend dan kebutuhan industri saat ini. Selain itu, jurusan ini juga memiliki dosen-dosen yang kompeten dan berpengalaman dalam bidang administrasi bisnis, sehingga mahasiswa akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Itulah informasi lengkap mengenai jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad. Jangan ragu untuk memilih jurusan ini jika kamu memiliki minat dan bakat di bidang administrasi bisnis. Sukses selalu untuk Sobat Bisnis!

Video:Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Unpad: Menjadi Ahli Administrasi Bisnis Terkemuka