Jurusan Bisnis Belajar Apa Aja

Selamat datang Sobat Bisnis! Bagi Anda yang tertarik dengan dunia bisnis, mungkin pernah merasa bingung memilih jurusan untuk belajar mengenai hal tersebut. Ada begitu banyak pilihan yang bisa diambil, mulai dari manajemen, keuangan, hingga pemasaran. Nah, kali ini kami akan membahas 20 jurusan bisnis yang bisa Anda pelajari. Yuk simak!

1. Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis merupakan salah satu jurusan yang paling populer di Indonesia. Jurusan ini membahas mengenai cara mengelola bisnis secara efektif dan efisien, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, hingga pengendalian. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang pengusaha, jurusan ini sangat cocok untuk dipelajari.

Selain itu, manajemen bisnis juga bisa membantu Anda untuk mengelola departemen bisnis tertentu, seperti HR atau pemasaran. Dalam belajar jurusan ini, Anda akan mempelajari berbagai teori manajemen, serta praktek mengelola bisnis dalam kehidupan nyata.

Apakah manajemen bisnis cocok untuk Anda? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Kelebihan Kekurangan
Tersedia banyak peluang kerja Persaingan yang ketat
Mempelajari berbagai kemampuan manajerial Tidak menjamin kesuksesan di dunia bisnis
Menjadi bekal untuk menjadi seorang pengusaha Materi yang diajarkan mungkin terasa kurang praktis

FAQ

Q: Apa saja mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan manajemen bisnis?

A: Ada banyak mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan ini, antara lain manajemen strategi, keuangan, sumber daya manusia, operasi, pemasaran, dan masih banyak lagi.

Q: Apakah harus memiliki pengalaman kerja sebelum mengambil jurusan manajemen bisnis?

A: Tidak harus, namun memiliki pengalaman kerja bisa memberikan manfaat tambahan dalam memahami mata kuliah yang diajarkan.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan jurusan ini?

A: Biasanya 4 tahun.

2. Keuangan

Jurusan keuangan membahas mengenai manajemen keuangan dalam suatu perusahaan atau instansi. Anda akan mempelajari berbagai aspek keuangan, antara lain analisis investasi, manajemen risiko dan keuangan internasional. Jurusan ini cocok untuk Anda yang tertarik dengan mata kuliah yang terkait dengan matematika dan statistika.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari jurusan keuangan:

Kelebihan Kekurangan
Tersedia banyak peluang kerja di sektor keuangan Belum banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini di Indonesia
Gaji yang tinggi Materi yang diajarkan mungkin terasa sulit bagi beberapa orang
Mempelajari berbagai kemampuan analitis Banyaknya persaingan dalam mencari pekerjaan

FAQ

Q: Apa saja mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan keuangan?

A: Beberapa mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan ini antara lain analisis investasi, manajemen risiko, pembiayaan, dan manajemen keuangan internasional.

Q: Apakah harus memiliki kemampuan matematika dan statistika yang baik untuk bisa mengambil jurusan keuangan?

A: Iya, karena materi yang diajarkan sangat berkaitan dengan matematika dan statistika. Namun, jika Anda tertarik dan bersemangat, Anda masih bisa belajar mata kuliah yang ada di jurusan ini.

Q: Apa saja prospek karir setelah menyelesaikan jurusan keuangan?

A: Ada banyak pekerjaan yang bisa ditekuni setelah menyelesaikan jurusan ini, antara lain analis keuangan, manajer keuangan, konsultan keuangan, dan lain sebagainya.

3. Pemasaran

Jurusan pemasaran sangat cocok untuk Anda yang tertarik dengan dunia marketing. Anda akan mempelajari berbagai strategi pemasaran, mulai dari riset, perencanaan, promosi, hingga distribusi produk. Jurusan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menjadi seorang marketing manager, atau pekerja kreatif di bidang pemasaran.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari jurusan pemasaran:

Kelebihan Kekurangan
Banyak peluang kerja di bidang marketing Banyaknya orang yang memilih jurusan ini bisa membuat persaingan ketat saat mencari pekerjaan
Mempelajari berbagai strategi pemasaran yang efektif Tidak menjamin kesuksesan di dunia marketing, karena persaingan yang ketat
Mempelajari cara membuat strategi pemasaran yang kreatif Belum banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan pemasaran

FAQ

Q: Apa saja mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan pemasaran?

A: Beberapa mata kuliah yang diajarkan dalam jurusan ini antara lain riset pemasaran, manajemen merek, promosi, distribusi produk, dan lain-lain.

Q: Apakah harus memiliki kemampuan kreatif untuk bisa mengambil jurusan pemasaran?

A: Tidak wajib, namun kemampuan kreatif tentu akan membantu dalam menciptakan strategi pemasaran yang baru dan unik.

Q: Apa saja profesi yang bisa ditekuni setelah menyelesaikan jurusan pemasaran?

A: Ada banyak profesi yang bisa ditekuni setelah menyelesaikan jurusan ini, antara lain marketing manager, brand manager, chief marketing officer, konsultan pemasaran, dan lain sebagainya.

4. Akuntansi

Akuntansi membahas mengenai pelaporan keuangan dalam suatu perusahaan atau instansi. Jurusan ini mempelajari berbagai teknik akuntansi, mulai dari akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, hingga audit. Jurusan akuntansi sangat cocok untuk Anda yang tertarik dengan pemikiran analitis dan detail dalam mengelola keuangan.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari jurusan akuntansi:

Kelebihan Kekurangan
Banyak peluang kerja di bidang akuntansi dan auditing Materi yang diajarkan terkadang terlalu rumit bagi beberapa orang
Gaji yang tinggi Tidak banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini
Mempelajari kemampuan analitis dan detail Persaingan yang ketat dalam mencari pekerjaan

FAQ

Q: Apa saja mata kuliah yang diajarkan dalam jurusan akuntansi?

A: Beberapa mata kuliah yang diajarkan dalam jurusan ini antara lain akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, audit, dan pengendalian internal.

Q: Apakah harus sangat pandai dalam matematika untuk bisa mengambil jurusan akuntansi?

A: Mengerti dasar-dasar matematika akan sangat membantu, namun Anda tidak perlu jenius matematika untuk mengambil jurusan ini. Terpenting adalah memahami konsep dan teknik akuntansi dengan baik.

Q: Apa saja profesi yang bisa ditekuni setelah menyelesaikan jurusan akuntansi?

A: Ada banyak pekerjaan yang bisa ditekuni setelah menyelesaikan jurusan ini, antara lain akuntan publik, akuntan internal, konsultan pajak, dan lain sebagainya.

5. Kewirausahaan

Bagi Anda yang bercita-cita menjadi pengusaha sukses, jurusan kewirausahaan sangat cocok untuk Anda. Jurusan ini mempelajari cara memulai, mengembangkan, dan mengelola bisnis Anda sendiri. Anda akan mempelajari berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis, seperti merencanakan bisnis, memilih model bisnis yang tepat, hingga memulai bisnis.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari jurusan kewirausahaan:

Kelebihan Kekurangan
Menjadi bekal untuk memulai bisnis sendiri Materi yang diajarkan kurang cocok untuk bekerja pada perusahaan besar
Mempelajari berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha sukses Banyaknya persaingan dalam mencari peluang bisnis
Tersedia banyak peluang untuk berinovasi Belum banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini

FAQ

Q: Apa saja mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan kewirausahaan?

A: Beberapa mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan ini antara lain manajemen strategi bisnis, pemasaran, manajemen keuangan, dan manajemen keuangan.

Q: Apakah harus memiliki pengalaman bisnis sebelum bisa mengambil jurusan kewirausahaan?

A: Tidak harus, namun pengalaman bisnis tentu bisa memberikan manfaat tambahan dalam memahami materi yang diajarkan.

Q: Apa saja profesi yang bisa ditekuni setelah menyelesaikan jurusan kewirausahaan?

A: Profesi yang bisa ditekuni setelah menyelesaikan jurusan ini antara lain pebisnis, pengusaha, konsultan bisnis, dan lain sebagainya.

Video:Jurusan Bisnis Belajar Apa Aja