Jurnal Administrasi Bisnis FIA UB: Mengupas Lebih Dalam Tentang Program Studi Ini

Halo Sobat Bisnis! Sudah tahukah kamu tentang Program Studi Administrasi Bisnis di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya? Program studi ini disingkat menjadi JAB FIA UB. JAB FIA UB adalah salah satu program studi yang cukup populer di Indonesia, terutama bagi mereka yang ingin mempelajari ilmu bisnis di universitas ternama. Pada artikel ini, kamu akan lebih mengenal mengapa JAB FIA UB menjadi pilihan yang tepat bagi mahasiswa yang ingin sukses di bidang bisnis.

1. Memperkenalkan JAB FIA UB

Sebelum membahas lebih jauh tentang JAB FIA UB, kita perlu memahami apa itu Administrasi Bisnis. Administrasi Bisnis adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari bagaimana mengatur dan mengelola sebuah organisasi agar dapat mencapai tujuan yang ditetapkan dengan efisien dan efektif. Di FIA UB, program studi ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu memahami dan menerapkan konsep bisnis secara komprehensif, memiliki keterampilan akademis dan profesional yang tinggi, serta mampu bersaing di pasar kerja global.

1.1. Sejarah Berdirinya JAB FIA UB

JAB FIA UB didirikan pada tahun 1960 dan merupakan program studi tertua di FIA UB. Program studi ini awalnya bernama Program Studi Administrasi Negara dan Perusahaan Swasta, namun kemudian berubah nama menjadi Program Studi Administrasi Bisnis pada tahun 2011. JAB FIA UB telah menghasilkan ribuan lulusan yang sukses di bidang bisnis dan manajemen.

1.2. Visi dan Misi JAB FIA UB

Visi JAB FIA UB adalah menjadi program studi administrasi bisnis yang unggul secara nasional dan internasional dalam menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era globalisasi. Sementara itu, misi JAB FIA UB adalah:

NO Misi
1 Menyelenggarakan pendidikan administrasi bisnis yang berkualitas dan bermutu tinggi
2 Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang tinggi serta mampu bersaing di era globalisasi
3 Melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada pengembangan ilmu administrasi bisnis dan manajemen

2. Kurikulum JAB FIA UB

Kurikulum JAB FIA UB terdiri dari 144 SKS dan memiliki kurikulum yang selalu diperbarui sesuai dengan perkembangan ilmu bisnis dan teknologi. Beberapa mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa JAB FIA UB antara lain:

2.1. Mata Kuliah Wajib

  1. Pengantar Bisnis
  2. Manajemen Keuangan
  3. Pengantar Akuntansi Keuangan
  4. Manajemen Sumber Daya Manusia
  5. Manajemen Pemasaran
  6. Manajemen Operasi
  7. Pengantar Administrasi Bisnis

2.2. Mata Kuliah Pilihan

Mahasiswa JAB FIA UB juga dapat memilih mata kuliah pilihan sesuai dengan minat dan bakat mereka. Beberapa mata kuliah pilihan yang tersedia antara lain:

  • Manajemen Keuangan Internasional
  • Manajemen Strategi
  • Manajemen Kewirausahaan
  • Manajemen Logistik
  • Manajemen Mutu dan Produktivitas

3. Prospek Karir Lulusan JAB FIA UB

Tentu saja, setelah lulus dari JAB FIA UB, para mahasiswa diharapkan memiliki karir yang sukses di bidang bisnis. Beberapa prospek karir yang dapat diambil oleh lulusan JAB FIA UB adalah:

3.1. Manajer Bisnis

Manajer bisnis bertanggung jawab dalam mengatur dan mengelola sebuah organisasi agar mencapai tujuan yang ditetapkan.

3.2. Analis Keuangan

Analisis keuangan bertanggung jawab dalam menganalisis kinerja keuangan sebuah organisasi.

3.3. Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi bisnis agar bisa bersaing di pasar yang lebih luas.

3.4. Wirausaha

Setelah memiliki ilmu bisnis dan manajemen yang cukup, lulusan JAB FIA UB dapat menjadi wirausaha dengan membuka bisnis sendiri.

4. Fasilitas dan Layanan yang Disediakan oleh JAB FIA UB

JAB FIA UB menyediakan berbagai fasilitas dan layanan untuk menunjang proses pembelajaran mahasiswa. Beberapa fasilitas dan layanan yang disediakan antara lain:

4.1. Perpustakaan

JAB FIA UB memiliki perpustakaan dengan jumlah koleksi buku yang cukup lengkap dalam bidang bisnis dan manajemen.

4.2. Laboratorium Komputer

Untuk mempermudah proses belajar, JAB FIA UB memiliki laboratorium komputer yang dapat digunakan oleh mahasiswa.

4.3. Laboratorium Bahasa

Selain laboratorium komputer, JAB FIA UB juga memiliki laboratorium bahasa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para mahasiswa.

4.4. Mentoring dan Bimbingan Akademik

Bagi mahasiswa yang kesulitan dalam proses belajar, JAB FIA UB menyediakan mentoring dan bimbingan akademik secara gratis.

5. Persyaratan Masuk JAB FIA UB

Bagi kamu yang ingin kuliah di JAB FIA UB, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi, antara lain:

5.1. Jalur SBMPTN

Untuk masuk melalui jalur SBMPTN, kamu harus memiliki nilai rata-rata rapor yang cukup tinggi.

5.2. Jalur SNMPTN

Untuk masuk melalui jalur SNMPTN, kamu harus meraih nilai unggul di SMA atau SMK.

5.3. Jalur Mandiri

Selain jalur SBMPTN dan SNMPTN, kamu juga dapat masuk melalui jalur mandiri dengan mengikuti tes yang diselenggarakan oleh FIA UB.

FAQ Tentang JAB FIA UB

1. Apa beda antara Program Studi Administrasi Bisnis dengan Program Studi Manajemen?

Program Studi Administrasi Bisnis lebih mengarah ke pengaturan dan pengelolaan organisasi secara umum, sementara Program Studi Manajemen lebih fokus pada pengelolaan sumber daya manusia dan alat-alat manajemen yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis.

2. Berapa lama masa studi di JAB FIA UB?

Masa studi di JAB FIA UB adalah 8 semester atau sekitar 4 tahun.

3. Apakah lulusan JAB FIA UB bisa melanjutkan S2 di luar negeri?

Tentu saja bisa. Lulusan JAB FIA UB telah diakui oleh banyak universitas di luar negeri, sehingga kamu bisa melanjutkan S2 di universitas ternama di luar negeri.

4. Apa saja kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti di JAB FIA UB?

Terdapat banyak kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh mahasiswa JAB FIA UB seperti UKM olahraga, UKM seni dan budaya, serta kegiatan pengembangan kewirausahaan.

5. Apa saja skill yang akan saya dapatkan setelah kuliah di JAB FIA UB?

Setelah kuliah di JAB FIA UB, kamu akan memiliki skill yang cukup komprehensif dalam bidang manajemen, bisnis, dan administrasi. Beberapa skill yang akan kamu dapatkan, antara lain: kemampuan analisis, pemecahan masalah, manajemen sumber daya, serta kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik.

Itulah Sobat Bisnis, penjelasan mengenai JAB FIA UB. Apabila kamu tertarik untuk kuliah di sana, pastikan kamu mempersiapkan diri secara matang agar bisa lolos di seleksi penerimaan mahasiswa baru. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Video:Jurnal Administrasi Bisnis FIA UB: Mengupas Lebih Dalam Tentang Program Studi Ini