Jelaskan Tujuan Administrasi Dalam Usaha Bisnis

Hello Sobat Bisnis! Bisnis merupakan suatu aktivitas yang memerlukan manajemen dan administrasi yang baik agar dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas tujuan dari administrasi dalam usaha bisnis.

Pengertian Administrasi Bisnis

Sebelum kita membahas tentang tujuan administrasi dalam usaha bisnis, mari kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan administrasi bisnis.

Administrasi bisnis merupakan suatu sistem pengelolaan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengarahan sumber daya manusia dalam usaha bisnis. Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis dengan efisien dan efektif.

Dalam bisnis, administrasi sangat penting karena dapat mempengaruhi berbagai aspek penting seperti produktivitas, kualitas, dan profitabilitas perusahaan.

Tujuan Administrasi Dalam Usaha Bisnis

Tujuan 1: Meningkatkan Efisiensi Operasional

Salah satu tujuan utama dari administrasi dalam usaha bisnis adalah untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Dengan melakukan perencanaan yang baik, pengorganisasian yang terstruktur, serta pengendalian yang ketat, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas dan memaksimalkan penggunaan sumber daya yang dimiliki.

Contoh penerapan tujuan ini adalah dengan melakukan perencanaan produksi yang matang, mengorganisasikan tenaga kerja yang efisien, serta melakukan kontrol kualitas yang ketat untuk meminimalisir kesalahan dan kerusakan produk.

Tujuan 2: Meningkatkan Kualitas Produk

Selain meningkatkan efisiensi operasional, administrasi juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Hal ini dilakukan dengan memastikan bahwa seluruh kegiatan operasional perusahaan dilakukan dengan standar yang tinggi dan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

Contoh penerapan tujuan ini adalah dengan melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan mereka dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Tujuan 3: Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan

Tujuan administrasi dalam usaha bisnis yang tidak kalah penting adalah meningkatkan profitabilitas perusahaan. Dengan melakukan manajemen keuangan yang baik, seperti melakukan penghematan biaya dan memaksimalkan penghasilan, perusahaan dapat memperoleh laba yang lebih besar.

Contoh penerapan tujuan ini adalah dengan melakukan perencanaan anggaran secara cermat dan memonitoring pengeluaran untuk meminimalisir biaya yang tidak perlu.

Tujuan 4: Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Tujuan terakhir dari administrasi dalam usaha bisnis adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan memastikan bahwa seluruh kegiatan operasional perusahaan berfokus pada kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Contoh penerapan tujuan ini adalah dengan melakukan survei kepuasan pelanggan secara berkala, mengumpulkan feedback dari pelanggan, serta melakukan perbaikan dan perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apa itu administrasi bisnis? Administrasi bisnis merupakan suatu sistem pengelolaan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengarahan sumber daya manusia dalam usaha bisnis.
Mengapa administrasi penting dalam usaha bisnis? Administrasi sangat penting karena dapat mempengaruhi berbagai aspek penting seperti produktivitas, kualitas, dan profitabilitas perusahaan.
Apa saja tujuan administrasi dalam usaha bisnis? Tujuan administrasi dalam usaha bisnis antara lain meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan kualitas produk, meningkatkan profitabilitas perusahaan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Demikianlah Sobat Bisnis, penjelasan mengenai tujuan administrasi dalam usaha bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin memulai bisnis atau meningkatkan bisnis yang sedang berjalan. Terima kasih telah membaca!

Video:Jelaskan Tujuan Administrasi Dalam Usaha Bisnis