Jelaskan Sistematika Penulisan Kelayakan Bisnis

Hai Sobat Bisnis, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sistematika penulisan kelayakan bisnis. Sebagai seorang pengusaha, kita tentu ingin memastikan bahwa bisnis yang akan kita jalankan memang memiliki potensi untuk sukses dan menguntungkan. Oleh karena itu, penulisan kelayakan bisnis sangat penting dilakukan sebelum memulai sebuah usaha. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Kelayakan Bisnis

Sebelum membahas lebih jauh tentang sistematika penulisan kelayakan bisnis, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kelayakan bisnis. Kelayakan bisnis adalah kemampuan suatu usaha untuk bertahan dan menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Dalam penilaian kelayakan bisnis, kita harus mempertimbangkan berbagai aspek, mulai dari finansial, pasar, manajemen, hingga teknologi. Dengan melakukan penilaian kelayakan bisnis yang tepat, kita dapat menghindari kerugian dan menjalankan bisnis dengan lebih efektif.

Sistematika Penulisan Kelayakan Bisnis

Penulisan kelayakan bisnis harus dilakukan secara sistematis. Berikut adalah sistematika penulisan kelayakan bisnis yang dapat Sobat Bisnis ikuti:

1. Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif berisi gambaran umum tentang bisnis yang akan dijalankan, termasuk tujuan, strategi, dan targeting market. Ringkasan eksekutif harus disusun dengan jelas dan singkat sehingga mudah dipahami oleh pihak investor atau pihak yang berkepentingan dalam bisnis tersebut.

2. Latar Belakang Perusahaan

Latar belakang perusahaan berisi sejarah singkat tentang berdirinya perusahaan, visi dan misi, serta struktur organisasi perusahaan. Hal ini untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki landasan yang kuat untuk menjalankan bisnis.

3. Analisis Pasar

Analisis pasar meliputi penjelasan tentang pasar yang akan dilayani, target market, besarnya pangsa pasar, dan tren pasar. Analisis pasar ini sangat penting untuk memahami potensi pasar dan menentukan strategi pemasaran yang tepat.

4. Analisis Produk atau Layanan

Analisis produk atau layanan berisi penjelasan tentang produk atau layanan yang akan ditawarkan kepada pasar. Analisis ini mencakup keunggulan produk atau layanan, manfaat yang ditawarkan, serta perbedaan dengan produk atau layanan sejenis yang sudah ada di pasar.

5. Analisis Kompetitor

Analisis kompetitor meliputi penjelasan tentang pesaing yang ada di pasar, kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pesaing, serta strategi yang akan dilakukan untuk bersaing dengan pesaing.

6. Analisis Keuangan

Analisis keuangan adalah analisis tentang aspek finansial dari bisnis yang akan dijalankan, termasuk proyeksi pendapatan, biaya, laba, arus kas, dan ROI (Return on Investment). Analisis keuangan ini sangat penting untuk memastikan bahwa bisnis tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar untuk menutupi biaya-biaya yang dikeluarkan.

FAQ

No. Pertanyaan Jawaban
1 Apakah penulisan kelayakan bisnis itu penting? Sangat penting. Dengan melakukan penulisan kelayakan bisnis, kita dapat memastikan bahwa bisnis yang akan dijalankan memiliki potensi untuk sukses dan menguntungkan.
2 Apa saja yang harus diperhatikan dalam penilaian kelayakan bisnis? Kita harus memperhatikan berbagai aspek, mulai dari finansial, pasar, manajemen, hingga teknologi. Dengan mempertimbangkan semua aspek tersebut, kita dapat menghindari kerugian dan menjalankan bisnis dengan lebih efektif.
3 Bagaimana cara menyusun penulisan kelayakan bisnis yang baik? Penulisan kelayakan bisnis harus dilakukan secara sistematis, mulai dari ringkasan eksekutif, latar belakang perusahaan, analisis pasar, analisis produk atau layanan, analisis kompetitor, dan analisis keuangan.
4 Apa saja yang harus dicantumkan dalam analisis keuangan? Analisis keuangan mencakup proyeksi pendapatan, biaya, laba, arus kas, dan ROI (Return on Investment).

Kesimpulan

Dalam menjalankan bisnis, penulisan kelayakan bisnis sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis tersebut memiliki potensi untuk sukses dan menguntungkan. Penulisan kelayakan bisnis harus dilakukan secara sistematis, mulai dari ringkasan eksekutif, latar belakang perusahaan, analisis pasar, analisis produk atau layanan, analisis kompetitor, dan analisis keuangan. Dengan melakukan penilaian kelayakan bisnis yang tepat, kita dapat menghindari kerugian dan menjalankan bisnis dengan lebih efektif.

Video:Jelaskan Sistematika Penulisan Kelayakan Bisnis