Sobat Bisnis, Ini Dia Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Djoko Purwanto

Komunikasi bisnis merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi kesuksesan suatu perusahaan. Tanpa komunikasi yang baik, perusahaan tidak akan mampu berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan, mitra bisnis, maupun karyawan. Oleh karena itu, pemahaman mengenai konsep komunikasi bisnis sangatlah penting. Dalam artikel ini, Sobat Bisnis akan dibahas tentang pengertian komunikasi bisnis menurut Djoko Purwanto.

1. Pengertian Komunikasi Bisnis

Menurut Djoko Purwanto, komunikasi bisnis adalah suatu proses pertukaran informasi, ide, dan pengetahuan antara dua atau lebih pihak yang terlibat dalam kegiatan bisnis. Tujuan utama dari komunikasi bisnis adalah untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Komunikasi bisnis juga melibatkan penggunaan bahasa dan simbol-simbol yang relevan dengan situasi yang sedang dihadapi.

Komunikasi bisnis dapat terjadi secara formal maupun informal. Secara formal, komunikasi bisnis dilakukan melalui surat resmi, laporan bisnis, presentasi, dan sebagainya. Sedangkan secara informal, komunikasi bisnis dilakukan melalui percakapan sehari-hari, pertemuan informal, dan sebagainya.

2. Jenis-jenis Komunikasi Bisnis

Berdasarkan sifat dan tujuannya, komunikasi bisnis dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

a. Komunikasi Intern

Merupakan komunikasi yang terjadi di dalam organisasi atau perusahaan. Tujuan dari komunikasi intern adalah untuk mengkoordinasikan kegiatan operasional dan administratif dalam perusahaan. Contoh dari komunikasi intern adalah rapat staf, memo, dan surat perusahaan.

b. Komunikasi Ekstern

Merupakan komunikasi yang terjadi antara perusahaan dengan pihak eksternal, seperti pelanggan, mitra bisnis, dan masyarakat. Tujuan dari komunikasi ekstern adalah untuk membangun hubungan yang baik dengan pihak eksternal serta meningkatkan citra perusahaan. Contoh dari komunikasi ekstern adalah surat pemesanan, iklan, dan publikasi.

c. Komunikasi Vertikal

Merupakan komunikasi yang terjadi antara atasan dan bawahan atau sebaliknya. Tujuan dari komunikasi vertikal adalah untuk mengirimkan informasi dari atasan ke bawahan atau sebaliknya, serta memberikan arahan dan evaluasi kinerja. Contoh dari komunikasi vertikal adalah surat perintah, laporan kinerja, dan feedback dari atasan.

d. Komunikasi Horizontal

Merupakan komunikasi yang terjadi antara kolega selevel di dalam organisasi atau perusahaan. Tujuan dari komunikasi horizontal adalah untuk mengkoordinasikan kegiatan dan bertukar informasi yang relevan. Contoh dari komunikasi horizontal adalah rapat tim, email, dan memo.

e. Komunikasi Diagonal

Merupakan komunikasi yang terjadi antara kolega yang berbeda level di dalam organisasi atau perusahaan. Tujuan dari komunikasi diagonal adalah untuk menyampaikan informasi dari level yang lebih tinggi ke level yang lebih rendah atau sebaliknya, serta untuk memperkuat koordinasi antar departemen. Contoh dari komunikasi diagonal adalah rapat antar divisi, memo dari manajer ke staf operasional, dan sebagainya.

3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Bisnis

Berdasarkan pengalaman Djoko Purwanto, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi komunikasi bisnis, di antaranya:

a. Bahasa dan Budaya

Bahasa dan budaya merupakan faktor yang sangat mempengaruhi komunikasi bisnis. Setiap budaya memiliki cara berkomunikasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk memahami budaya dan bahasa dari mitra bisnis atau pelanggan untuk memastikan komunikasi yang efektif dan menghindari kesalahpahaman.

b. Teknologi

Dalam era digital saat ini, teknologi memainkan peran yang penting dalam komunikasi bisnis. Penggunaan teknologi, seperti email, video conference, dan platform komunikasi lainnya, dapat memudahkan komunikasi bisnis dengan pihak internal maupun eksternal. Namun, penggunaan teknologi juga memiliki beberapa risiko, seperti keamanan data dan privasi.

c. Gaya Komunikasi

Gaya komunikasi dari masing-masing individu juga dapat mempengaruhi komunikasi bisnis. Setiap orang memiliki cara berkomunikasi yang berbeda-beda, seperti gaya bicara, gaya penulisan, dan sebagainya. Oleh karena itu, penting untuk memahami gaya komunikasi dari mitra bisnis atau pelanggan untuk memastikan komunikasi yang efektif.

d. Konteks Komunikasi

Konteks komunikasi juga mempengaruhi efektivitas dari komunikasi bisnis. Konteks yang dimaksud adalah situasi atau lingkungan dimana komunikasi terjadi. Misalnya, komunikasi dalam pertemuan formal atau pertemuan informal akan memiliki cara komunikasi yang berbeda.

e. Kompetensi Komunikasi

Kompetensi komunikasi merujuk pada kemampuan individu dalam berkomunikasi secara efektif. Kemampuan ini meliputi kemampuan berbicara, menulis, mendengarkan, dan memahami pesan komunikasi. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan kompetensi komunikasi untuk meningkatkan efektivitas komunikasi bisnis.

4. FAQ tentang Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Djoko Purwanto

No. Pertanyaan Jawaban
1 Apa pengertian komunikasi bisnis menurut Djoko Purwanto? Komunikasi bisnis adalah suatu proses pertukaran informasi, ide, dan pengetahuan antara dua atau lebih pihak yang terlibat dalam kegiatan bisnis. Tujuan utama dari komunikasi bisnis adalah untuk mencapai tujuan bisnis tertentu.
2 Apa saja jenis-jenis komunikasi bisnis? Beberapa jenis komunikasi bisnis antara lain komunikasi intern, komunikasi ekstern, komunikasi vertikal, komunikasi horizontal, dan komunikasi diagonal.
3 Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi bisnis? Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi bisnis antara lain bahasa dan budaya, teknologi, gaya komunikasi, konteks komunikasi, dan kompetensi komunikasi.

5. Kesimpulan

Pengertian komunikasi bisnis menurut Djoko Purwanto sangatlah penting untuk dipahami oleh setiap individu yang terlibat dalam kegiatan bisnis. Komunikasi bisnis memainkan peran yang sangat penting dalam kesuksesan suatu perusahaan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi bisnis harus dipahami untuk memastikan efektivitas dari komunikasi tersebut. Dengan memahami pengertian komunikasi bisnis menurut Djoko Purwanto, diharapkan dapat membantu Sobat Bisnis dalam meningkatkan efektivitas komunikasi bisnis.

Video:Sobat Bisnis, Ini Dia Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Djoko Purwanto