Jawaban Soal Prakerja Bisnis Rumahan/UMKM

Halo Sobat Bisnis! Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan program Prakerja yang sedang ramai dibahas di media sosial maupun di berbagai platform. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dengan memberikan pelatihan dan insentif sebesar Rp.3,5 juta. Namun, banyak yang bertanya-tanya apakah Prakerja juga bisa digunakan untuk bisnis rumahan/UMKM. Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Apa itu Prakerja?

Prakerja adalah program bantuan dari pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Program ini memberikan pelatihan vokasi, soft skill, dan juga insentif sebesar Rp.3,5 juta kepada peserta yang telah lulus pelatihan. Program ini dibuka untuk seluruh masyarakat Indonesia yang berusia diatas 18 tahun dan memiliki KTP.

Bagaimana cara mendaftar Prakerja?

Untuk mendaftar Prakerja, kamu bisa mengakses website resminya di www.prakerja.go.id. Kamu akan diminta untuk mengisi beberapa data pribadi dan membuat akun. Setelah itu, kamu bisa mengikuti tes kemampuan dan memilih pelatihan yang ingin diikuti. Jika kamu lulus dari pelatihan tersebut, kamu akan mendapatkan insentif sebesar Rp.3,5 juta.

Apakah Prakerja bisa digunakan untuk bisnis rumahan/UMKM?

Banyak yang bertanya-tanya apakah Prakerja bisa digunakan untuk bisnis rumahan/UMKM. Jawabannya adalah bisa. Kamu bisa menggunakan insentif Prakerja untuk memodernisasi dan mengembangkan bisnis rumahan/UMKM-mu. Namun, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Berikut penjelasannya.

Syarat dan Ketentuan Membeli Barang atau Jasa untuk Bisnis Rumahan/UMKM dengan Prakerja

1. Mempunyai Bisnis Rumahan/UMKM

Syarat pertama untuk menggunakan Prakerja untuk bisnis rumahan/UMKM adalah kamu harus mempunyai bisnis tersebut. Bisnis rumahan/UMKM yang dimaksud bisa berupa jasa maupun produk.

2. Mendaftar Program Prakerja

Untuk bisa menggunakan insentif Prakerja untuk bisnis rumahan/UMKM, kamu harus mendaftar dan lulus program Prakerja terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa menggunakan insentif tersebut untuk membeli barang atau jasa yang berkaitan dengan bisnis.

3. Memenuhi Persyaratan Barang/Jasa yang Bisa Dibeli dengan Prakerja

Ada beberapa persyaratan barang/jasa yang bisa dibeli dengan insentif Prakerja. Beberapa barang/jasa tersebut antara lain:

No. Barang/Jasa Syarat
1. Perangkat Keras Barang harus berfungsi dengan baik dan berkualitas
2. Perangkat Lunak dan Aplikasi Aplikasi harus berkualitas dan berguna untuk bisnis rumahan/UMKM
3. Pelatihan dan Konsultasi Pelatihan dan konsultasi harus berkualitas dan bermanfaat untuk bisnis rumahan/UMKM
4. Keperluan Operasional Bisnis Barang harus berkualitas dan berguna untuk operasional bisnis

4. Melakukan Pembelian dengan Bukti yang Valid

Setelah membeli barang atau jasa yang sesuai dengan persyaratan, kamu harus menyimpan bukti pembelian yang valid seperti struk dan faktur. Bukti pembelian ini harus diperlihatkan saat melakukan pengajuan dana insentif untuk bisnis rumahan/UMKM.

Cara Mengajukan Insentif Prakerja untuk Bisnis Rumahan/UMKM

1. Memenuhi Syarat dan Ketentuan

Sebelum mengajukan insentif Prakerja untuk bisnis rumahan/UMKM, pastikan kamu telah memenuhi syarat dan ketentuan seperti yang telah dijelaskan di atas.

2. Mengajukan Permohonan

Untuk mengajukan permohonan, kamu bisa mengakses website Prakerja dan memilih menu “Lainnya” -> “Ajukan Permohonan Insentif Bisnis”. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa data dan mengupload bukti pembelian yang valid.

3. Menunggu Verifikasi

Setelah mengajukan permohonan, kamu harus menunggu verifikasi dari pihak Prakerja. Proses verifikasi ini akan memakan waktu sekitar 30 hari kerja.

4. Mendapatkan Insentif

Jika permohonanmu disetujui, kamu akan mendapatkan insentif sebesar Rp.2,4 juta untuk bisnis rumahan/UMKM. Insentif ini bisa digunakan untuk memodernisasi dan mengembangkan bisnis.

FAQ

1. Apakah Prakerja bisa digunakan untuk semua jenis bisnis rumahan/UMKM?

Iya, asalkan bisnis tersebut legal dan memenuhi persyaratan yang telah dijelaskan di atas.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan insentif untuk bisnis rumahan/UMKM?

Proses verifikasi permohonan insentif untuk bisnis rumahan/UMKM biasanya memakan waktu sekitar 30 hari kerja.

3. Apa saja barang/jasa yang bisa dibeli dengan insentif Prakerja untuk bisnis rumahan/UMKM?

Barang/jasa yang bisa dibeli dengan insentif Prakerja untuk bisnis rumahan/UMKM antara lain perangkat keras, perangkat lunak dan aplikasi, pelatihan dan konsultasi, dan keperluan operasional bisnis.

4. Apakah wajib menggunakan insentif Prakerja untuk bisnis rumahan/UMKM?

Tidak wajib. Namun, insentif Prakerja bisa membantu memodernisasi dan mengembangkan bisnis rumahan/UMKM-mu.

5. Apakah ada batas waktu penggunaan insentif Prakerja untuk bisnis rumahan/UMKM?

Tidak ada. Namun, sebaiknya menggunakan insentif tersebut secepatnya agar bisa segera memodernisasi dan mengembangkan bisnis rumahan/UMKM-mu.

Itulah jawaban atas pertanyaan mengenai penggunaan Prakerja untuk bisnis rumahan/UMKM. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu para pelaku usaha. Teruslah berkarya dan mengembangkan bisnis-mu!

Video:Jawaban Soal Prakerja Bisnis Rumahan/UMKM