Sobat Bisnis: Mengenal Ilmu Administrasi Bisnis

Halo Sobat Bisnis! Apakah kamu sedang mencari tahu tentang ilmu administrasi bisnis? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Pada artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang ilmu administrasi bisnis mulai dari pengertian, sejarah, hingga keuntungannya untuk karirmu di masa depan. Jadi, langsung saja simak artikel ini sampai selesai ya!

Pengertian Ilmu Administrasi Bisnis

Ilmu administrasi bisnis merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan bisnis dan manajemen organisasi. Dalam ilmu ini, kamu akan mempelajari tentang cara mengelola semua aspek bisnis, mulai dari pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, hingga operasi bisnis.

Tujuan dari ilmu administrasi bisnis adalah untuk menciptakan pengelola bisnis yang efektif dan efisien serta dapat mengambil keputusan bisnis yang tepat. Seorang lulusan administrasi bisnis diharapkan mampu memahami berbagai aspek bisnis dan memiliki kemampuan dalam menyusun strategi bisnis yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari jika memilih jurusan administrasi bisnis:

Mata Kuliah Keterangan
Manajemen Bisnis Mempelajari konsep dasar manajemen bisnis dan pengambilan keputusan
Pemasaran Mempelajari strategi pemasaran, promosi, dan distribusi produk
Keuangan Bisnis Mempelajari pengelolaan keuangan bisnis dan investasi
Sumber Daya Manusia Mempelajari manajemen sumber daya manusia dalam organisasi

Sejarah Ilmu Administrasi Bisnis

Ilmu administrasi bisnis pertama kali muncul pada awal abad ke-20 di Amerika Serikat. Pada saat itu, perekonomian Amerika Serikat mengalami kemajuan pesat dan banyak perusahaan yang tumbuh dengan cepat. Namun, perusahaan-perusahaan tersebut menghadapi berbagai masalah seperti kurangnya strategi bisnis dan manajemen yang buruk.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibentuklah ilmu administrasi bisnis sebagai solusi untuk mengelola bisnis dengan baik dan efektif. Pada saat itu, ilmu administrasi bisnis hanya dikenal di Amerika Serikat dan baru menyebar ke negara-negara lain pada tahun 1950-an.

Keuntungan Ilmu Administrasi Bisnis untuk Karir di Masa Depan

Jika kamu memilih untuk belajar ilmu administrasi bisnis, maka kamu akan memiliki peluang karir yang sangat luas dan beragam. Berikut ini adalah beberapa karir yang bisa kamu tekuni setelah lulus dari jurusan administrasi bisnis:

  • Manajer Bisnis
  • Analis Keuangan
  • Pemasar
  • Manajer Sumber Daya Manusia
  • Konsultan Manajemen

Selain peluang karir yang luas, lulusan administrasi bisnis juga memiliki kesempatan untuk memiliki gaji yang tinggi. Menurut survei CareerBuilder pada tahun 2019, rata-rata gaji lulusan administrasi bisnis di Amerika Serikat mencapai $68.350 per tahun.

FAQ Ilmu Administrasi Bisnis

1. Apa yang harus dipelajari dalam ilmu administrasi bisnis?

Dalam ilmu administrasi bisnis, kamu akan mempelajari tentang pengelolaan bisnis dan manajemen organisasi. Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain manajemen bisnis, pemasaran, keuangan bisnis, dan sumber daya manusia.

2. Apa saja karir yang bisa ditekuni setelah lulus dari jurusan administrasi bisnis?

Banyak karir yang bisa ditekuni setelah lulus dari jurusan administrasi bisnis, antara lain manajer bisnis, analis keuangan, pemasar, manajer sumber daya manusia, dan konsultan manajemen.

3. Berapa gaji rata-rata lulusan administrasi bisnis?

Menurut survei CareerBuilder pada tahun 2019, rata-rata gaji lulusan administrasi bisnis di Amerika Serikat mencapai $68.350 per tahun.

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan kami tentang ilmu administrasi bisnis. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ilmu administrasi bisnis merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan bisnis dan manajemen organisasi.

Jika kamu memilih untuk belajar ilmu administrasi bisnis, maka kamu akan memiliki peluang karir yang sangat luas dan beragam. Selain itu, lulusan administrasi bisnis juga memiliki kesempatan untuk memiliki gaji yang tinggi.

Demikianlah artikel kami tentang ilmu administrasi bisnis. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan kamu tentang ilmu administrasi bisnis. Terima kasih sudah membaca artikel ini, Sobat Bisnis!

Video:Sobat Bisnis: Mengenal Ilmu Administrasi Bisnis