20 Guna Akun Bisnis di WhatsApp

20 Guna Akun Bisnis di WhatsApp | Journal Article

Halo Sobat Bisnis! Siapa yang tidak kenal dengan WhatsApp? Aplikasi chatting yang satu ini sudah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Namun, tahukah kamu bahwa WhatsApp juga memiliki fitur bisnis yang memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan konsumen dan meningkatkan penjualan?

1. Memudahkan Komunikasi dengan Pelanggan

Dengan menggunakan akun bisnis di WhatsApp, kamu bisa memudahkan komunikasi dengan pelanggan. Kamu bisa mengirim pesan teks, gambar, atau video untuk menjawab pertanyaan atau memberikan informasi terbaru mengenai produk atau jasa kamu.

Selain itu, kamu juga bisa membuat quick reply untuk pesan-pesan yang sering muncul dari pelanggan. Misalnya, jika banyak pelanggan yang bertanya mengenai harga produk kamu, kamu bisa membuat quick reply yang berisi daftar harga produk tersebut.

Bahkan, kamu juga bisa membuat pesan otomatis untuk menjawab pesan pelanggan di luar jam kerja atau saat kamu sedang sibuk. Pesan otomatis ini bisa membuat pelanggan merasa dihargai dan tetap merasa terhubung dengan bisnis kamu.

Bagaimana cara membuat quick reply atau pesan otomatis di WhatsApp? Kamu bisa mengikuti tutorial di situs resmi WhatsApp atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp Business API atau WhatsApp Business Solution Provider.

2. Meningkatkan Penjualan

Dengan memudahkan komunikasi dengan pelanggan, kamu juga bisa meningkatkan penjualan. Kamu bisa menawarkan produk atau jasa baru, memberikan diskon atau promosi khusus, atau mendapatkan feedback dari pelanggan mengenai produk atau jasa kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur katalog di WhatsApp Business untuk menampilkan produk atau jasa kamu secara langsung di aplikasi WhatsApp. Dengan menggunakan katalog, pelanggan bisa melihat produk atau jasa kamu dengan lebih mudah dan memudahkan proses pembelian.

Jangan lupa juga untuk bertanya kepada pelanggan mengenai kebutuhan atau keinginan mereka. Dengan mendengarkan pelanggan, kamu bisa menyesuaikan produk atau jasa kamu dengan kebutuhan mereka dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Menyimpan Chat dengan Pelanggan

Salah satu keuntungan menggunakan akun bisnis di WhatsApp adalah kamu bisa menyimpan chat dengan pelanggan. Hal ini memudahkan kamu untuk melacak pesanan atau permintaan yang sudah dilakukan oleh pelanggan sebelumnya.

Kamu juga bisa membuat label untuk pelanggan-pelanggan tertentu, misalnya pelanggan yang sudah melakukan pembelian atau pelanggan yang sering bertanya mengenai produk baru. Dengan menggunakan label, kamu bisa membedakan chat dengan pelanggan dan memudahkan proses pengelolaan pesanan atau permintaan dari pelanggan.

4. Membuat Grup Diskusi dengan Pelanggan

Jika kamu ingin berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih teratur, kamu bisa membuat grup diskusi dengan pelanggan. Dalam grup ini, kamu bisa memberikan informasi terbaru mengenai produk atau jasa kamu, mendapatkan feedback dari pelanggan, atau bahkan mengadakan diskusi atau kuis untuk menarik perhatian pelanggan.

Namun, pastikan untuk tidak mengganggu kegiatan pelanggan dengan mengirim pesan yang tidak relevan atau terlalu sering. Usahakan untuk memilih waktu yang tepat dan mengirim pesan yang memiliki nilai tambah bagi pelanggan.

5. Membuat Jadwal Pesan Otomatis

Jika kamu memiliki jadwal pesan yang perlu dikirimkan ke pelanggan secara berkala, kamu bisa menggunakan fitur pesan otomatis di WhatsApp Business. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat jadwal pesan otomatis untuk dikirimkan pada waktu yang telah ditentukan.

Misalnya, kamu bisa membuat pesan otomatis untuk mengingatkan pelanggan mengenai pembayaran tagihan atau memberikan informasi terbaru mengenai produk atau jasa kamu setiap minggunya.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah menggunakan akun bisnis di WhatsApp dikenakan biaya? Tidak, penggunaan akun bisnis di WhatsApp gratis.
Apakah semua fitur di WhatsApp tersedia untuk akun bisnis? Tidak semua fitur di WhatsApp tersedia untuk akun bisnis. Namun, WhatsApp telah mengembangkan beberapa fitur khusus untuk bisnis seperti katalog produk dan pesan otomatis.
Bagaimana cara membuat akun bisnis di WhatsApp? Kamu bisa mengunduh aplikasi WhatsApp Business dari Play Store atau App Store dan membuat akun bisnis yang terpisah dari akun pribadi kamu.
Apakah akun bisnis di WhatsApp dapat digunakan di seluruh dunia? Ya, akun bisnis di WhatsApp dapat digunakan di seluruh dunia kecuali di negara-negara yang memblokir WhatsApp seperti China dan Uni Emirat Arab.

Video:20 Guna Akun Bisnis di WhatsApp