Mengenal Lebih Jauh Proses Bisnis Dengan Flowchart

Selamat datang Sobat Bisnis! Pernahkah Anda merasa bingung dengan proses bisnis yang berbelit-belit? Atau mungkin baru memulai bisnis dan ingin memahami lebih jauh mengenai struktur yang harus dijalankan? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan flowchart.

Apa itu Flowchart?

Flowchart adalah diagram yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses bisnis dari sebuah organisasi atau perusahaan. Diagram ini menggunakan simbol-simbol tertentu untuk menggambarkan setiap tahapan pada proses bisnis tersebut. Flowchart sangat membantu dalam membentuk pemahaman yang jelas mengenai bagaimana suatu bisnis dijalankan serta setiap tahapan yang harus dilalui.

Keuntungan Menggunakan Flowchart

Ada beberapa keuntungan dari penggunaan flowchart pada proses bisnis, antara lain:

No. Keuntungan
1 Mempermudah dalam memahami struktur organisasi atau perusahaan.
2 Mempermudah dalam mengenali setiap tahapan yang harus dilalui dalam suatu bisnis.
3 Mempermudah dalam mengidentifikasi posisi atau tanggung jawab setiap orang dalam suatu bisnis.
4 Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menjalankan suatu bisnis.

Tahapan Membuat Flowchart

Agar flowchart dapat memberikan manfaat yang maksimal pada proses bisnis Anda, maka tahapan pembuatannya harus dilakukan dengan benar. Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan:

Langkah 1: Identifikasi Proses Bisnis yang Akan Dibuat Flowchart

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengidentifikasi proses bisnis yang ingin dibuat flowchart. Pastikan bahwa proses bisnis tersebut telah stabil dan memerlukan dokumentasi formal untuk memudahkan pemahaman.

Langkah 2: Identifikasi Simbol-Simbol yang Akan Digunakan

Setiap simbol pada flowchart memiliki arti dan makna yang berbeda. Oleh karena itu, identifikasi simbol-simbol yang akan digunakan dalam pembuatan flowchart serta arti masing-masing simbol sangat penting.

Langkah 3: Buat Kertas Kerja

Buat kertas kerja dengan skala yang cukup besar untuk memudahkan dalam menggambar diagram. Pada kertas kerja, gambarkan kotak besar sebagai ruang kerja dan ruang lingkup diagram. Kemudian, tambahkan simbol-simbol yang telah diidentifikasi sebagai tahapan-tahapan pada diagram.

Langkah 4: Buat Flowchart

Gunakan simbol-simbol yang telah diidentifikasi untuk membuat flowchart sesuai dengan urutan tahapan pada proses bisnis yang ingin dibuat. Pastikan setiap tahapan terhubung dengan tahapan lainnya secara logis.

Langkah 5: Review dan Evaluasi

Setelah selesai membuat flowchart, evaluasi dan review kembali diagram serta pastikan telah sesuai dengan proses bisnis yang sedang berjalan.

Tahapan Implementasi Flowchart pada Proses Bisnis

Setelah flowchart selesai dibuat, tahapan selanjutnya adalah mengimplementasikan pada proses bisnis. Berikut adalah tahapan implementasi:

Langkah 1: Sosialisasi Flowchart

Sosialisasi flowchart pada seluruh anggota organisasi atau perusahaan agar dapat memahami dengan jelas setiap tahapan pada proses bisnis.

Langkah 2: Menggunakan Flowchart

Gunakan flowchart sebagai panduan dalam menjalankan proses bisnis. Pastikan setiap tahapan sesuai dengan yang telah diatur pada flowchart.

Langkah 3: Evaluasi dan Evaluasi Kembali

Evaluasi dan evaluasi kembali flowchart secara berkala agar tetap sesuai dengan perkembangan organisasi atau perusahaan.

FAQ

Apa itu flowchart?

Flowchart adalah diagram yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses bisnis dari sebuah organisasi atau perusahaan.

Apa saja simbol-simbol yang digunakan pada flowchart

Simbol-simbol pada flowchart antara lain: kotak, segitiga, lingkaran, berlian, panah, garis lurus, dan garis putus-putus.

Apa manfaat dari penggunaan flowchart pada proses bisnis?

Keuntungan dari penggunaan flowchart pada proses bisnis antara lain: mempermudah dalam memahami struktur organisasi atau perusahaan, mempermudah mengenali setiap tahapan pada suatu bisnis, mempermudah identifikasi posisi atau tanggung jawab setiap orang, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menjalankan suatu bisnis.

Bagaimana tahapan membuat flowchart?

Tahapan membuat flowchart antara lain: identifikasi proses bisnis yang akan dibuat flowchart, identifikasi simbol-simbol yang akan digunakan, buat kertas kerja, buat flowchart, serta evaluasi dan evaluasi ulang flowchart yang telah dibuat.

Apa tahapan implementasi flowchart pada proses bisnis?

Tahapan implementasi flowchart pada proses bisnis antara lain: sosialisasi flowchart pada seluruh anggota organisasi atau perusahaan, menggunakan flowchart sebagai panduan dalam menjalankan proses bisnis, dan evaluasi serta evaluasi ulang flowchart secara berkala.

Video:Mengenal Lebih Jauh Proses Bisnis Dengan Flowchart