Executive Summary pada Proposal Bisnis Biasanya Berisi

Hello, Sobat Bisnis! Dalam proposal bisnis, eksekutif summary merupakan bagian yang sangat penting. Biasanya, eksekutif summary pada proposal bisnis berisi informasi penting yang diringkas secara singkat, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami tujuan dari proposal bisnis tersebut. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang apa saja yang biasanya terdapat pada eksekutif summary pada proposal bisnis. Simak artikel ini dengan seksama hingga selesai, ya!

1. Visi dan Misi Bisnis

Pada bagian eksekutif summary, biasanya terdapat informasi mengenai visi dan misi bisnis yang ingin dijalankan. Visi dan misi ini merupakan dasar dari sebuah bisnis, sehingga sangat penting untuk dipaparkan dengan jelas dalam eksekutif summary. Dalam penulisan visi dan misi, pastikan formulasi yang digunakan mudah dipahami dan menggambarkan tujuan bisnis secara jelas.

Contoh:

Visi Bisnis Menjadi perusahaan terkemuka di bidang teknologi informasi yang memberikan solusi terbaik bagi pelanggan kami.
Misi Bisnis Menyediakan produk dan layanan teknologi informasi yang inovatif dan berkualitas tinggi, serta memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan.

2. Deskripsi Produk atau Layanan

Deskripsi produk atau layanan yang ingin ditawarkan juga harus terdapat pada eksekutif summary. Hal ini akan memberikan gambaran kepada pembaca mengenai produk atau layanan yang akan ditawarkan. Jangan lupa untuk menjelaskan keunggulan produk atau layanan tersebut secara singkat dan jelas.

Contoh:

Kami menawarkan solusi teknologi informasi berbasis cloud computing yang aman, mudah digunakan, dan fleksibel. Dengan solusi kami, pelanggan dapat mengakses data secara real-time dan melakukan proses bisnis dengan mudah dan cepat. Selain itu, kami juga menawarkan layanan pelanggan yang ramah dan responsif.

3. Target Pasar

Dalam eksekutif summary, sebaiknya juga mencantumkan informasi mengenai target pasar yang ingin dituju. Ini akan membantu pembaca memahami segmentasi pasar yang ingin dijadikan target bisnis. Informasi ini juga akan berguna dalam penentuan strategi pemasaran yang tepat.

Contoh:

Kami fokus pada pasar usaha kecil dan menengah yang membutuhkan solusi teknologi informasi yang terjangkau dan mudah digunakan. Kami juga sedang mempertimbangkan untuk masuk ke pasar korporat dengan menyediakan solusi teknologi informasi yang lebih kompleks.

4. Persyaratan Keuangan

Eksekutif summary juga sebaiknya mencantumkan persyaratan keuangan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Hal ini akan membantu pembaca memahami besarnya modal yang diperlukan, serta penggunaannya dalam menjalankan bisnis.

Contoh:

Kami membutuhkan investasi sebesar Rp 1 miliar untuk mengembangkan produk dan infrastruktur teknologi informasi, serta untuk melakukan pemasaran dan operasional. Dana ini akan digunakan untuk memperluas jangkauan pasar dan memperkuat posisi kami di pasar.

5. Keunggulan Kompetitif

Keunggulan kompetitif merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, sebaiknya eksekutif summary juga mencantumkan informasi mengenai keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh bisnis tersebut.

Contoh:

Kami memiliki tim yang berpengalaman dan ahli di bidang teknologi informasi. Produk kami memiliki fitur-fitur yang unggul dibandingkan dengan pesaing kami, seperti keamanan data yang lebih baik dan integrasi yang lebih mudah dengan aplikasi bisnis lain. Selain itu, kami juga menawarkan layanan pelanggan yang lebih baik dan responsif dibandingkan dengan pesaing kami.

FAQ

1. Mengapa eksekutif summary pada proposal bisnis sangat penting?

Eksekutif summary pada proposal bisnis sangat penting karena menjadi pintu masuk pembaca untuk memahami tujuan dan rencana bisnis yang ditawarkan. Dengan adanya eksekutif summary yang jelas dan singkat, pembaca dapat lebih mudah memahami inti dari proposal bisnis.

2. Berapa jumlah kata yang sebaiknya digunakan dalam eksekutif summary?

Sebaiknya eksekutif summary memiliki panjang sekitar 1-2 halaman saja, dengan jumlah kata sekitar 250-500 kata. Namun, pastikan informasi yang disampaikan dalam eksekutif summary cukup lengkap dan jelas.

3. Apa saja yang sebaiknya dicantumkan dalam eksekutif summary pada proposal bisnis?

Beberapa informasi yang sebaiknya dicantumkan dalam eksekutif summary pada proposal bisnis adalah visi dan misi bisnis, deskripsi produk atau layanan, target pasar, persyaratan keuangan, serta keunggulan kompetitif.

Sekian artikel tentang executive summary pada proposal bisnis biasanya berisi. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan solusi bagi Sobat Bisnis dalam membuat proposal bisnis yang baik dan efektif. Terima kasih sudah membaca!

Video:Executive Summary pada Proposal Bisnis Biasanya Berisi