Dasar Hukum Bisnis

Hello Sobat Bisnis! Sebagai pengusaha, tentu kamu harus mengetahui dasar hukum dalam berbisnis. Bahkan, memiliki pengetahuan yang cukup mengenai dasar hukum bisnis dapat membantu kamu untuk menghindari risiko hukum yang dapat merugikan bisnismu.

Apa itu Dasar Hukum Bisnis?

Dasar hukum bisnis adalah seperangkat aturan atau peraturan yang mengatur bagaimana sebuah bisnis harus beroperasi. Dalam dasar hukum bisnis, terdapat berbagai macam peraturan yang harus dipatuhi oleh para pengusaha agar bisnisnya dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Secara umum, dasar hukum bisnis mencakup beberapa hal, seperti:

Peraturan Keterangan
Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas Merupakan undang-undang yang mengatur tentang perseroan terbatas sebagai bentuk badan usaha yang paling umum di Indonesia.
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Merupakan undang-undang yang mengatur tentang perlindungan konsumen dari bisnis yang tidak bertanggung jawab.
Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan Merupakan undang-undang yang mengatur tentang perdagangan, termasuk di dalamnya adalah peraturan tentang persaingan usaha yang sehat.

Mengapa Dasar Hukum Bisnis Penting?

Memahami dasar hukum bisnis sangat penting bagi setiap pengusaha. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pengetahuan tentang dasar hukum bisnis sangat penting:

1. Melindungi Bisnis dari Risiko Hukum

Dalam berbisnis, pasti ada risiko yang harus dihadapi oleh setiap pengusaha. Risiko ini dapat berupa risiko finansial, risiko reputasi, dan risiko hukum. Dengan memahami dasar hukum bisnis, kamu dapat menghindari risiko hukum yang dapat merugikan bisnismu.

2. Menjaga Bisnis agar Berjalan Sesuai dengan Aturan

Dalam bisnis, setiap pengusaha harus menjalankan bisnisnya sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia. Dengan memahami dasar hukum bisnis, kamu dapat memastikan bahwa bisnismu berjalan sesuai dengan aturan dan tidak melanggar hukum.

3. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Pengusaha yang memahami dasar hukum bisnis cenderung lebih dipercaya oleh konsumennya. Hal ini karena bisnis yang dijalankan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia dan tidak akan menimbulkan masalah hukum di kemudian hari.

Apa Saja Dasar Hukum Bisnis yang Harus Dipahami Oleh Pengusaha?

Berikut ini adalah beberapa dasar hukum bisnis yang harus dipahami oleh setiap pengusaha:

1. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas

Undang-undang ini mengatur tentang perseroan terbatas sebagai bentuk badan usaha yang paling umum di Indonesia. Perseroan terbatas memiliki karakteristik sebagai badan usaha yang memiliki pemegang saham dan kepemilikan yang terbatas.

Dalam undang-undang ini, terdapat beberapa hal yang harus dipahami oleh setiap pengusaha, seperti:

a. Kewajiban Membayar Modal

Pada saat pendirian perseroan terbatas, setiap pemegang saham wajib membayar modal dasar perusahaan. Modal ini akan digunakan untuk menjalankan operasional perusahaan.

b. Pembagian Dividen

Setiap pemegang saham berhak atas pembagian dividen dari keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan. Pembagian dividen ini harus diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

2. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Undang-undang ini mengatur tentang perlindungan konsumen dari bisnis yang tidak bertanggung jawab. Dalam undang-undang ini, terdapat beberapa hal yang harus diikuti oleh setiap pengusaha, seperti:

a. Memberikan Informasi yang Jelas dan Benar

Setiap pengusaha harus memberikan informasi yang jelas dan benar mengenai produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Hal ini bertujuan agar konsumen dapat membuat keputusan yang tepat sebelum membeli produk atau jasa tersebut.

b. Menjamin Keamanan Produk

Setiap pengusaha harus menjamin bahwa produk atau jasa yang ditawarkan aman bagi konsumen. Jika terdapat produk atau jasa yang berbahaya bagi konsumen, pengusaha harus segera menarik produk atau jasa tersebut dari pasaran.

3. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan

Undang-undang ini mengatur tentang perdagangan, termasuk di dalamnya adalah peraturan tentang persaingan usaha yang sehat. Dalam undang-undang ini, terdapat beberapa hal yang harus dipahami oleh setiap pengusaha, seperti:

a. Tidak Berbuat Curang dalam Persaingan Usaha

Setiap pengusaha harus menjalankan bisnisnya secara jujur dan tidak berbuat curang dalam persaingan usaha. Hal ini bertujuan agar persaingan usaha dapat berjalan dengan sehat dan adil untuk semua pihak.

b. Tidak Menyalahgunakan Kekuasaan

Setiap pengusaha harus menjalankan bisnisnya dengan tidak menyalahgunakan kekuasaannya. Hal ini bertujuan agar persaingan usaha dapat berjalan dengan sehat dan adil untuk semua pihak.

FAQ

Q: Apakah Dasar Hukum Bisnis Berlaku untuk Semua Jenis Usaha?

A: Ya, dasar hukum bisnis berlaku untuk semua jenis usaha, baik itu usaha kecil maupun besar.

Q: Apa Sanksi yang Dapat Diterima Jika Melanggar Dasar Hukum Bisnis?

A: Sanksi yang dapat diterima jika melanggar dasar hukum bisnis dapat berupa denda, penutupan usaha, atau bahkan tuntutan pidana.

Q: Apakah Setiap Pengusaha Wajib Memiliki Naskah Perjanjian dalam Bisnisnya?

A: Tidak semua bisnis memerlukan naskah perjanjian, namun untuk bisnis yang melibatkan pihak ketiga sebaiknya memiliki naskah perjanjian agar hak dan kewajiban masing-masing pihak dapat terjaga dengan baik.

Video:Dasar Hukum Bisnis