Contoh Surat Bisnis Pesanan: Panduan Lengkap untuk Sobat Bisnis

Salam hangat untuk Sobat Bisnis yang sedang mencari referensi untuk menulis surat bisnis pesanan yang efektif. Surat bisnis pesanan adalah salah satu jenis surat bisnis yang sering ditulis dalam aktivitas bisnis sehari-hari. Dalam setiap surat bisnis, terdapat beberapa unsur penting yang harus dipenuhi, seperti identitas pengirim, tujuan surat, dan isi surat.

Surat bisnis pesanan merupakan salah satu jenis surat bisnis yang digunakan untuk memesan produk atau jasa dari pihak lain. Penting bagi Sobat Bisnis untuk menulis surat bisnis pesanan yang jelas dan terstruktur dengan baik, sehingga dapat meminimalisir kesalahpahaman dan mempercepat proses pemesanan.

Unsur Utama dalam Menulis Surat Bisnis Pesanan

Dalam menulis surat bisnis pesanan, terdapat beberapa unsur utama yang harus dipenuhi. Berikut adalah beberapa unsur utama dalam menulis surat bisnis pesanan:

Unsur Keterangan
Header Identitas pengirim, tanggal, nomor surat, dan alamat tujuan
Pembuka Penjelasan mengenai tujuan surat dan konteks pemesanan
Isi pesan Penjelasan mengenai produk atau jasa yang dipesan, jumlah, harga, dan cara pembayaran
Pengakhiran Penutup yang sopan dan jelas, termasuk waktu pengiriman dan permintaan konfirmasi
Lampiran Dokumen pendukung seperti foto produk, brosur, dan sebagainya

Cara Menulis Surat Bisnis Pesanan yang Baik dan Benar

Menulis surat bisnis pesanan yang efektif memerlukan ketelitian dan ketepatan dalam menggunakan kata-kata. Berikut adalah beberapa tips dalam menulis surat bisnis pesanan yang baik dan benar:

1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Sederhana

Sebisa mungkin, hindari menggunakan kata-kata yang sulit dipahami atau istilah-istilah teknis yang hanya dimengerti oleh sebagian kecil orang. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang.

2. Hindari Kalimat yang Berbelit-belit

Usahakan untuk menulis kalimat yang singkat, padat, dan mudah dipahami. Hindari kalimat yang terlalu panjang dan berbelit-belit.

3. Jelaskan dengan Detail Produk atau Jasa yang Dipesan

Di bagian isi surat, jelaskan dengan detail produk atau jasa yang Sobat Bisnis pesan. Sebutkan jumlah produk atau jasa yang dipesan, harga per unit, dan total harga yang harus dibayarkan.

4. Cantumkan Waktu Pengiriman

Sebutkan waktu pengiriman yang diharapkan. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang dipesan dapat diterima tepat waktu.

5. Sertakan Permintaan Konfirmasi

Pada akhir surat, cantumkan permintaan untuk konfirmasi pemesanan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa pesanan yang Sobat Bisnis kirimkan diterima oleh pihak yang dituju.

Contoh Surat Bisnis Pesanan

Berikut adalah contoh surat bisnis pesanan yang efektif:

Header

No. Surat: 001/SPB/IX/2021
Tanggal: 1 September 2021
Kepada:
PT. ABC
Jl. Pertamina No. 123
Jakarta 12345

Pembuka

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya produk baru yang diluncurkan oleh PT. ABC, kami mengirimkan surat ini untuk memesan produk tersebut.

Isi Pesan

Kami ingin memesan 100 unit produk terbaru yang diluncurkan oleh PT. ABC. Harga per unit sebesar Rp 10.000,- dengan total harga sebesar Rp 1.000.000,-. Pembayaran akan kami lakukan dalam tempo 7 hari setelah pengiriman produk. Kami harap Anda dapat mengirimkan produk tersebut dalam waktu 3 hari setelah menerima pesanan ini.

Pengakhiran

Demikian surat pesanan ini kami sampaikan. Kami harap Anda segera mengirimkan produk tersebut dan membantu kami dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan kami. Mohon konfirmasi penerimaan pesanan ini melalui email atau telepon yang tertera di bawah ini. Terima kasih atas perhatiannya.

FAQ

Apa itu surat bisnis pesanan?

Surat bisnis pesanan adalah jenis surat bisnis yang digunakan untuk memesan produk atau jasa dari pihak lain.

Apa saja unsur utama dalam menulis surat bisnis pesanan?

Unsur utama dalam menulis surat bisnis pesanan meliputi header, pembuka, isi pesan, pengakhiran, dan lampiran.

Bagaimana cara menulis surat bisnis pesanan yang baik dan benar?

Beberapa tips dalam menulis surat bisnis pesanan yang baik dan benar adalah menggunakan bahasa yang jelas dan sederhana, menghindari kalimat yang berbelit-belit, menjelaskan dengan detail produk atau jasa yang dipesan, mencantumkan waktu pengiriman, dan menyertakan permintaan konfirmasi.

Bagaimana contoh surat bisnis pesanan yang baik dan benar?

Contoh surat bisnis pesanan yang baik dan benar harus mencantumkan semua unsur utama dalam menulis surat bisnis pesanan dan memenuhi unsur-unsur yang telah dijelaskan sebelumnya.

Bagaimana jika pesanan tidak sesuai dengan yang diharapkan?

Jika pesanan tidak sesuai dengan yang diharapkan, segera hubungi pihak yang dituju melalui email atau telepon yang tertera pada surat pesanan. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor surat pesanan untuk memudahkan proses identifikasi.

Kapan harus membayar pesanan?

Pembayaran harus dilakukan dalam tempo yang sudah disepakati, biasanya dalam 7 atau 14 hari setelah pengiriman produk.

Apa yang harus dilakukan jika pesanan tidak kunjung datang?

Jika pesanan tidak kunjung datang sesuai dengan waktu yang telah disepakati, segera hubungi pihak yang dituju untuk meminta penjelasan dan mencari solusi terbaik.

Sekian panduan tentang contoh surat bisnis pesanan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Sobat Bisnis dalam menulis surat bisnis pesanan yang efektif dan efisien. Terima kasih telah membaca artikel kami dan semoga sukses dalam aktivitas bisnisnya.

Video:Contoh Surat Bisnis Pesanan: Panduan Lengkap untuk Sobat Bisnis