Contoh Ringkasan Eksekutif Bisnis Plan Makanan

Halo Sobat Bisnis! Apa kabar? Hari ini kita akan membahas tentang contoh ringkasan eksekutif bisnis plan makanan. Bisnis makanan memang menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia, terutama di era digital ini. Namun, sebelum memulai bisnis ini, ada baiknya kita membuat bisnis plan terlebih dahulu. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang ringkasan eksekutif dari bisnis plan makanan. Yuk, simak pembahasannya!

Apa itu Bisnis Plan Makanan?

Sebelum membahas tentang ringkasan eksekutif bisnis plan makanan, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu bisnis plan makanan. Bisnis plan adalah sebuah dokumen tertulis yang menjelaskan tentang rencana bisnis kita. Dokumen ini akan memuat informasi tentang produk atau jasa yang akan kita tawarkan, target pasar, strategi pemasaran, analisis SWOT, analisis keuangan, dan sebagainya. Dalam konteks bisnis makanan, bisnis plan juga akan menjelaskan tentang jenis makanan yang akan kita jual, bahan-bahan yang dibutuhkan, harga jual, margin keuntungan, dan sebagainya.

Kenapa Kita Perlu Membuat Ringkasan Eksekutif?

Mungkin ada di antara Sobat Bisnis yang bertanya-tanya, kenapa kita perlu membuat ringkasan eksekutif dari bisnis plan kita? Jawabannya sederhana, ringkasan eksekutif sangatlah penting karena menjadi gambaran singkat tentang bisnis plan kita. Dalam bisnis yang serba cepat seperti saat ini, investor atau calon partner bisnis kita mungkin tidak punya waktu untuk membaca bisnis plan kita secara mendetil. Maka dari itu, ringkasan eksekutif menjadi solusi terbaik untuk memberikan gambaran singkat tentang bisnis plan kita.

Bagaimana Cara Membuat Ringkasan Eksekutif Bisnis Plan Makanan?

Sekarang kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat ringkasan eksekutif bisnis plan makanan. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, di antaranya:

1. Poin Utama

Ringkasan eksekutif harus menyajikan poin-poin utama dari bisnis plan kita. Poin-poin ini haruslah singkat dan mudah dipahami oleh pembaca. Pembaca harus dapat memahami inti dari bisnis plan kita hanya dengan membaca ringkasan eksekutif.

2. Target Pasar

Salah satu hal penting yang harus disertakan dalam ringkasan eksekutif adalah target pasar. Pembaca harus dapat memahami siapa target pasar kita, apa kebutuhan mereka, dan bagaimana bisnis kita bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

3. Strategi Pemasaran

Ringkasan eksekutif juga harus mencakup strategi pemasaran yang akan kita gunakan. Pembaca harus dapat memahami bagaimana kita akan memasarkan produk kita, seperti apa strategi yang akan kita gunakan, dan apa yang membuat produk kita berbeda dari produk sejenis lainnya.

4. Analisis Keuangan

Terakhir, ringkasan eksekutif juga harus mencakup analisis keuangan. Pembaca harus dapat memahami tentang perkiraan pendapatan dan pengeluaran, margin keuntungan, ROI, dan sebagainya.

Contoh Ringkasan Eksekutif Bisnis Plan Makanan

Nah, setelah mengetahui tentang bagaimana cara membuat ringkasan eksekutif bisnis plan makanan, sekarang kita akan membahas tentang contoh ringkasan eksekutif bisnis plan makanan. Berikut adalah contoh ringkasan eksekutif:

1. Poin Utama

Bisnis plan kami adalah bisnis makanan yang menyediakan berbagai jenis makanan sehat dan lezat untuk kalangan anak muda. Kami akan menyediakan makanan yang diolah dari bahan-bahan organik dan bebas bahan pengawet. Kami akan menjual makanan kami melalui online marketplace dan toko fisik kami yang berlokasi di pusat kota.

2. Target Pasar

Target pasar kami adalah anak muda di usia 18-25 tahun yang peduli dengan kesehatan dan ingin mempertahankan gaya hidup sehat. Kami akan menjangkau target pasar kami melalui media sosial dan pemasaran online yang tepat sasaran.

3. Strategi Pemasaran

Kami akan menggunakan strategi pemasaran yang berfokus pada media sosial. Kami akan menggunakan Instagram, Facebook, dan Twitter untuk mempromosikan produk kami. Kami juga akan mengadakan event dan promo diskon untuk menarik minat pelanggan.

4. Analisis Keuangan

Berdasarkan analisis keuangan, kami memperkirakan pendapatan tahunan kami akan mencapai 500 juta. Margin keuntungan kami sebesar 30% dan ROI kami sebesar 23%. Kami akan melakukan investasi sebesar 200 juta untuk membeli peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai ringkasan eksekutif bisnis plan makanan:

1. Apakah ringkasan eksekutif bisnis plan makanan harus disajikan dalam bentuk tertulis?

Iya, ringkasan eksekutif bisnis plan makanan harus disajikan dalam bentuk tertulis. Biasanya, ringkasan eksekutif akan disertakan di awal dokumen bisnis plan.

2. Apakah ringkasan eksekutif harus mencakup semua poin pada bisnis plan?

Tidak perlu, ringkasan eksekutif hanya mencakup poin-poin utama pada bisnis plan. Pembaca hanya perlu memahami inti dari bisnis plan kita.

3. Apakah ringkasan eksekutif dapat digunakan sebagai alat promosi bisnis kita?

Tentu saja. Ringkasan eksekutif dapat digunakan sebagai alat promosi bisnis kita. Kita bisa membagikan ringkasan eksekutif kita melalui media sosial atau website bisnis kita.

4. Apakah ada contoh ringkasan eksekutif bisnis plan makanan yang dapat dijadikan referensi?

Tentu saja ada. Sobat Bisnis bisa mencari contoh ringkasan eksekutif bisnis plan makanan di internet atau meminta referensi dari bisnis plan consultant.

5. Apakah ringkasan eksekutif sama dengan executive summary?

Iya, ringkasan eksekutif sama dengan executive summary. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan gambaran singkat tentang bisnis plan kita.

Kesimpulan

Demikianlah contoh ringkasan eksekutif bisnis plan makanan yang dapat Sobat Bisnis jadikan referensi. Ingatlah bahwa ringkasan eksekutif sangatlah penting dalam bisnis plan kita karena menjadi gambaran singkat tentang bisnis plan kita. Hindari membuat ringkasan eksekutif yang terlalu panjang dan membingungkan. Buatlah ringkasan eksekutif yang padat, jelas, dan mudah dipahami oleh pembaca. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Video:Contoh Ringkasan Eksekutif Bisnis Plan Makanan