Contoh Memo Bisnis

Hai Sobat Bisnis, apakah kalian sering mengalami kesulitan dalam menyampaikan pesan atau informasi secara tertulis di dalam perusahaan? Jika iya, maka memo bisnis bisa menjadi solusi untuk kalian. Memo bisnis merupakan salah satu bentuk komunikasi bisnis yang digunakan untuk menyampaikan pesan secara tertulis di dalam perusahaan.

Apa itu Memo Bisnis?

Memo bisnis adalah sebuah dokumen tertulis yang berisi pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh pengirim kepada penerima di dalam perusahaan. Memo bisnis biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai perubahan kebijakan, pengumuman penting, atau permintaan tindakan dari penerima. Memo bisnis dikirimkan melalui email atau surat dalam lingkungan bisnis.

Seperti halnya surat bisnis, memo bisnis harus dibuat dengan format yang baku dan formal. Memo bisnis juga harus ditulis dengan bahasa yang jelas, padat, dan mudah dipahami oleh penerima. Dalam memo bisnis, pengirim biasanya menanyakan konfirmasi atau tindakan tertentu dari penerima.

Apa Saja Unsur-unsur Memo Bisnis?

Untuk membuat memo bisnis yang efektif, terdapat beberapa unsur yang harus ada di dalamnya:

Unsur Memo Bisnis Keterangan
Header Isi data-data penting seperti tanggal, nomor memo, dan penerima.
Salut Tuliskan salam pembuka yang sesuai dengan hubungan antara pengirim dan penerima.
Pengantar Tuliskan tujuan dari memo bisnis dan konteksnya.
Isi Memo Tuliskan pesan atau informasi yang ingin disampaikan dengan jelas, padat, dan mudah dipahami.
Penutup Tuliskan permintaan atau tindakan yang harus dilakukan oleh penerima.
Tanggal Tuliskan tanggal pembuatan memo bisnis.
Salut Penutup Tuliskan salam penutup yang sesuai dengan hubungan antara pengirim dan penerima.

Bagaimana Cara Menulis Memo Bisnis yang Baik?

Agar memo bisnis yang kamu buat dapat tersampaikan dengan baik dan benar, kamu bisa mengikuti beberapa tips untuk menulis memo bisnis yang efektif:

1. Tentukan Tujuan Memo Bisnis

Sebelum menulis memo bisnis, tentukan terlebih dahulu tujuan dari memo bisnis tersebut. Apakah kamu ingin memberikan informasi tentang perubahan kebijakan atau meminta tindakan dari penerima. Ketahui juga siapa penerima memo bisnis tersebut.

2. Buat Judul yang Jelas dan Menarik

Buat judul memo bisnis yang jelas dan menarik agar penerima tertarik untuk membaca memo bisnis tersebut. Judul harus bisa menggambarkan isi dari memo bisnis tersebut secara singkat dan padat.

3. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami

Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh penerima. Jangan menggunakan bahasa yang sulit atau rumit karena dapat membuat penerima bingung dan sulit memahami isi dari memo bisnis tersebut.

4. Sertakan Informasi yang Diperlukan

Sertakan informasi yang diperlukan agar penerima memahami isi dari memo bisnis tersebut. Informasi harus disampaikan dengan jelas, lengkap, dan padat. Jangan terlalu banyak memberikan informasi yang tidak relevan dengan isi dari memo bisnis tersebut.

5. Buat Catatan Akhir yang Singkat

Buat catatan akhir yang singkat dengan meminta penerima untuk mengkonfirmasi atau melakukan tindakan tertentu yang diminta oleh pengirim. Catatan akhir harus singkat dan padat agar penerima mudah memahami permintaan yang diminta.

6. Review Kembali Sebelum Mengirim

Review kembali memo bisnis sebelum mengirimkannya untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan penulisan atau informasi yang kurang jelas. Pastikan juga bahwa memo bisnis sudah memenuhi format yang baku dan formal.

Contoh Memo Bisnis

Berikut ini adalah contoh memo bisnis yang bisa kamu gunakan sebagai referensi:

Contoh Memo Bisnis 1

Header
Nomor Memo: 001
Tanggal: 1 Januari 2022
Penerima: Seluruh karyawan PT ABC

Salut
Halo Sobat Bisnis,

Pengantar
Dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan, kami dari PT ABC akan melakukan perubahan pada sistem kerja karyawan. Perubahan ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi dan penyempurnaan pada sistem kerja yang sudah ada.

Isi Memo
Perubahan akan dilakukan pada sistem kerja harian karyawan dengan menambahkan peran masing-masing karyawan pada setiap departemen. Setiap karyawan akan diberikan penugasan sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Kami berharap dengan perubahan ini, kinerja karyawan dan produktivitas perusahaan dapat meningkat.

Penutup
Untuk itu, kami meminta seluruh karyawan PT ABC untuk memahami dan menerima perubahan ini sebagai bentuk dukungan terhadap perusahaan. Kami akan memberikan pembekalan mengenai tugas dan tanggung jawab masing-masing karyawan di dalam departemen. Terima kasih atas perhatiannya.

Salut Penutup
Hormat kami,
Manajemen PT ABC

Contoh Memo Bisnis 2

Header
Nomor Memo: 002
Tanggal: 1 Februari 2022
Penerima: Bagian IT PT XYZ

Salut
Halo Sobat Bisnis,

Pengantar
Dalam rangka meningkatkan keamanan data perusahaan, kami dari PT XYZ akan melakukan perubahan pada jaringan komputer di seluruh kantor cabang. Perubahan ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi dan penyempurnaan pada sistem jaringan yang sudah ada.

Isi Memo
Perubahan akan dilakukan dengan mengaktifkan fitur keamanan dan memperbarui sistem jaringan yang sudah ada. Kami meminta seluruh anggota IT di seluruh kantor cabang untuk membantu dalam pembaruan sistem jaringan ini agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Penutup
Untuk itu, kami meminta bagian IT seluruh kantor cabang untuk memahami dan menerima perubahan ini sebagai bentuk dukungan terhadap keamanan data perusahaan. Kami akan memberikan pelatihan mengenai pembaruan sistem jaringan ini. Terima kasih atas perhatiannya.

Salut Penutup
Hormat kami,
Manajemen PT XYZ

FAQ tentang Memo Bisnis

1. Apa itu memo bisnis?

Memo bisnis adalah sebuah dokumen tertulis yang berisi pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh pengirim kepada penerima di dalam perusahaan. Memo bisnis biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai perubahan kebijakan, pengumuman penting, atau permintaan tindakan dari penerima. Memo bisnis dikirimkan melalui email atau surat dalam lingkungan bisnis.

2. Apa saja unsur-unsur memo bisnis?

Unsur-unsur memo bisnis meliputi header, salut, pengantar, isi memo, penutup, tanggal, dan salut penutup.

3. Bagaimana cara menulis memo bisnis yang baik?

Untuk menulis memo bisnis yang baik, kamu harus menentukan tujuan memo bisnis terlebih dahulu. Selain itu, judul memo bisnis harus jelas dan menarik, menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, sertakan informasi yang diperlukan, buat catatan akhir yang singkat, dan review kembali sebelum mengirim.

4. Apa saja contoh memo bisnis?

Contoh memo bisnis yang umum digunakan adalah memo bisnis mengenai perubahan kebijakan, pengumuman penting, atau permintaan tindakan dari penerima. Memo bisnis juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan masing-masing.

5. Apa manfaat dari memo bisnis?

Manfaat dari memo bisnis adalah untuk menyampaikan pesan atau informasi secara tertulis di dalam perusahaan dengan jelas dan padat. Memo bisnis juga bisa menjadi bahan referensi atau arsip penting di dalam perusahaan.

Video:Contoh Memo Bisnis