Contoh Makalah Study Kelayakan Bisnis

Hello Sobat Bisnis! Apakah kamu ingin memulai bisnis baru? Atau merencanakan pengembangan bisnis yang sudah ada? Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang contoh makalah study kelayakan bisnis. Ada 20 sub topik yang akan kita bahas, dan semoga bisa membantu kamu untuk mengevaluasi peluang bisnis yang ada.

1. Apa itu Makalah Study Kelayakan Bisnis?

Makalah study kelayakan bisnis adalah sebuah dokumen yang berisi analisis dan evaluasi tentang layak atau tidaknya suatu usaha atau bisnis dijalankan. Biasanya, dokumen ini digunakan sebagai panduan dan dasar dalam mengambil keputusan bisnis. Dokumen ini mencakup berbagai aspek, seperti potensi pasar, aspek keuangan, regulasi, risiko, dan sebagainya.

1.1 Potensi Pasar

Potensi pasar adalah salah satu aspek yang paling penting dalam makalah study kelayakan bisnis. Pada bagian ini, kita perlu menganalisis pasar yang akan dituju, seperti ukuran pasar, permintaan, persaingan, dan sebagainya. Penting untuk mengetahui potensi pasar untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan memiliki pangsa pasar yang cukup luas.

Sebagai contoh, jika kamu ingin membuka restoran Korea di Jakarta, kamu harus menganalisis potensi pasar restoran Korea di Jakarta. Kamu perlu menghitung jumlah restoran Korea yang sudah ada di Jakarta, melihat tren makanan Korea di Indonesia, dan sebagainya. Hal ini penting untuk mengetahui apakah bisnis restoran Korea layak untuk dijalankan di Jakarta.

1.2 Aspek Keuangan

Aspek keuangan juga merupakan bagian penting dalam makalah study kelayakan bisnis. Pada bagian ini, kita perlu menganalisis biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk menjalankan bisnis, seperti biaya produksi, biaya pemasaran, gaji karyawan, dan sebagainya. Kita juga perlu menghitung proyeksi laba dan rugi untuk mengetahui apakah bisnis tersebut menguntungkan.

Sebagai contoh, jika kamu ingin membuka toko baju online, kamu harus memperhitungkan biaya pembelian baju dari supplier, biaya pengiriman, biaya stok, dan biaya pemasaran. Setelah itu, kamu perlu menghitung harga jual yang tepat untuk menutupi semua biaya tersebut dan menghasilkan laba yang cukup. Hal ini penting untuk mengetahui apakah bisnis toko baju online layak untuk dijalankan atau tidak.

1.3 Regulasi

Aspek regulasi juga perlu diperhatikan dalam makalah study kelayakan bisnis. Pada bagian ini, kita perlu mempelajari aturan-aturan dan peraturan-peraturan yang berlaku di bidang bisnis yang akan dijalankan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa bisnis tersebut tidak melanggar hukum dan peraturan yang berlaku.

Sebagai contoh, jika kamu ingin membuka usaha minuman keras, kamu harus mempelajari aturan-aturan yang berlaku di bidang minuman keras, seperti izin yang diperlukan, batasan usia konsumen, dan sebagainya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa bisnis tersebut memenuhi persyaratan hukum dan tidak melanggar aturan yang berlaku.

1.4 Risiko

Aspek risiko juga perlu diperhatikan dalam makalah study kelayakan bisnis. Pada bagian ini, kita perlu mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko-risiko yang akan dihadapi dalam menjalankan bisnis, seperti risiko pasar, risiko keuangan, risiko regulasi, dan sebagainya. Hal ini penting untuk mempersiapkan strategi yang tepat dalam menghadapi risiko-risiko tersebut.

Sebagai contoh, jika kamu ingin membuka usaha perbankan, kamu harus memperhitungkan risiko-risiko yang akan dihadapi, seperti risiko kredit, risiko pasar, dan sebagainya. Hal ini penting untuk mempersiapkan strategi yang tepat dalam menghadapi risiko-risiko tersebut untuk memastikan kelangsungan bisnis yang baik.

2. Tujuan dari Makalah Study Kelayakan Bisnis

Tujuan dari makalah study kelayakan bisnis adalah untuk mengevaluasi apakah suatu bisnis layak atau tidak untuk dijalankan. Dokumen ini mencakup berbagai aspek, seperti potensi pasar, aspek keuangan, regulasi, risiko, dan sebagainya. Tujuan dari dokumen ini adalah untuk memberikan panduan dan dasar dalam pengambilan keputusan bisnis.

3. Manfaat dari Makalah Study Kelayakan Bisnis

Manfaat dari makalah study kelayakan bisnis adalah untuk membantu pengusaha dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih baik dan efektif. Dokumen ini dapat memberikan panduan dan dasar dalam memilih peluang bisnis yang tepat, menghindari risiko yang tidak perlu, dan mempersiapkan strategi yang lebih baik dalam menjalankan bisnis.

3.1 Memilih Peluang Bisnis yang Tepat

Dengan membuat makalah study kelayakan bisnis, pengusaha dapat menganalisis peluang bisnis yang ada dengan lebih baik. Dokumen ini dapat memberikan informasi tentang potensi pasar, tingkat persaingan, dan sebagainya, sehingga pengusaha dapat memilih peluang bisnis yang lebih tepat dan menguntungkan.

3.2 Menghindari Risiko yang Tidak Perlu

Dengan membuat makalah study kelayakan bisnis, pengusaha dapat mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko-risiko yang mungkin dihadapi dalam menjalankan bisnis. Dokumen ini dapat membantu pengusaha untuk menghindari risiko yang tidak perlu, dan membuat strategi yang tepat dalam menghadapi risiko-risiko tersebut.

3.3 Memperoleh Modal dari Investor

Makalah study kelayakan bisnis juga dapat menjadi alat yang efektif dalam memperoleh modal dari investor. Dokumen ini dapat memberikan informasi yang jelas dan terinci tentang peluang bisnis dan proyeksi keuangan, sehingga investor dapat lebih yakin dalam memberikan modal untuk bisnis yang dijalankan.

4. Langkah-Langkah dalam Membuat Makalah Study Kelayakan Bisnis

Terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam membuat makalah study kelayakan bisnis. Langkah-langkah tersebut antara lain:

4.1 Identifikasi Peluang Bisnis

Langkah pertama dalam membuat makalah study kelayakan bisnis adalah mengidentifikasi peluang bisnis yang ada. Pengusaha harus memahami pasar dan kesempatan yang ada sebelum memulai analisis bisnis yang lebih mendalam.

4.2 Analisis Pasar

Setelah mengidentifikasi peluang bisnis, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis pasar. Analisis pasar mencakup menganalisis ukuran pasar, permintaan, persaingan, dan sebagainya. Hal ini penting untuk mengetahui potensi pasar produk atau layanan yang akan ditawarkan.

4.3 Analisis Keuangan

Setelah melakukan analisis pasar, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis keuangan. Analisis keuangan mencakup menghitung biaya produksi, harga jual, proyeksi laba dan rugi, dan sebagainya. Hal ini penting untuk mengetahui apakah bisnis tersebut menguntungkan dan memenuhi persyaratan keuangan yang dibutuhkan.

4.4 Analisis Regulasi

Setelah melakukan analisis keuangan, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis regulasi. Analisis regulasi mencakup mempelajari aturan-aturan dan peraturan-peraturan yang berlaku di bidang bisnis yang akan dijalankan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa bisnis tersebut tidak melanggar hukum dan peraturan yang berlaku.

4.5 Analisis Risiko

Langkah terakhir dalam membuat makalah study kelayakan bisnis adalah melakukan analisis risiko. Analisis risiko mencakup mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko-risiko yang akan dihadapi dalam menjalankan bisnis, seperti risiko pasar, risiko keuangan, risiko regulasi, dan sebagainya. Hal ini penting untuk membuat strategi yang tepat dalam menghadapi risiko-risiko tersebut.

5. Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang contoh makalah study kelayakan bisnis. Dokumen ini dapat menjadi panduan dan dasar dalam pengambilan keputusan bisnis yang tepat dan efektif. Makalah study kelayakan bisnis mencakup berbagai aspek, seperti potensi pasar, aspek keuangan, regulasi, risiko, dan sebagainya. Melalui makalah study kelayakan bisnis, pengusaha dapat memilih peluang bisnis yang lebih tepat, menghindari risiko yang tidak perlu, dan mempersiapkan strategi yang lebih baik dalam menjalankan bisnis.

FAQ

No Pertanyaan Jawaban
1 Apa itu makalah study kelayakan bisnis? Makalah study kelayakan bisnis adalah sebuah dokumen yang berisi analisis dan evaluasi tentang layak atau tidaknya suatu usaha atau bisnis dijalankan.
2 Apa manfaat dari makalah study kelayakan bisnis? Manfaat dari makalah study kelayakan bisnis adalah untuk membantu pengusaha dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih baik dan efektif.
3 Apa saja langkah-langkah dalam membuat makalah study kelayakan bisnis? Langkah-langkah dalam membuat makalah study kelayakan bisnis antara lain identifikasi peluang bisnis, analisis pasar, analisis keuangan, analisis regulasi, dan analisis risiko.
4 Apa tujuan dari makalah study kelayakan bisnis? Tujuan dari makalah study kelayakan bisnis adalah untuk mengevaluasi apakah suatu bisnis layak atau tidak untuk dijalankan.

Video:Contoh Makalah Study Kelayakan Bisnis