Contoh dari Bisnis Startup

Halo Sobat Bisnis! Kali ini kita akan membahas tentang contoh bisnis startup yang dapat menginspirasi kamu untuk memulai bisnis dengan konsep yang inovatif. Bisnis startup merupakan bisnis yang menggunakan teknologi dan terus berkembang pesat di Indonesia. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Gojek

Gojek merupakan salah satu bisnis startup yang sukses di Indonesia. Gojek sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat Indonesia, khususnya di bidang transportasi online. Kamu dapat memesan transportasi mulai dari ojek, taksi, hingga mobil. Selain itu, Gojek juga memiliki fitur untuk memesan makanan, belanja kebutuhan sehari-hari, layanan kesehatan, dan masih banyak lagi.

Gojek didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim, seorang lulusan Universitas Harvard. Awalnya, Gojek hanya menyediakan jasa antar jemput menggunakan sepeda motor, namun kini Gojek telah menjadi unicorn di Indonesia.

Cara Kerja Gojek

Untuk menggunakan Gojek, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Gojek di smartphone kamu dan melakukan pendaftaran. Setelah itu, kamu dapat memesan layanan Gojek yang kamu inginkan. Kamu juga dapat membayar secara online atau tunai. Gojek memungkinkan kamu untuk melakukan perjalanan yang lebih praktis dan murah.

Keunggulan Gojek

Keunggulan Keterangan
Fitur lengkap Gojek memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan aktivitas sehari-hari, mulai dari transportasi hingga belanja online.
Harga terjangkau Gojek memberikan harga yang terjangkau dengan kualitas layanan yang baik.
Pilihan yang banyak Kamu dapat memilih layanan yang kamu inginkan, mulai dari ojek hingga layanan kesehatan.

2. Traveloka

Traveloka merupakan bisnis startup yang menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam memesan tiket pesawat, hotel, dan akomodasi lainnya. Traveloka didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang.

Saat ini, Traveloka telah berkembang ke beberapa negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Cara Kerja Traveloka

Untuk memesan tiket pesawat atau hotel melalui Traveloka, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Traveloka di smartphone kamu dan melakukan pendaftaran. Selanjutnya, kamu dapat memilih destinasi yang kamu inginkan dan memilih tiket pesawat atau hotel yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Traveloka juga menyediakan berbagai promo menarik untuk memudahkan perjalanan kamu.

Keunggulan Traveloka

Keunggulan Keterangan
Harga terbaik Traveloka memberikan harga tiket pesawat dan hotel yang terbaik dengan berbagai promo menarik.
Pilihan yang banyak Terdapat berbagai pilihan tiket pesawat dan hotel dari berbagai maskapai dan hotel.
Fitur lengkap Traveloka memiliki fitur lengkap untuk memudahkan perjalanan kamu, seperti fitur tambahan bagasi, check-in online, dan masih banyak lagi.

3. Tokopedia

Tokopedia merupakan bisnis startup marketplace terbesar di Indonesia. Tokopedia didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison.

Saat ini, Tokopedia telah menjadi salah satu unicorn di Indonesia dengan nilai valuasi diatas USD 10 miliar.

Cara Kerja Tokopedia

Untuk belanja di Tokopedia, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Tokopedia di smartphone kamu dan melakukan pendaftaran. Selanjutnya, kamu dapat mencari dan memilih produk yang kamu inginkan. Tokopedia memiliki sistem pembayaran yang aman dan memudahkan transaksi kamu.

Keunggulan Tokopedia

Keunggulan Keterangan
Produk lengkap Tokopedia menyediakan berbagai produk dari mulai fashion, elektronik, kebutuhan sehari-hari, dan masih banyak lagi.
Promo menarik Tokopedia sering memberikan promo menarik seperti diskon, cashback, dan gratis ongkir.
Jaminan keamanan Tokopedia memiliki sistem keamanan yang baik dan jaminan uang kembali jika terjadi masalah dengan produk yang kamu beli.

4. Ruangguru

Ruangguru merupakan bisnis startup yang bergerak di bidang edukasi online. Dalam aplikasi Ruangguru, kamu dapat belajar mulai dari SD hingga SMA dengan berbagai materi dan fitur yang lengkap.

Ruangguru didirikan pada tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman.

Cara Kerja Ruangguru

Untuk menggunakan Ruangguru, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Ruangguru di smartphone kamu dan melakukan pendaftaran. Selanjutnya, kamu dapat memilih pelajaran dan materi yang kamu inginkan. Ruangguru memiliki sistem pembelajaran yang lengkap dan memudahkan kamu untuk belajar kapan saja dan dimana saja.

Keunggulan Ruangguru

Keunggulan Keterangan
Fitur lengkap Ruangguru memiliki fitur lengkap untuk memudahkan kamu dalam belajar, mulai dari video pembelajaran, bank soal, hingga berbagai tes.
Tutor yang berkualitas Ruangguru memiliki tutor yang berkualitas dan memahami kebutuhan siswa.
Harga terjangkau Ruangguru memberikan harga yang terjangkau dengan kualitas pembelajaran yang baik.

5. Bukalapak

Bukalapak merupakan bisnis startup marketplace yang menjadi saingan Tokopedia di Indonesia. Bukalapak didirikan pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid.

Saat ini, Bukalapak sudah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif di Indonesia.

Cara Kerja Bukalapak

Untuk belanja di Bukalapak, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Bukalapak di smartphone kamu dan melakukan pendaftaran. Selanjutnya, kamu dapat mencari dan memilih produk yang kamu inginkan. Bukalapak juga memiliki sistem pembayaran yang aman dan memudahkan transaksi kamu.

Keunggulan Bukalapak

Keunggulan Keterangan
Promo menarik Bukalapak sering memberikan promo menarik seperti diskon, cashback, dan gratis ongkir.
Pilihan produk yang lengkap Bukalapak menyediakan berbagai produk dari mulai fashion, elektronik, kebutuhan sehari-hari, dan masih banyak lagi.
Jaminan keamanan Bukalapak memiliki sistem keamanan yang baik dan jaminan uang kembali jika terjadi masalah dengan produk yang kamu beli.

6. Ovo

Ovo merupakan bisnis startup yang bergerak di bidang layanan keuangan. Ovo awalnya dibuat untuk memudahkan pembayaran transportasi online Gojek, namun kini Ovo telah berkembang menjadi layanan keuangan yang lengkap.

Ovo didirikan pada tahun 2017 oleh Lippo Group dan memiliki lebih dari 10 juta pengguna di Indonesia.

Cara Kerja Ovo

Untuk menggunakan Ovo, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Ovo di smartphone kamu dan melakukan pendaftaran. Selanjutnya, kamu dapat mengisi saldo Ovo dan memanfaatkan berbagai fitur layanan keuangan seperti transfer uang, bayar tagihan, investasi, dan masih banyak lagi.

Keunggulan Ovo

Keunggulan Keterangan
Fitur lengkap Ovo memiliki fitur lengkap untuk memudahkan kamu dalam kegiatan keuangan, mulai dari transfer uang hingga investasi.
Promo menarik Ovo sering memberikan promo menarik seperti cashback dan diskon di berbagai merchant.
Keamanan yang baik Ovo memiliki sistem keamanan yang baik untuk melindungi informasi kamu.

7. Dana

Dana merupakan bisnis startup yang juga bergerak di bidang layanan keuangan. Dana didirikan pada tahun 2018 oleh Vincent Iswara, Benyamin Ismail, dan Gojek.

Saat ini, Dana telah berkembang pesat dengan lebih dari 4 juta pengguna di Indonesia.

Cara Kerja Dana

Untuk menggunakan Dana, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Dana di smartphone kamu dan melakukan pendaftaran. Selanjutnya, kamu dapat mengisi saldo Dana dan memanfaatkan berbagai fitur layanan keuangan seperti transfer uang, bayar tagihan, investasi, dan masih banyak lagi.

Keunggulan Dana

Keunggulan Keterangan
Fitur lengkap Dana memiliki fitur lengkap untuk memudahkan kamu dalam kegiatan keuangan, mulai dari transfer uang hingga investasi.
Promo menarik Dana sering memberikan promo menarik seperti cashback dan diskon di berbagai merchant.
Keamanan yang baik Dana memiliki sistem keamanan yang baik untuk melindungi informasi kamu.

8. Blibli

Blibli merupakan bisnis startup marketplace yang menjadi saingan Tokopedia dan Bukalapak di Indonesia. Blibli didirikan pada tahun 2010 oleh Kusumo Martanto.

Blibli menawarkan berbagai produk mulai dari fashion, elektronik, kebutuhan sehari-hari, hingga tiket pesawat dan hotel.

Cara Kerja Blibli

Untuk belanja di Blibli, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Blibli di smartphone kamu dan melakukan pendaftaran. Selanjutnya, kamu dapat mencari dan memilih produk yang kamu inginkan. Blibli juga memiliki sistem pembayaran yang aman dan memudahkan transaksi kamu.

Keunggulan Blibli

Keunggulan Keterangan
Produk lengkap Blibli menyediakan berbagai produk dari mulai fashion, elektronik, kebutuhan sehari-hari, tiket pesawat, dan masih banyak lagi.
Promo menarik Blibli sering memberikan promo menarik seperti diskon, cashback, dan gratis ongkir.
Jaminan keamanan Blibli memiliki sistem keamanan yang baik dan jaminan uang kembali jika terjadi masalah dengan produk yang kamu beli.

9. Tiket.com

Tiket.com merupakan bisnis startup yang bergerak di bidang jasa tiket online, seperti tiket pesawat, kereta, dan wahana wisata. Tiket.com didirikan pada tahun 2011 oleh Natali Ardianto dan Wenas Agusetiawan.

Saat ini, Tiket.com telah menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam memesan tiket online.

Cara Kerja Tiket.com

Untuk memesan tiket melalui Tiket.com, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Tiket.com di smartphone kamu dan melakukan pendaftaran. Selanjutnya, kamu dapat memilih destinasi dan jenis tiket yang kamu inginkan. Tiket.com juga menyediakan berbagai promo menarik untuk memudahkan perjalanan kamu.

Keunggulan Tiket.com

Keunggulan Keterangan
Harga terbaik Tiket.com memberikan harga tiket yang terbaik dengan berbagai promo menarik.
Pilihan tiket yang lengkap Terdapat berbagai pilihan tiket pesawat, kereta, dan wahana wisata.
Fitur lengkap Tiket.com memiliki fitur lengkap untuk memudahkan perjalanan kamu, seperti fitur tambahan bagasi, check-in online, dan masih banyak lagi.

10. Shopee

Shopee merupakan bisnis startup marketplace yang juga menjadi saingan Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli di Indonesia. Shopee didirikan pada tahun 2015 oleh Goh Yifan dan Forrest Li.

Shopee menawarkan berbagai produk mulai dari fashion, elektronik, kebutuhan sehari-hari, hingga tiket pesawat dan hotel.

Cara Kerja

Video:Contoh dari Bisnis Startup