Kiat Menjalankan Bisnis Lapangan Futsal: Contoh Bisnis Plan Lapangan Futsal

Salam Sobat Bisnis! Saat ini, industri olahraga semakin berkembang pesat di Indonesia. Hal ini didukung dengan makin banyaknya masyarakat yang memperhatikan gaya hidup sehat dan berolahraga secara rutin. Salah satu jenis olahraga yang cukup populer adalah futsal. Kegiatan ini bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan dengan membuat contoh bisnis plan lapangan futsal yang baik dan dapat diandalkan. Artikel ini akan membahas tentang kiat menjalankan bisnis lapangan futsal, termasuk contoh bisnis plan lapangan futsal. Yuk simak!

1. Menentukan Konsep Bisnis Lapangan Futsal

Sebelum memulai bisnis lapangan futsal, konsep bisnis harus dibuat terlebih dahulu. Konsep bisnis ini berisi detail tentang jenis usaha lapangan futsal yang ingin dijalankan, target pasar, serta strategi pemasaran yang akan dipakai. Konsep bisnis ini akan menentukan arah bisnis yang akan dijalankan. Dalam membuat konsep bisnis, Sobat Bisnis dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Menentukan jenis usaha lapangan futsal

Terdapat beberapa jenis usaha lapangan futsal, mulai dari lapangan futsal untuk anak-anak, lapangan futsal indoor, hingga lapangan futsal outdoor. Sobat Bisnis harus menentukan jenis usaha lapangan futsal yang akan dijalankan.

2. Menentukan target pasar

Setelah menentukan jenis usaha lapangan futsal yang akan dijalankan, Sobat Bisnis harus mengetahui target pasar yang ingin dijangkau. Apakah lapangan futsal ini ditujukan untuk anak-anak, remaja, atau dewasa? Apakah Sobat Bisnis ingin membuka lapangan futsal untuk kalangan umum atau khusus untuk perusahaan? Menentukan target pasar akan memudahkan dalam menentukan strategi pemasaran.

3. Menentukan strategi pemasaran

Dalam membuat contoh bisnis plan lapangan futsal, Sobat Bisnis harus memikirkan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan target pasar yang dituju. Apakah Sobat Bisnis akan menggunakan media sosial, brosur, atau word-of-mouth dalam mempromosikan bisnis lapangan futsal? Sobat Bisnis harus memikirkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien.

4. Menentukan harga sewa lapangan futsal

Setelah menentukan konsep bisnis lapangan futsal, Sobat Bisnis harus menentukan harga sewa lapangan futsal yang kompetitif. Harga sewa lapangan futsal harus disesuaikan dengan fasilitas dan lokasi lapangan futsal tersebut.

5. Menentukan lokasi bisnis lapangan futsal

Pemilihan lokasi bisnis lapangan futsal juga sangat penting. Sobat Bisnis harus memilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh target pasar. Lokasi yang strategis akan memudahkan dalam promosi dan menjaring pelanggan baru.

2. Membuat Analisis Pasar

Setelah menentukan konsep bisnis lapangan futsal, Sobat Bisnis harus membuat analisis pasar. Analisis pasar bertujuan untuk mengetahui potensi pasar, pesaing, dan bagaimana cara mencapai target pasar. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat analisis pasar:

1. Menentukan potensi pasar

Analisis pasar harus memperhitungkan jumlah dan karakteristik pasar potensial. Sobat Bisnis harus memperkirakan jumlah orang yang akan menggunakan lapangan futsal, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan mereka. Semakin detail analisis pasar, semakin mudah Sobat Bisnis menentukan strategi pemasaran.

2. Membuat analisis pesaing

Analisis pesaing adalah mempelajari pesaing bisnis lapangan futsal lainnya di sekitar lokasi bisnis. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam analisis pesaing antara lain: harga sewa lapangan futsal, fasilitas yang ditawarkan, dan strategi pemasaran pesaing.

3. Menyusun strategi pemasaran

Setelah mengetahui potensi pasar dan analisis pesaing, Sobat Bisnis harus membuat strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Sobat Bisnis dapat membuat strategi pemasaran online melalui media sosial atau menggunakan strategi pemasaran offline, seperti spanduk.

4. Menghitung biaya dan pendapatan

Analisis pasar juga harus memperhitungkan biaya dan pendapatan dalam menjalankan bisnis lapangan futsal. Sobat Bisnis harus memperhitungkan biaya sewa tempat, biaya listrik, biaya air, dan biaya operasional lainnya. Dari sisi pendapatan, Sobat Bisnis harus memperhitungkan pendapatan dari sewa lapangan futsal, penjualan makanan atau minuman, dan barang lain yang dijual di lapangan futsal.

3. Membuat Contoh Bisnis Plan Lapangan Futsal

Setelah menentukan konsep bisnis lapangan futsal dan membuat analisis pasar, Sobat Bisnis harus membuat contoh bisnis plan lapangan futsal yang baik dan dapat diandalkan. Contoh bisnis plan ini akan menjadi acuan Sobat Bisnis dalam menjalankan bisnis lapangan futsal. Berikut adalah beberapa bagian yang harus ada dalam contoh bisnis plan:

1. Executive Summary

Executive summary adalah bagian yang menjelaskan tentang bisnis lapangan futsal secara singkat. Bagian ini mencakup tujuan bisnis, produk atau jasa yang ditawarkan, target pasar, dan strategi pemasaran.

2. Business Description

Bagian ini berisi deskripsi bisnis lapangan futsal secara lebih detail. Bagian ini mencakup jenis usaha lapangan futsal, produk atau jasa yang ditawarkan, serta keunggulan bisnis lapangan futsal dibandingkan dengan pesaing.

3. Market Analysis

Market analysis berisi data dan informasi tentang pasar potensial, pesaing, dan strategi pemasaran. Bagian ini harus mempertimbangkan karakteristik demografis dan psikografis dari pasar potensial dan cara mengakses pasar potensial.

4. Organization and Management

Bagian ini berisi tentang bagaimana organisasi dan manajemen bisnis lapangan futsal akan dijalankan. Hal-hal yang dibahas antara lain struktur organisasi, peran dan tanggung jawab karyawan, serta manajemen keuangan.

5. Service or Product Line

Bagian ini menjelaskan tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis lapangan futsal. Bagian ini harus menjelaskan detail tentang fasilitas lapangan futsal yang disediakan, harga sewa lapangan futsal, dan produk atau jasa lain yang dijual di lapangan futsal.

6. Marketing and Sales

Bagian ini menjelaskan tentang strategi pemasaran dan penjualan yang akan digunakan oleh bisnis lapangan futsal. Bagian ini harus menjelaskan detail tentang media sosial, brosur, spanduk, atau strategi pemasaran offline lainnya yang akan digunakan untuk mempromosikan bisnis lapangan futsal.

7. Financial Projections

Bagian ini berisi tentang proyeksi keuangan bisnis lapangan futsal dalam jangka panjang. Bagian ini harus memperhitungkan biaya, pendapatan, laba, dan arus kas di masa depan.

4. Mengurus Izin Usaha Lapangan Futsal

Setelah membuat contoh bisnis plan lapangan futsal, Sobat Bisnis harus mengurus izin usaha lapangan futsal. Mengurus izin usaha lapangan futsal sangat penting agar bisnis dapat berjalan secara legal dan terhindar dari sanksi denda. Beberapa persyaratan untuk mengurus izin usaha lapangan futsal antara lain:

1. Memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

SIUP adalah izin usaha yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah di lingkungan Kabupaten/Kota sebagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap pelaku usaha.

2. Memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

SITU adalah izin yang diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk memeriksa kondisi dan kelengkapan gedung atau bangunan tempat usaha yang akan didirikan.

3. Memiliki Sertifikasi dari Asosiasi Futsal

Sertifikasi dari asosiasi futsal diperlukan untuk menjamin kualitas dan keselamatan fasilitas lapangan futsal. Sobat Bisnis dapat mendaftar menjadi anggota asosiasi futsal dan mengikuti pelatihan atau sertifikasi yang disediakan oleh asosiasi futsal.

4. Membayar Pajak

Sobat Bisnis harus membayar pajak yang terkait dengan bisnis lapangan futsal. Pajak yang harus dibayar antara lain pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penghasilan (PPh).

5. Menjaga Kualitas Fasilitas Lapangan Futsal

Untuk menjaga kepercayaan pelanggan, Sobat Bisnis harus menjaga kualitas fasilitas lapangan futsal. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain:

1. Membersihkan Lapangan Futsal Secara Rutin

Sobat Bisnis harus membersihkan lapangan futsal secara rutin untuk menjaga kualitas lapangan futsal. Membersihkan lapangan futsal dilakukan dengan menyapu, menyiram, dan mengeringkan lapangan futsal.

2. Menggunakan Perlatan Olahraga Berkualitas

Perlatan olahraga yang berkualitas akan membuat pelanggan nyaman ketika bermain futsal di lapangan futsal Sobat Bisnis. Sobat Bisnis harus membeli perlatan olahraga yang berkualitas untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pelanggan.

3. Menyediakan Fasilitas Tambahan

Sobat Bisnis dapat menyediakan fasilitas tambahan, seperti televisi, mesin kopi, atau wifi, untuk menarik pelanggan dan meningkatkan pelayanan.

4. Menjaga Keamanan Lapangan Futsal

Sobat Bisnis harus menjaga keamanan lapangan futsal dari segala kemungkinan. Sobat Bisnis dapat memasang CCTV, menempatkan penjaga pada malam hari, atau memasang pagar di sekitar lapangan futsal.

FAQ

  1. Apa saja yang harus ada dalam contoh bisnis plan lapangan futsal?

    Dalam contoh bisnis plan lapangan futsal harus terdapat executive summary, business description, market analysis, organization and management, service or product line, marketing and sales, dan financial projections.

  2. Bagaimana cara mengurus izin usaha lapangan futsal?

    Untuk mengurus izin usaha lapangan futsal, Sobat Bisnis harus memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), sertifikasi dari asosiasi futsal, dan membayar pajak terkait bisnis lapangan futsal.

  3. Bagaimana menjaga kualitas fasilitas lapangan futsal?

    Untuk menjaga kualitas fasilitas lapangan futsal, Sobat Bisnis harus membersihkan lapangan futsal secara rutin, menggunakan perlatan olahraga berkualitas, menyediakan fasilitas tambahan, dan menjaga keamanan lapangan futsal.

Kesimpulan

Membuat contoh bisnis plan lapangan futsal yang baik dan dapat diandalkan merupakan langkah awal untuk menjalankan bisnis lapangan futsal yang sukses. Dalam membuat contoh bisnis plan lapangan futsal, Sobat Bisnis harus memperhatikan konsep bisnis, analisis pasar, dan strategi pemasaran yang tepat. Sobat Bisnis juga harus mengurus izin usaha lapangan futsal dan menjaga kualitas fasilitas lapangan futsal untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Semoga artikel ini berguna bagi Sobat Bisnis yang ingin memulai bisnis lapangan futsal. Sukses selalu!

Video:Kiat Menjalankan Bisnis Lapangan Futsal: Contoh Bisnis Plan Lapangan Futsal