Sobat Bisnis! Cara Buat Akun IG Bisnis yang Sukses

Selamat datang di artikel kami yang akan membahas tentang cara buat akun IG bisnis dengan mudah dan efektif. Jika Anda ingin memulai bisnis online, Instagram adalah salah satu platform pemasaran yang wajib dimiliki. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat akun IG bisnis dan tips agar sukses mendapatkan followers dan penjualan yang banyak.

1. Langkah Awal untuk Membuat Akun IG Bisnis yang Sukses

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah mengetahui dan memahami brand bisnis Anda. Ketahui target pasar Anda dan pesan yang ingin disampaikan. Setelah itu, langkah awal dalam membuat akun IG bisnis adalah:

a. Download Aplikasi Instagram

Instagram tersedia dalam aplikasi mobile (iOS/Android). Unduh aplikasi tersebut dari Google Play atau App Store. Setelah itu, buka aplikasi Instagram.

b. Buat Akun Baru

Anda dapat membuat akun baru dengan alamat email atau akun Facebook. Pilih nama akun yang menarik dan mudah diingat.

c. Isi Informasi Akun Bisnis

Setelah membuat akun Instagram, isi dengan informasi yang relevan dengan bisnis Anda. Tambahkan nama bisnis, deskripsi bisnis, nomor telepon, dan alamat email. Jangan lupa tambahkan link website jika Anda sudah memiliki website bisnis.

d. Tambahkan Foto Profil dan Cover Story

Tambahkan foto profil dan cover story yang menarik. Pastikan desainnya relevan dengan brand bisnis Anda. Foto profil akan muncul di timeline dan pada penelusuran Instagram. Cover story merupakan cara untuk menampilkan fitur terbaru atau promo spesial melalui video atau foto yang beranting.

e. Tambahkan Link Website

Instagram memungkinkan pengguna untuk menambahkan satu link website pada bio. Tempatkan URL website Anda agar mudah ditemukan.

2. Tips untuk Meningkatkan Followers di Akun IG Bisnis Anda

Untuk menjadi akun Instagram bisnis yang sukses, Anda perlu memiliki followers banyak dan aktif. Berikut adalah tips untuk meningkatkan followers di akun IG bisnis Anda:

a. Gunakan Hashtag yang Relevan

Hashtag adalah cara terbaik untuk menjangkau audience yang lebih luas. Pastikan hashtag yang Anda gunakan relevan dengan bisnis Anda.

b. Gunakan Instagram Stories

Instagram Stories adalah cara yang efektif untuk menarik perhatian pengguna. Posting stories secara teratur dengan fitur-fitur yang menarik seperti poll, quiz, Gif dan lain sebagainya.

c. Posting Konten Berkualitas

Posting konten yang kreatif dan berkualitas tinggi akan lebih menarik calon follower. Pastikan konten tersebut menarik kemudian jangan lupa mengajak audience untuk ikuti akun bisnis Anda.

d. Ajak Teman Anda untuk Mengikuti Akun IG Bisnis Anda

Meminta teman-teman Anda untuk mengikuti akun bisnis Instagram Anda dapat lebih meningkatkan followers dengan mudah.

e. Gunakan Influencer untuk Meningkatkan Followers

Influencer Marketing merupakan strategi pemasaran yang efektif saat ini. Cari influencer yang relevan dengan bisnis Anda dan ajak mereka untuk posting dan tag akun Instagram bisnis Anda.

3. Mengoptimalkan Akun IG Bisnis Anda untuk Penjualan

Meningkatkan followers saja belum cukup. Anda perlu mengefektifkan akun IG bisnis Anda agar dapat menghasilkan penjualan. Berikut adalah tips untuk meningkatkan penjualan dari akun IG bisnis Anda:

a. Gunakan Instagram Shopping

Instagram Shopping memungkinkan pengguna untuk melihat produk yang dijual dalam satu klik. Pastikan semua produk yang dijual terdaftar dalam Instagram Shopping.

b. Gunakan Bio untuk Melakukan Promosi

Bio bisa digunakan untuk menampilkan informasi produk, promo, atau konten lainnya. Pastikan detail informasi singkat dan jelas.

c. Posting Ulasan Produk dari Pelanggan

Minta pelanggan mengirimkan ulasan produk kepada Anda dan posting pada akun IG bisnis Anda. Hal ini bisa menarik perhatian calon konsumen.

d. Gunakan call-to-action (CTA) dalam setiap postingan Anda

Call-to-action (CTA) adalah ajakan kepada audience untuk melakukan suatu aksi seperti klik link atau beli produk. Pastikan CTA Anda mudah dipahami dan disesuaikan dengan postingan Anda.

e. Posting Produk Secara Reguler

Posting produk secara teratur dan terjadwal dapat meningkatkan minat konsumen dan membuat mereka lebih aktif di akun IG bisnis Anda.

4. FAQ Mengenai Cara Buat Akun IG Bisnis yang Sukses

Pertanyaan Jawaban
Bisakah saya membuat akun IG bisnis dengan menggunakan profil pribadi? Ya, bisa. Namun, dengan menggunakan akun IG bisnis kamu bisa mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap.
Apakah wajib menggunakan Instagram Shopping jika ingin menjual produk? Tidak wajib, namun ini akan mempermudah konsumen untuk melihat produk yang kamu jual.
Berapa banyak hashtag yang saya harus gunakan di setiap postingan? Instagram membatasi penggunaan 30 hashtag di setiap postingan. Namun kami sarankan gunakan maksimum 5-10 hashtag saja.

Sobat Bisnis, itulah panduan lengkap tentang cara buat akun IG bisnis yang sukses. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan tips yang kami berikan, kamu dapat memaksimalkan potensi Instagram sebagai platform pemasaran bisnis Anda. Selamat mencoba!

Video:Sobat Bisnis! Cara Buat Akun IG Bisnis yang Sukses