PortalEkonomi :Hubungi Call Center JNE dengan Cara Berikut!

Jika Anda sering menggunakan ekspedisi JNE maka Anda hanya perlu menghubungi call center JNE ketika mengalami masalah seputar pengiriman barang. JNE sendiri sebenarnya merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 1990 yang melayani masyarakat dalam pelayanan kepabeanan, khususnya impor.

Perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran dan logistik ini memang cukup terkenal di Indonesia dan sering dijadikan sebagai salah satu pilihan terbaik untuk transaksi jual beli online. Produk dan layanan dari JNE juga sangat bervariasi mulai dari JNE Express, JNE Logistics hingga JNE Freight.

Jika Anda ingin berbelanja online, saat checkout biasanya Anda akan diminta untuk memilih ekspedisi untuk pengiriman barang. Ada begitu banyak e-commerce yang menggunakan jasa ekspedisi JNE karena sudah berpengalaman dan jarang juga mengalami kendala meski selalu menggunakan JNE, bukan?

lalu bagaimana jika tiba-tiba barang tidak sampai meski sudah melewati perkiraan waktu pengiriman? Selain menghubungi call center JNE , Anda sebenarnya bisa terlebih dahulu melakukan tracking via online untuk mengetahui keberadaan barang tersebut. Namun pada artikel kali ini kita memang akan membahas cara-cara untuk terhubung dengan CS JNE.

Periksa Tanda Terima Menggunakan Situs Lain

Ketika Anda berbelanja online, Anda biasanya dapat melihat nomor tanda terima yang tercantum dan Anda dapat memeriksa nomor tanda terima. Meskipun sebenarnya di e-commerce sudah terlihat proses pengiriman barang-barang tersebut sudah sampai ke mana-mana dan lain-lain.

Namun terkadang ada beberapa kendala yang menyebabkan pelacakan pada nomor resi di e-commerce tidak diperbarui. Dari sana Anda dapat memeriksa menggunakan situs web resmi JNE.  Namun jika situs resmi juga belum update atau mengalami masalah teknis maka Anda bisa menggunakan situs cek struk lainnya.

Beberapa situs pemeriksaan tanda terima yang direkomendasikan untuk digunakan adalah resi.id yaitu, dengan membuka halaman utama situs resi.id kemudian ketik tanda terima pada paket Anda, tekan enter dan kemudian ikuti instruksi berikutnya. Akan muncul status paket Anda atau Anda juga dapat memeriksa di situs lain seperti:

  1. com
  2. id
  3. com

Jika Anda telah memeriksa di berbagai situs pemeriksaan tanda terima tetapi Anda masih tidak dapat melihat perpanjangan status paket Anda maka Anda dapat menghubungi call center JNE.  Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengajukan keluhan atau hanya mencari informasi tentang pengiriman paket.

Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara untuk terhubung langsung ke customer service JNE, yaitu melalui alamat email yang tertera, menghubungi akun media sosial JNE dan melalui layanan hotline atau nomor telepon yang telah disediakan. Anda bahkan dapat mengunjungi halaman Ask Joni untuk datang langsung ke kantor pusat.

Hubungi Call Center JNE Melalui Email

Cara yang satu ini sering dilakukan karena lebih sederhana karena Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Jadi Anda hanya perlu mengirim email ke alamat email resmi JNE, yang customercare@jne.co.id tentang keluhan yang ingin Anda sampaikan dan tipnya adalah mengirimkannya dalam format yang benar.

Saat mengirim email jangan biarkan bagian subjek kosong, format yang benar adalah subjek konten dengan keluhan seperti “paket bermasalah” kemudian pada isi email isi deskripsi atau penjelasan yang jelas tentang hambatan yang Anda hadapi. Anda harus menggunakan daftar apa saja hambatannya sehingga mudah dipahami oleh CS.

Di bagian deskripsi jangan lupa untuk melampirkan nama penerima, nama pengirim dan nomor ponsel yang aktif. Anda juga dapat melampirkan foto jika perlu sebagai bukti bahwa Anda memang mengalami masalah dengan paket yang dikirim. Jadi anda tidak perlu menghubungi  call center  JNE di layanan hotline, anda bisa melakukannya melalui email terlebih dahulu.

Setelah mengirim email, Anda hanya perlu menunggu balasan dari layanan pelanggan di mana panjangnya tergantung pada antrian. Bisa jadi dalam beberapa menit, email Anda bisa dibaca dan dibalas oleh admin. Anda mungkin juga harus menunggu beberapa jam atau beberapa hari.

Direct Message Melalui Akun Media Sosial JNE

Selain cara-cara di atas, yaitu mengirimkan keluhan melalui alamat email yang tertera, Anda juga bisa mengirim pesan melalui media sosial JNE. namun pastikan terlebih dahulu bahwa pesan ke media sosial JNE benar-benar akun media sosial resmi. Bahkan dilaporkan membuat keluhan melalui akun media sosial lebih cepat daripada email.

Akun media sosial resmi JNE adalah Facebook @JNEpusat, Twitter @JNE_id dan Instagram @jne_id. Perlu diingat bahwa call center JNE di akun media sosial terdiri dari tiga akun, yaitu Facebook, Twitter dan Instagram sehingga sisanya membuka akun media sosial resmi JNE sehingga Anda perlu berhati-hati.

Apalagi baru-baru ini marah sekali akumulasi atas nama perusahaan atau ekspedisi tertentu. Jadi pastikan betul bahwa akun media sosial tersebut merupakan akun resmi dari JNE untuk meminimalisir kejadian kejadian yang tidak diinginkan. Lalu bagaimana cara menyampaikan keluhan melalui akun media sosial?

Anda hanya perlu mengirim pesan ke salah satu akun media sosial resmi dan formatnya dapat disamakan dengan mengirim keluhan melalui email. Anda perlu melampirkan nama pengirim, nama penerima, nomor resi dan nomor ponsel yang masih aktif dan memberikan beberapa penjelasan tentang kendala yang terjadi.

Akses Call Center JNE di Situs Ask Joni

Opsi selanjutnya adalah melalui laman Ask Joni.  Situs yang satu ini merupakan halaman khusus yang disediakan oleh JNE agar pelanggan atau customer dapat menyampaikan kendala dengan lebih mudah. Cara membuat pengaduan di laman Ask Joni juga sangat mudah, yaitu:

  1. Langkah pertama adalah masuk ke halaman Ask Joni di https://www.jne.co.id/id/hubungi-kami/ask-joni
  2. Kemudian Anda dapat mengisi data yang diperlukan seperti nama, alamat dan nomor ponsel
  3. Di bidang subjek Anda dapat memilih layanan pelanggan
  4. Di kolom pesan, Anda dapat mengisi atau menceritakan keluhan yang sedang dialami.
  5. Kemudian klik kirim pesan

Seperti ketika Anda menghubungi layanan call center melalui email atau akun media sosial j&t maka pastikan Anda juga telah menginput nomor resi, nama pengirim dan nama penerima sehingga JNE dapat melacak atau mengecek lokasi paket. Mengenai tanggapan dari situs Ask Joni, Anda bisa mendapatkan balasan dari nomor ponsel yang diinput.

Itu sebabnya di kolom nomor ponsel, isi nomor yang masih aktif atau nomor yang digunakan saat mengirim paket untuk memudahkan JNE menelepon kembali. Sebenarnya selain dengan cara di atas Anda juga bisa menghubungi call center JNE melalui layanan hotline atau melakukan panggilan telepon secara langsung.

Nomor hotline dari JNE adalah 021 29278888 di mana Anda dapat menghubungi nomor dan menunggu sampai ada operator yang menjawab panggilan dan kemudian menekan tombol ekstensi untuk terhubung ke bagian penanganan. Kemudian Anda dapat berkomunikasi dua arah melalui layanan hotline.

Namun sayangnya mengapa layanan hotline jarang digunakan karena jika Anda melakukan panggilan langsung pada nomor yang tertera maka bisa dikenakan biaya telepon tergantung pada provider yang digunakan.  Tidak mengherankan jika konsumen lebih memilih untuk mengadu ke call center JNE melalui email atau akun media sosial.

Selengkapnya