Buatlah Contoh Bisnis dengan 5W 1H

Haloo Sobat Bisnis! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat contoh bisnis dengan menggunakan 5W 1H. Konsep 5W 1H adalah singkatan dari What, Why, Where, When, Who, and How. Dengan menggunakan konsep ini, kita dapat membuat bisnis plan yang jelas dan terstruktur dengan baik. Selain itu, 5W 1H juga sangat membantu dalam mengidentifikasi masalah dan menemukan solusinya. Yuk, kita cek cara-cara membuat contoh bisnis dengan 5W 1H!

1. Apa yang akan dibuat?

Tahap pertama dalam membuat bisnis plan adalah mengidentifikasi produk atau jasa apa yang akan kita tawarkan. Kita perlu memiliki ide bisnis yang jelas dan spesifik agar bisa membuat strategi yang tepat. Misalnya, kita ingin membuat bisnis kuliner, maka kita perlu menentukan jenis makanan atau minuman yang akan ditawarkan, seperti kue, makanan ringan, atau minuman kopi.

Contoh:

No. Produk/jasa
1 Kue Basah
2 Roti Bakar
3 Espresso

2. Mengapa harus membuat bisnis ini?

Setelah menentukan produk atau jasa, kita perlu mencari alasan mengapa kita harus membuat bisnis ini. Mengetahui alasan tersebut akan membantu dalam menentukan tujuan dan sasarannya. Ada beberapa alasan yang bisa menjadi dasar pembuatan bisnis, misalnya ingin memperoleh keuntungan, meningkatkan kualitas hidup, atau membantu masyarakat.

FAQ:

  • Q: Apakah tujuan bisnis harus selalu berkaitan dengan keuntungan finansial?
  • A: Tidak selalu. Tujuan bisnis dapat berbeda-beda tergantung pada kebutuhan dan tujuan individu atau tim.

3. Dimana bisnis akan beroperasi?

Lokasi bisnis sangat penting untuk menentukan target pasar dan strategi pemasaran. Kita perlu memilih lokasi yang strategis dan mudah diakses oleh calon konsumen. Selain itu, kita juga perlu mempertimbangkan fasilitas yang dibutuhkan, seperti listrik, air, dan akses internet.

Contoh:

No. Lokasi Fasilitas
1 Toko Listrik, air, internet
2 Warung Tenda Listrik, air, bahan bakar generator
3 Online Shop Internet, paket data

4. Kapan bisnis akan berjalan?

Tentukan waktu yang tepat untuk memulai bisnis. Kita perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti musim, trend, dan perencanaan promosi. Misalnya, jika kita ingin membuka bisnis kue basah, maka tepatnya waktu yang dimulai pada saat lebaran.

FAQ:

  • Q: Apakah kita perlu membuat jadwal khusus untuk memulai bisnis?
  • A: Ya, sangat penting untuk membuat jadwal dan mengikuti perencanaan dengan baik agar bisnis bisa berjalan dengan optimal.

5. Siapa yang akan menjadi konsumen?

Menentukan target pasar sangat penting dalam bisnis. Kita perlu memahami siapa calon konsumen kita, apa kebutuhannya, dan bagaimana cara menjangkaunya. Target pasar yang jelas akan mempermudah kita dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Contoh:

No. Target Pasar Kebutuhan Promosi
1 Mahasiswa Makanan murah Promosi via medsos
2 Karyawan Makanan cepat saji Promosi via billboard
3 Ibu Rumah Tangga Bahan masakan Promosi via katalog

6. Bagaimana cara membuat dan menjalankan bisnis?

Tahap terakhir dalam membuat contoh bisnis dengan 5W 1H adalah menentukan cara menjalankan bisnis. Kita perlu membuat strategi pemasaran yang tepat agar bisnis bisa berjalan dengan sukses. Selain itu, kita juga perlu mengatur keuangan dan manajemen sumber daya manusia dengan baik.

FAQ:

  • Q: Apakah perlu mempertimbangkan persaingan bisnis?
  • A: Ya, sangat penting untuk mempertimbangkan persaingan bisnis agar kita bisa beradaptasi dan membuat strategi yang tepat.

Sekian informasi tentang cara membuat contoh bisnis dengan 5W 1H dari kami. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu Sobat Bisnis dalam mengembangkan bisnisnya. Jangan lupa untuk terus belajar dan berinovasi dalam bisnis! Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Video:Buatlah Contoh Bisnis dengan 5W 1H