Buat Akun Youtube Bisnis untuk Sobat Bisnis

Buat Akun Youtube Bisnis – Jurnal Bisnis

Halo Sobat Bisnis! Jika kamu sedang mencari cara untuk memperluas jangkauan bisnismu, membuat akun youtube bisa jadi salah satu solusinya. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat akun youtube bisnis mulai dari awal hingga dapat menghasilkan penghasilan yang signifikan. Mari kita mulai!

Pertama-tama, Persiapkan Diri dan Bisnismu

Sebelum kamu memulai membuat akun youtube, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu:

  1. Periksa kembali kualitas produk atau layanan bisnismu, pastikan kualitasnya memenuhi standar industri.
  2. Tentukan sasaran dan target pasar yang jelas, yang kemudian akan mempengaruhi isi konten youtube kamu.
  3. Carilah tempat yang nyaman untuk merekam video, dengan cahaya yang cukup dan tidak ada gangguan suara yang berlebihan.
  4. Sediakan kamera yang cukup baik atau smartphone dengan kualitas video yang baik.

1. Periksa kembali kualitas produk atau layanan bisnismu

Kualitas produk atau layanan bisnismu adalah kunci utama keberhasilan bisnis. Oleh karena itu, pastikan produk atau layanan bisnismu memiliki kualitas yang memenuhi standar industri. Ingat, produk yang bagus dan berkualitas akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Produk berkualitas bisa mempengaruhi jumlah pemirsa yang menonton video kamu. Jika kualitas produkmu baik, orang-orang akan tertarik untuk mengetahui lebih detail lagi tentang produkmu. Hal ini tentu saja memberikan kamu kesempatan untuk mempromosikan produkmu dengan cara yang menyenangkan.

2. Tentukan sasaran dan target pasar yang jelas

Tentukan sasaran dan target pasar yang jelas. Hal ini akan membantumu menentukan jenis konten Youtube yang akan kamu buat dan gaya presentasi yang akan kamu gunakan. Kamu harus menyesuaikan tema konten dengan target pasar yang ingin kamu capai.

Setelah kamu menentukan target pasarmu, jangan lupa untuk membuat video yang menarik perhatian target pasar tersebut agar mereka tertarik untuk berkunjung ke bisnismu. Kamu bisa mencari referensi konten dari channel Youtube yang sudah sukses untuk menginspirasi kontenmu.

3. Carilah tempat yang nyaman untuk merekam video

Sebaiknya kamu mencari lokasi yang nyaman dan bebas gangguan untuk merekam video kamu. Lokasi yang tenang dan terang memiliki potensi lebih tinggi untuk menghasilkan video yang lebih baik. Hal ini tentu saja membuat video kamu menjadi lebih profesional.

Usahakan juga untuk mencari tempat yang memungkinkan kamu merekam video dengan pencahayaan yang cukup. Video yang gelap dan pengap tentu tidak akan menarik minat pemirsa. Lebih baik mencari lokasi yang memberi kesan lebih profesional dan menarik bagi pemirsa.

4. Sediakan kamera yang cukup baik atau smartphone dengan kualitas video yang baik

Kamera smartphone yang berkualitas tinggi sudah dapat menghasilkan video berkualitas yang tinggi juga. Oleh karena itu, sekarang ini sudah tidak perlu lagi membeli kamera profesional untuk membuat video Youtube. Meski begitu, jika kamu memiliki anggaran lebih, membeli kamera DSLR atau kamera mirrorless bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Langkah-Langkah Membuat Akun Youtube Bisnis

Setelah kamu mempersiapkan dirimu dan bisnis, selanjutnya kita akan membahas cara membuat akun youtube bisnis. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka halaman YouTube

Buka halaman YouTube dan klik tombol “Sign in” untuk masuk ke akun Google yang kamu gunakan untuk membuat akun YouTube. Jika kamu belum memiliki akun Google, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Ingat, kamu harus menggunakannya untuk login ke akun YouTube nantinya.

2. Buat Channel

Setelah kamu login ke akun Google, klik ikon profil kamu di pojok kanan atas halaman dan klik “Create a Channel”.

Berikan nama channel yang sesuai dengan nama bisnismu. Kemudian, isi deskripsi dan tambahkan foto profil dan cover yang terlihat profesional. Pastikan juga nama dan deskripsi channelmu sesuai dengan jenis bisnismu.

Setelah mengisi informasi channel, kamu sudah siap untuk memulai membuat konten dan menampilkan bisnismu!

3. Buat Konten

Jangan lupa untuk membuat konten yang menarik dan informatif. Kamu bisa membahas produk atau layanan yang kamu tawarkan atau mengulas hal-hal yang berkaitan dengan bisnis kamu. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang berguna untuk calon pelanggan agar mereka tertarik untuk berkunjung ke bisnismu.

Kamu juga bisa menambahkan produk kamu ke dalam video atau memperlihatkannya agar lebih menarik. Ingat, video yang menarik perhatian pemirsa akan meningkatkan jumlah pembelian produk kamu.

Mengoptimalkan Video Kamu

Setelah kamu membuat video, ada beberapa cara untuk meningkatkan jangkauan video kamu:

1. Gunakan SEO untuk Youtube

Optimasi mesin pencari Youtube (SEO) adalah kunci utama dalam meningkatkan jangkauan video kamu. Untuk melakukan ini, gunakan kata kunci yang relevan dengan konten yang kamu buat dalam deskripsi, tag, dan judul video kamu.

Ingat, kata kunci yang terlalu umum akan menghasilkan hasil pencarian yang tidak relevan. Sebaliknya, kata kunci yang relevan dengan konten kamu akan meningkatkan jangkauan.

2. Promosikan Video Kamu di Media Sosial

Gunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter untuk mempromosikan video kamu. Dengan menampilkan video kamu di media sosial, teman-teman kamu akan waspada dan tertarik untuk berkunjung ke channel kamu.

3. Gunakan Thumbnail yang Menarik

Thumbnail yang menarik akan membuat pemirsa tertarik untuk melihat video kamu. Gunakan thumbnail yang terlihat profesional dan dengan kata-kata yang menarik. Thumbnail harus sesuai dengan konten video kamu agar pemirsa tidak kecewa.

Berbisnis dengan Youtube

Sekarang kamu sudah memiliki akun Youtube bisnis, selanjutnya bagaimana cara menghasilkan uang dari akun tersebut? Berikut beberapa cara untuk menghasilkan uang dari akun Youtube kamu:

1. Bergabung dengan Program Kemitraan Youtube

Program kemitraan Youtube adalah program yang memungkinkan kamu untuk memonetisasi konten dan menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan sebelum atau selama video kamu. Untuk bergabung dengan program ini, kamu harus memenuhi persyaratan tertentu seperti jumlah subscriber dan jumlah tayangan video.

2. Penjualan Produk atau Jasa Kamu

Kamu bisa mempromosikan produk atau jasa bisnismu di video kamu dan menjualnya langsung ke pemirsa. Hal ini bisa meningkatkan penjualan produk atau jasa kamu.

3. Kolaborasi dengan Brand

Brand-brand besar sering bekerja sama dengan pemilik channel Youtube dengan jangkauan yang besar untuk mempromosikan produk mereka. Jika channel kamu memiliki jumlah pemirsa yang cukup besar, kamu bisa bergabung dengan program kolaborasi brand tersebut.

FAQ tentang Buat Akun Youtube Bisnis

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang membuat akun Youtube bisnis.

1. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat akun Youtube bisnis?

Membuat akun Youtube bisnis tidak memerlukan biaya sepeser pun. Kamu hanya memerlukan kamera atau smartphone untuk merekam video kamu.

2. Apa saja keuntungan membuat akun Youtube bisnis?

Akun Youtube bisnis memungkinkan kamu untuk memperluas jangkauan bisnismu, meningkatkan penjualan produk atau jasa kamu, dan memperlihatkan produk atau jasa kamu kepada lebih banyak orang.

3. Apa cara terbaik untuk meningkatkan jumlah pelanggan di akun Youtube bisnis?

Cara terbaik untuk meningkatkan jumlah pelanggan adalah dengan memproduksi konten yang berkualitas tinggi dan memberikan informasi yang berguna dan relevan untuk calon pelanggan kamu. Jangan lupa untuk mengoptimasi video kamu dengan SEO dan thumbnail yang menarik.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kamu telah mempelajari cara membuat akun youtube bisnis dan menghasilkan uang dari akun tersebut. Dengan persiapan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat memperluas jangkauan bisnismu dan meningkatkan penjualan kamu. Selalu ingat untuk memproduksi konten yang berkualitas tinggi dan relevan dengan target pasar kamu agar lebih banyak orang tertarik untuk berkunjung ke bisnismu.

Video:Buat Akun Youtube Bisnis untuk Sobat Bisnis