Buat Akun Bisnis WA: Panduan Lengkap untuk Sobat Bisnis

Halo Sobat Bisnis! Apakah kalian ingin memperluas jangkauan bisnis dan mendapatkan lebih banyak pelanggan? Jika ya, membuat akun bisnis di WhatsApp bisa menjadi solusi yang tepat. WhatsApp adalah salah satu platform pesan instan terpopuler di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan. Dengan memanfaatkan fitur bisnis WhatsApp, Sobat Bisnis dapat mempromosikan produk dan layanan, menerima pesanan, serta berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih mudah dan efisien.

Apa itu Akun Bisnis WA?

Sebelum memulai, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu akun bisnis WhatsApp. Akun bisnis WA adalah versi WhatsApp yang ditujukan untuk pelaku bisnis yang ingin memanfaatkan platform ini sebagai sarana pemasaran dan komunikasi dengan pelanggan. Akun bisnis memiliki fitur-fitur khusus yang tidak tersedia pada versi reguler WhatsApp, seperti profil bisnis, pesan otomatis, label pesan, dan statistik pesan.

Untuk memulai menggunakan fitur bisnis WhatsApp, Sobat Bisnis harus terlebih dahulu membuat akun bisnis atau mengubah akun WhatsApp reguler menjadi akun bisnis. Bagaimana caranya? Simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Akun Bisnis WA

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat akun bisnis di WhatsApp:

No Langkah-langkah
1 Unduh dan instal aplikasi WhatsApp Business di smartphone Sobat Bisnis. Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store atau App Store.
2 Buka aplikasi WhatsApp Business dan ikuti petunjuk untuk memverifikasi nomor telepon Sobat Bisnis.
3 Isi profil bisnis dengan informasi lengkap tentang bisnis Sobat Bisnis, seperti nama bisnis, logo, deskripsi, alamat, jam operasional, dan website.
4 Tambahkan nomor telepon kantor atau gawai lainnya jika Sobat Bisnis ingin menggunakan WhatsApp Business di beberapa perangkat sekaligus.
5 Aktifkan pesan otomatis untuk memberi respons cepat kepada pelanggan yang mengirimkan pesan di luar jam operasional atau saat Sobat Bisnis sedang sibuk.
6 Atur label pesan untuk memudahkan pengelolaan pesan dari pelanggan, misalnya “Baru”, “Diproses”, “Dikirim”, atau “Selesai”.
7 Promosikan nomor WhatsApp bisnis di media sosial, website, brosur, atau kartu nama agar pelanggan dapat dengan mudah menghubungi Sobat Bisnis melalui WhatsApp.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Bisnis telah berhasil membuat akun bisnis di WhatsApp. Selanjutnya, Sobat Bisnis dapat mulai memanfaatkan fitur-fitur bisnis WhatsApp untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas bisnis.

Fitur Bisnis WA yang Harus Sobat Bisnis Ketahui

WhatsApp Business memiliki beberapa fitur khusus yang sangat bermanfaat untuk kegiatan bisnis, di antaranya:

1. Profil Bisnis

Profil bisnis memungkinkan Sobat Bisnis untuk menampilkan informasi penting tentang bisnis, seperti nama, logo, deskripsi, alamat, jam operasional, dan website. Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui lebih banyak tentang bisnis Sobat Bisnis dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

2. Pesan Otomatis

Pesan otomatis memungkinkan Sobat Bisnis untuk memberi respons cepat kepada pelanggan yang mengirimkan pesan di luar jam operasional atau saat Sobat Bisnis sedang sibuk. Sobat Bisnis dapat membuat pesan otomatis yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, seperti pesan selamat datang, pesan nasehat, atau pesan balasan cepat.

3. Label Pesan

Label pesan memungkinkan Sobat Bisnis untuk mengelompokkan pesan dari pelanggan berdasarkan status, misalnya “Baru”, “Diproses”, “Dikirim”, atau “Selesai”. Fitur ini sangat membantu Sobat Bisnis dalam mengorganisir pesan dan mencegah terjadinya kekacauan dalam sistem manajemen pesan.

4. Statistik Pesan

Statistik pesan memungkinkan Sobat Bisnis untuk melihat berapa banyak pesan yang telah terkirim, diterima, dan dibaca oleh pelanggan. Hal ini akan membantu Sobat Bisnis untuk mengevaluasi efektivitas kampanye pemasaran dan meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Akun Bisnis WA

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang akun bisnis WhatsApp:

1. Apakah WhatsApp Business berbeda dengan WhatsApp reguler?

Ya, WhatsApp Business memiliki fitur-fitur khusus yang tidak tersedia pada WhatsApp reguler, seperti profil bisnis, pesan otomatis, label pesan, dan statistik pesan. WhatsApp Business juga dirancang khusus untuk pelaku bisnis yang ingin memanfaatkan platform ini sebagai sarana pemasaran dan komunikasi dengan pelanggan.

2. Apakah WhatsApp Business berbayar?

Tidak. WhatsApp Business adalah aplikasi gratis yang dapat diunduh dan digunakan oleh siapa saja.

3. Apakah nomor telepon untuk WhatsApp Business harus berbeda dengan nomor telepon untuk WhatsApp reguler?

Tidak. Sobat Bisnis dapat menggunakan nomor telepon yang sama untuk WhatsApp Business dan WhatsApp reguler. Namun, jika Sobat Bisnis ingin menggunakan kedua aplikasi tersebut di satu perangkat yang sama, Sobat Bisnis harus menggunakan nomor telepon yang berbeda untuk setiap aplikasi.

4. Apakah pelanggan bisa menghubungi akun bisnis WhatsApp 24 jam?

Ya, pelanggan dapat menghubungi akun bisnis WhatsApp kapan saja. Namun, Sobat Bisnis dapat membatasi jam operasional dan menggunakan pesan otomatis untuk memberi respons cepat kepada pelanggan di luar jam operasional atau saat Sobat Bisnis sedang sibuk.

5. Bagaimana cara menghubungi layanan dukungan WhatsApp Business?

Anda dapat menghubungi layanan dukungan WhatsApp Business melalui halaman Bantuan di aplikasi, atau mengirim email ke alamat support@whatsapp.com.

Kesimpulan

Dengan menggunakan fitur bisnis WhatsApp, Sobat Bisnis dapat memperluas jangkauan bisnis, meningkatkan efektivitas dan produktivitas, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan. Untuk memulai, Sobat Bisnis harus membuat akun bisnis WhatsApp dan memanfaatkan fitur-fitur khusus yang tersedia, seperti profil bisnis, pesan otomatis, label pesan, dan statistik pesan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas layanan dan komunikasi yang baik dengan pelanggan agar bisnis Sobat Bisnis semakin sukses dan berkembang pesat.

Video:Buat Akun Bisnis WA: Panduan Lengkap untuk Sobat Bisnis