Bisnis Rumahan yang Menjanjikan di Tahun 2020

Halo Sobat Bisnis! Apakah kamu sedang mencari ide untuk memulai bisnis di rumah? Tahun 2020 masih menyisakan waktu yang cukup panjang untuk membangun bisnis yang menjanjikan. Berikut ini adalah 20 ide bisnis rumahan yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner masih menjadi pilihan yang menjanjikan di tahun 2020. Kamu bisa memulai dengan membuat makanan atau minuman yang memiliki daya tarik tersendiri. Misalnya, membuat kue dengan resep rahasia keluarga atau membuat minuman khas daerah.

Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk menjual makanan atau minuman sehat seperti jus buah atau salad. Untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas, kamu bisa memanfaatkan media sosial dan marketplace.

FAQ Bisnis Kuliner

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya harus memiliki keterampilan memasak untuk memulai bisnis kuliner? Tidak selalu. Kamu bisa merekrut karyawan atau bekerja sama dengan orang yang memiliki keterampilan memasak.
Bagaimana cara menentukan harga jual yang tepat? Perhitungkan biaya produksi dan tambahkan keuntungan yang diinginkan. Jangan terlalu murah atau terlalu mahal.
Apakah saya perlu izin dari pihak berwenang untuk menjual makanan atau minuman? Ya, pastikan kamu memiliki izin usaha dan izin kesehatan yang diperlukan.

2. Bisnis Fashion

Bisnis fashion juga termasuk dalam kategori bisnis yang menjanjikan di tahun 2020. Kamu bisa memulai dengan membuat pakaian atau aksesori yang memiliki desain unik dan menarik. Untuk memasarkannya, kamu bisa membuat toko online atau bergabung dengan marketplace.

Jika kamu memiliki keterampilan menjahit, kamu juga bisa membuka jasa konveksi atau tailor.

FAQ Bisnis Fashion

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya harus memiliki keterampilan menjahit untuk memulai bisnis fashion? Tidak selalu. Kamu bisa bekerja sama dengan penjahit atau konveksi yang sudah terpercaya.
Apakah saya harus memiliki toko fisik untuk menjual produk fashion? Tidak harus. Saat ini, banyak orang lebih memilih membeli produk fashion melalui toko online atau marketplace.
Bagaimana cara membuat produk fashion yang memiliki daya tarik bagi pelanggan? Cari tahu tren atau gaya yang sedang populer, dan kembangkan desain yang unik dan menarik.

3. Bisnis Online Shop

Bisnis online shop juga bisa menjadi pilihan yang menjanjikan di tahun 2020. Kamu bisa menjual berbagai produk seperti pakaian, aksesori, kosmetik, atau perlengkapan rumah tangga.

Penting untuk memilih produk yang memiliki permintaan tinggi dan memiliki keunikan tersendiri. Selain itu, pastikan kamu memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk menjangkau pelanggan potensial.

FAQ Bisnis Online Shop

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya harus memiliki stok produk untuk menjalankan bisnis online shop? Tergantung pada model bisnis yang kamu pilih. Kamu bisa membuat sistem pre-order atau dropship untuk meminimalisir risiko stok yang tidak terjual.
Bagaimana cara meningkatkan penjualan di bisnis online shop? Pertahankan kualitas produk, tanggapi dengan cepat pertanyaan atau keluhan pelanggan, dan gunakan media sosial atau iklan online untuk mempromosikan produk.
Apakah saya harus membayar fee kepada marketplace jika bergabung dengan mereka? Ya, kebanyakan marketplace memiliki sistem fee atau komisi untuk setiap transaksi yang terjadi.

4. Bisnis Jasa Kebersihan

Bisnis jasa kebersihan juga memiliki potensi yang menjanjikan di tahun 2020. Kamu bisa memulai dengan membuka jasa cleaning service untuk rumah atau kantor.

Pastikan untuk memberikan pelayanan yang baik dan jangan ragu untuk memasarkan jasa kebersihanmu ke teman atau kenalan terlebih dahulu.

FAQ Bisnis Jasa Kebersihan

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya perlu memiliki peralatan khusus untuk membuka bisnis jasa kebersihan? Ya, pastikan kamu memiliki peralatan yang memadai seperti sapu, lap, deterjen, dan vacuum cleaner.
Bagaimana cara menentukan harga jasa kebersihan yang tepat? Perhitungkan biaya operasional dan tambahkan keuntungan yang diinginkan. Jangan terlalu murah atau terlalu mahal.
Apakah saya perlu izin usaha untuk membuka bisnis jasa kebersihan? Ya, pastikan kamu memiliki izin usaha dan izin kesehatan yang diperlukan.

5. Bisnis Pendidikan

Bisnis pendidikan juga memiliki prospek yang menjanjikan di tahun 2020. Kamu bisa membuka lembaga les privat atau kursus online untuk berbagai bidang seperti bahasa, musik, atau keterampilan teknis.

Pastikan kamu memiliki kualifikasi yang cukup untuk mengajar atau bisa merekrut tenaga pengajar yang berkualitas.

FAQ Bisnis Pendidikan

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara menentukan harga jasa pendidikan yang tepat? Lakukan riset pasar dan perhitungkan biaya operasional serta keuntungan yang diinginkan.
Bagaimana cara mempromosikan jasa pendidikan? Gunakan media sosial atau iklan online, serta ajak teman atau kenalan untuk memperkenalkan jasa pendidikanmu.
Apakah saya perlu memiliki sertifikasi untuk membuka lembaga les atau kursus online? Tergantung pada bidang yang kamu ajarkan. Pastikan kamu memiliki kualifikasi atau tenaga pengajar yang berkualitas.

6. Bisnis Fotografi

Jika kamu memiliki hobi fotografi, bisnis ini bisa menjadi pilihan yang menjanjikan di tahun 2020. Kamu bisa mengambil foto untuk berbagai keperluan seperti pernikahan, wisuda, atau event lainnya.

Pastikan kamu memiliki peralatan fotografi yang memadai dan bisa mempromosikan jasa fotografi dengan baik.

FAQ Bisnis Fotografi

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara menentukan harga jasa fotografi yang tepat? Perhitungkan biaya operasional, waktu yang dihabiskan, serta keuntungan yang diinginkan.
Apakah saya perlu memiliki studio fotografi? Tidak selalu. Kamu bisa memanfaatkan tempat yang sesuai untuk sesi foto, seperti taman atau pantai.
Bagaimana cara mempromosikan jasa fotografi? Gunakan media sosial atau hasilkan portofolio yang menarik untuk menunjukkan kemampuan fotografi kamu.

7. Bisnis Online Course

Bisnis online course bisa menjadi pilihan yang menjanjikan di tahun 2020. Kamu bisa menjual kursus online untuk berbagai bidang seperti bisnis, kesehatan, atau teknologi.

Pastikan kamu memiliki pengetahuan atau kualifikasi yang cukup untuk membuat kursus online yang berkualitas. Gunakan media sosial atau iklan online untuk mempromosikan kursus onlinemu.

FAQ Bisnis Online Course

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara membuat kursus online yang berkualitas? Perhatikan materi dan cara penyampaian yang mudah dipahami, serta tambahkan interaksi antara pengajar dan peserta.
Apakah saya harus memiliki kualifikasi khusus untuk membuat kursus online? Ya, pastikan kamu memiliki pengetahuan atau kualifikasi yang cukup dalam bidang yang kamu ajarkan.
Bagaimana cara menentukan harga kursus online yang tepat? Lakukan riset pasar dan perhitungkan biaya produksi serta keuntungan yang diinginkan.

8. Bisnis Kecantikan

Bisnis kecantikan juga masih menjadi pilihan yang menjanjikan di tahun 2020. Kamu bisa memulai dengan membuka jasa salon kecantikan atau menjual produk kecantikan.

Pastikan produk atau jasa yang kamu tawarkan memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

FAQ Bisnis Kecantikan

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya harus memiliki kualifikasi khusus untuk membuka jasa salon kecantikan? Ya, pastikan kamu memiliki kualifikasi atau tenaga kerja yang berkualitas.
Bagaimana cara menyediakan produk kecantikan yang berkualitas? Pilih produk yang terbukti berkualitas atau bisa memproduksi produk sendiri dengan bahan-bahan yang aman dan berkualitas.
Bagaimana cara mempromosikan jasa salon atau produk kecantikan? Gunakan media sosial atau iklan online, serta ajak teman atau kenalan untuk memperkenalkan jasa salon atau produk kecantikanmu.

9. Bisnis Online Marketing

Bisnis online marketing bisa menjadi pilihan yang menjanjikan di tahun 2020. Kamu bisa membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan melalui berbagai channel seperti media sosial atau iklan online.

Pastikan kamu memiliki pengetahuan yang cukup mengenai online marketing atau bisa belajar melalui kursus atau pelatihan yang tersedia.

FAQ Bisnis Online Marketing

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya harus memiliki kualifikasi khusus untuk membuka bisnis online marketing? Tidak harus, tapi pastikan kamu memiliki pengetahuan yang cukup mengenai online marketing.
Bagaimana cara menawarkan jasa online marketing kepada perusahaan? Gunakan media sosial atau hasilkan portofolio yang menunjukkan hasil kampanye online marketing sebelumnya.
Bagaimana cara menentukan harga jasa online marketing? Perhitungkan biaya operasional dan tambahkan keuntungan yang diinginkan. Jangan terlalu murah atau terlalu mahal.

10. Bisnis Peternakan

Jika kamu memiliki lahan yang cukup, bisnis peternakan bisa menjadi pilihan yang menjanjikan di tahun 2020. Kamu bisa memelihara hewan seperti ayam, kambing, atau sapi untuk dijual sebagai daging, telur, atau susu.

Pastikan kamu memahami tata cara pemeliharaan hewan yang baik dan benar.

FAQ Bisnis Peternakan

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya harus memiliki lahan yang luas untuk membuka bisnis peternakan? Tergantung pada jenis hewan yang dipelihara dan jumlahnya. Pastikan lahan yang kamu miliki cukup untuk memenuhi kebutuhan hewan.
Bagaimana cara memastikan kondisi dan kesehatan hewan? Pantau kesehatan hewan secara berkala, berikan pakan yang seimbang, serta hindari pemeliharaan yang buruk.
Apakah saya perlu memiliki izin dari pihak berwenang untuk membuka bisnis peternakan? Ya, pastikan kamu memiliki izin usaha dan izin kesehatan yang diperlukan untuk membuka bisnis peternakan.

11. Bisnis Event Organizer

Bisnis event organizer bisa menjadi pilihan yang menjanjikan di tahun 2020. Kamu bisa membantu mengorganisir acara seperti pernikahan, seminar, atau pameran.

Pastikan kamu memiliki keterampilan dalam mengorganisir dan menjalin hubungan dengan vendor atau pihak lain yang terkait.

FAQ Bisnis Event Organizer

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya harus memiliki pengalaman dalam

Video:Bisnis Rumahan yang Menjanjikan di Tahun 2020