Bikin Akun FB Bisnis: Cara Mudah Meningkatkan Penjualan

Halo Sobat Bisnis! Apakah kamu memiliki bisnis kecil atau besar yang ingin mengembangkan jangkauan penjualan? Jika iya, maka kamu harus mempertimbangkan untuk membuat akun Facebook Bisnis. Dalam artikel ini, kami akan membahas segala hal yang perlu kamu ketahui tentang bikin akun FB bisnis. Mulai dari manfaat, cara membuat, hingga strategi pemasaran yang efektif melalui akun Facebook Bisnis. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Akun Facebook Bisnis?

Akun Facebook Bisnis adalah platform khusus yang disediakan oleh Facebook untuk para pengusaha atau perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan memiliki akun Facebook Bisnis, kamu dapat mengelola halaman bisnis dan iklan secara terpisah dari akun Facebook pribadi. Dengan begitu, kamu dapat membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan secara efektif.

Manfaat Bikin Akun FB Bisnis

Sebelum membahas cara membuat akun Facebook Bisnis, mari kita bahas terlebih dahulu manfaat yang dapat kamu peroleh. Berikut adalah beberapa manfaat bikin akun FB bisnis:

No. Manfaat
1 Meningkatkan Brand Awareness
2 Meningkatkan Jangkauan Pelanggan
3 Mendapatkan Pelanggan Baru
4 Memudahkan dalam Membuat Iklan
5 Memonitor dan Mengukur Performa Iklan

Dengan memiliki akun Facebook Bisnis, kamu dapat membangun brand awareness atau kesadaran merek yang kuat di tengah masyarakat. Kamu juga dapat memperluas jangkauan pelanggan secara lebih mudah dan efektif. Selain itu, kamu juga dapat mengakses pelanggan baru melalui fitur-targeting iklan yang dapat disesuaikan dengan segmen pasar yang sesuai.

Cara Bikin Akun FB Bisnis

Setelah mengetahui manfaat yang dapat kamu peroleh dari akun Facebook Bisnis, mari kita bahas cara membuatnya. Berikut adalah langkah-langkah bikin akun FB bisnis:

  1. 1. Buka halaman Facebook Bisnis Help Center untuk membuat akun baru.
  2. 2. Klik tombol “Create Account” untuk memulai proses registrasi.
  3. 3. Isi data yang dibutuhkan, termasuk nama bisnis, alamat email, nomor telepon, dan sandi.
  4. 4. Klik tombol “Create Account” untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  5. 5. Verifikasi akun melalui kode yang dikirimkan ke email yang telah kamu daftarkan.

Setelah akun sudah berhasil didaftarkan dan diverifikasi, kamu dapat membuat halaman bisnis dengan mengikuti panduan yang disediakan oleh Facebook. Selanjutnya, kamu dapat memilih jenis iklan yang ingin kamu gunakan dan menentukan target audiens yang sesuai dengan bisnismu.

FAQ

Apa bedanya antara akun Facebook Bisnis dengan akun Facebook Pribadi?

Akun Facebook Bisnis memiliki fitur dan layanan khusus untuk membantu kamu dalam mengembangkan bisnis. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah pembuatan halaman bisnis, pembuatan iklan, manajemen analisis data, dan support khusus dalam mempromosikan bisnis kamu di Facebook.

Apakah bikin akun FB Bisnis berbayar?

Tidak, bikin akun FB Bisnis tidak memerlukan biaya atau dikenakan biaya bulanan. Namun, kamu perlu mempertimbangkan biaya iklan jika ingin memaksimalkan keuntungan dari akun Facebook Bisnis kamu.

Apakah akun Facebook Bisnis hanya untuk bisnis besar?

Tidak, akun Facebook Bisnis dapat digunakan oleh semua jenis bisnis, dari yang kecil hingga besar. Bahkan, akun Facebook Bisnis sangat dianjurkan untuk bisnis kecil agar dapat mengembangkan jangkauan pelanggan dengan lebih mudah dan efektif.

Apakah penting untuk menggunakan strategi pemasaran melalui akun Facebook Bisnis?

Ya, strategi pemasaran melalui akun Facebook Bisnis sangat penting dalam mengembangkan bisnis kamu. Dengan menggunakan strategi yang tepat, kamu dapat memperluas jangkauan pelanggan dan meningkatkan penjualan secara signifikan.

Bagaimana cara meningkatkan engagement di halaman bisnis Facebook?

Untuk meningkatkan engagement di halaman bisnis Facebook, kamu dapat melakukan beberapa hal seperti mengupload konten yang menarik dan bermanfaat bagi pelanggan, merespon komentar dan pesan pelanggan dengan cepat, serta melakukan promosi dan kontes yang menghibur.

Strategi Pemasaran Melalui Akun Facebook Bisnis

Tentukan Target Audiens yang Tepat

Tentukan target audiens yang tepat berdasarkan segmen pasar yang sesuai dengan bisnismu. Kamu dapat menentukan target audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi geografis, minat, hingga perilaku pembelian.

Bangun Brand Awareness yang Kuat

Bangun brand awareness yang kuat dengan mengupload konten yang unik, menarik, dan berkualitas. Selain itu, kamu juga dapat menyediakan informasi yang bermanfaat dan terkini mengenai produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Gunakan Fitur Iklan yang Tepat

Gunakan fitur iklan yang tepat untuk mengoptimalkan promosi bisnismu. Beberapa fitur iklan yang dapat kamu gunakan antara lain iklan tayangan gambar, video, kuis, dan banyak lagi.

Promosikan Konten yang Menarik

Promosikan konten yang menarik dan bermanfaat bagi pelanggan, seperti konten tentang tips dan trik, promo eksklusif, atau testimoni pelanggan. Hal tersebut dapat membangun kepercayaan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Memonitor dan Mengukur Performa Iklan

Terakhir, memonitor dan mengukur performa iklan sangat penting dalam menentukan strategi pemasaran selanjutnya. Kamu perlu terus memperbaiki dan mengoptimalkan iklan agar dapat meningkatkan penjualan dan ROI.

Dengan mengikuti strategi pemasaran melalui akun Facebook Bisnis yang tepat, kamu dapat meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis kamu dengan lebih mudah dan efektif. Selamat mencoba!

Video:Bikin Akun FB Bisnis: Cara Mudah Meningkatkan Penjualan