Apa Maksud Akun Bisnis di WhatsApp? Semua yang Perlu Kamu Ketahui!

Salam, Sobat Bisnis! Apa kabar? Semoga selalu sehat dan sukses dalam menjalankan bisnisnya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang apa maksud akun bisnis di WhatsApp. Sebuah fitur yang cukup populer di aplikasi chatting terpopuler di dunia ini. Kamu pasti penasaran, kan? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Akun Bisnis di WhatsApp?

Sebelum membahas lebih lanjut, penting bagi kita untuk memahami apa itu akun bisnis di WhatsApp. Jadi, akun bisnis adalah sebuah fitur yang disediakan oleh WhatsApp untuk memudahkan para pengusaha dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Dengan memiliki akun bisnis, kamu dapat mengirimkan pesan, menjawab pertanyaan dari pelanggan, serta mengirimkan broadcast pesan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan informasi lengkap tentang bisnismu, seperti alamat, jam operasional, email, hingga website. Hal ini tentunya akan mempermudah para pelanggan untuk mengetahui detail seputar bisnismu.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Akun Bisnis di WhatsApp?

Untuk mengaktifkan akun bisnis di WhatsApp, kamu perlu mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini:

Langkah Keterangan
1 Download aplikasi WhatsApp Business di App Store atau Play Store
2 Daftar dengan menggunakan nomor telepon yang akan digunakan untuk bisnis
3 Masukkan nama bisnismu dan informasi lain yang dibutuhkan
4 Aktifkan fitur akun bisnis di WhatsApp dengan mengikuti petunjuk yang ada di aplikasi

Sangat mudah, bukan? Dalam hitungan menit, akun bisnismu akan aktif dan siap digunakan. Tapi, sebelum mulai mengirimkan pesan atau broadcast, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu.

Apa Saja Fungsi Akun Bisnis di WhatsApp?

Tentunya, akun bisnis di WhatsApp memiliki berbagai fungsi yang sangat membantu para pengusaha dalam berbisnis. Beberapa fungsi penting dari akun bisnis di WhatsApp antara lain:

1. Mengirimkan Pesan ke Pelanggan

Dengan akun bisnis, kamu dapat mengirimkan pesan kepada para pelanggan secara langsung. Hal ini akan mempermudah para pelanggan untuk berkomunikasi dengan bisnismu. Selain itu, kamu juga dapat membuat pesan otomatis untuk menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan.

2. Mengirimkan Broadcast Pesan

Jika ingin memberikan informasi atau promo kepada banyak pelanggan sekaligus, kamu dapat menggunakan fitur broadcast pesan. Dengan fitur ini, kamu dapat mengirimkan pesan ke banyak orang sekaligus, namun setiap pesan akan terkirim secara terpisah sehingga terkesan personal.

3. Menambahkan Informasi Bisnis Lengkap

Dalam akun bisnis, kamu dapat menambahkan informasi bisnis yang lengkap seperti alamat, jam operasional, email, website, hingga produk yang dijual. Hal ini akan mempermudah para pelanggan untuk mengetahui detail seputar bisnismu dan meningkatkan kepercayaan para pelanggan terhadap bisnismu.

4. Membuat Shortcut Tekstual

Kamu juga dapat membuat shortcut tekstual untuk mempermudah dalam menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Misalnya, kamu dapat membuat shortcut “Halo, terima kasih telah menghubungi kami. Kami akan segera membalas pesanmu.”

Apakah Akun Bisnis di WhatsApp Berbayar?

Untuk saat ini, akun bisnis di WhatsApp masih gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja. Namun, WhatsApp berencana mengenakan biaya untuk pengguna bisnis yang memanfaatkan fitur WhatsApp Business API di masa depan. WhatsApp Business API sendiri adalah sebuah aplikasi pemrograman antarmuka (API) yang memungkinkan kamu untuk mengintegrasikan WhatsApp dengan sistem bisnismu.

Apakah Akun Bisnis di WhatsApp Aman Digunakan?

WhatsApp menggunakan sistem end-to-end encryption yang membuat pesan yang dikirimkan tidak dapat dibaca oleh pihak manapun termasuk WhatsApp sendiri. Selain itu, WhatsApp juga menjamin keamanan informasi pelanggan yang disimpan dalam akun bisnismu.

Apa Saja Produk yang Cocok Menggunakan Akun Bisnis di WhatsApp?

Akun bisnis di WhatsApp cocok digunakan oleh berbagai jenis bisnis seperti:

1. Bisnis Rumahan

Jika kamu menjalankan bisnis rumahan seperti menjual kue atau kerajinan tangan, akun bisnis di WhatsApp dapat memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung.

2. Bisnis Fashion

Bagi kamu yang menjual produk fashion, akun bisnis di WhatsApp dapat digunakan untuk memberikan informasi terbaru seputar koleksi, harga, dan diskon kepada para pelanggan.

3. Bisnis Jasa

Jika kamu menjalankan bisnis jasa seperti perbaikan AC atau layanan laundry, akun bisnis di WhatsApp dapat mempermudahmu dalam menerima pesanan dan menjawab pertanyaan dari pelanggan.

4. Bisnis Online Shop

Akun bisnis di WhatsApp sangat cocok digunakan oleh para pemilik online shop untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mengirimkan promo, dan menerima pesanan.

FAQ

1. Apakah Akun Bisnis di WhatsApp Harus Memiliki Nomor Telepon Sendiri?

Ya, untuk mengaktifkan akun bisnis di WhatsApp kamu perlu menggunakan nomor telepon yang akan digunakan untuk bisnis. Jika kamu tidak ingin menggunakan nomor pribadi, kamu dapat menggunakan nomor telepon genggam yang baru.

2. Bisakah Akun Bisnis di WhatsApp Digunakan di Beberapa Perangkat?

Tidak, satu nomor telepon hanya dapat digunakan di satu perangkat saja. Namun, kamu dapat menggunakan WhatsApp Web untuk mengakses akun bisnismu di komputer.

3. Apakah Ada Batas Jumlah Pesan yang Dapat Dikirimkan di Akun Bisnis di WhatsApp?

Tidak ada batas jumlah pesan yang dapat dikirimkan di akun bisnis di WhatsApp. Namun, jika kamu sering mengirimkan pesan yang berlebihan, akun bisnismu dapat diblokir oleh WhatsApp.

4. Apakah Ada Jaminan Keamanan Data Pelanggan yang Disimpan di Akun Bisnis di WhatsApp?

Ya, WhatsApp menjamin keamanan data pelanggan yang tersimpan di akun bisnismu sesuai dengan kebijakan privasi yang dimiliki oleh WhatsApp.

5. Bagaimana Cara Mengubah Nama Bisnis yang Sudah Terdaftar di Akun Bisnis di WhatsApp?

Untuk mengubah nama bisnis yang sudah terdaftar, kamu dapat mengubahnya melalui pengaturan akun di aplikasi WhatsApp Business.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai apa maksud akun bisnis di WhatsApp. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengoptimalkan bisnismu di era digital. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman bisnismu ya, Sobat Bisnis!

Video:Apa Maksud Akun Bisnis di WhatsApp? Semua yang Perlu Kamu Ketahui!