4 Aspek Studi Kelayakan Bisnis

Halo sobat bisnis, tentunya kita semua ingin meraih kesuksesan dalam bisnis yang kita jalani. Namun, untuk mencapai kesuksesan tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Salah satunya adalah studi kelayakan bisnis. Studi kelayakan bisnis ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah suatu bisnis layak untuk dilaksanakan atau tidak. Pada artikel kali ini, kita akan bahas mengenai 4 aspek dalam studi kelayakan bisnis.

1. Aspek Pasar

Aspek pertama yang harus diperhatikan dalam studi kelayakan bisnis adalah aspek pasar. Pada aspek ini, kita harus memahami pasar yang akan kita tuju dengan bisnis yang akan dijalankan. Beberapa hal yang harus diperhatikan pada aspek pasar antara lain adalah:

Potensi Pasar

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah potensi pasar. Kita harus mengetahui seberapa besar potensi pasar yang ada, siapa target pasar kita, serta bagaimana karakteristik pasar tersebut.

Konkuren

Selain itu, kita juga harus mengetahui siapa saja pesaing kita di pasar, dan bagaimana strategi mereka dalam menjalankan bisnis.

Tren Pasar

Kita juga harus memantau tren pasar, atau tren yang terjadi di dalam pasar yang akan kita jalankan bisnis. Dengan memahami tren pasar, kita bisa mempersiapkan bisnis yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Analisis SWOT

Untuk memaksimalkan potensi pasar, kita juga perlu melakukan analisis SWOT. Analisis SWOT ini akan membantu kita dalam menentukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari bisnis yang akan dijalankan.

FAQ Pasar

Pertanyaan Jawaban
1. Bagaimana cara mengetahui karakteristik pasar? Karakteristik pasar dapat diketahui melalui riset pasar yang dilakukan.
2. Apa yang dimaksud dengan analisis SWOT? Analisis SWOT adalah sebuah tools yang digunakan untuk menentukan kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity), dan ancaman (Thread) pada sebuah usaha.
3. Bagaimana cara mempersiapkan bisnis yang sesuai dengan tren pasar? Kita bisa mempersiapkan bisnis yang sesuai dengan tren pasar dengan melakukan riset pasar dan memantau tren pasar yang terjadi.

2. Aspek Teknis

Aspek kedua yang harus diperhatikan dalam studi kelayakan bisnis adalah aspek teknis. Pada aspek ini, kita harus memperhatikan aspek teknis dari bisnis yang akan dijalankan. Beberapa hal yang harus diperhatikan pada aspek teknis antara lain adalah:

Produk

Kita harus memperhatikan produk atau jasa yang akan dijalankan bisnis. Produk atau jasa tersebut harus memiliki kualitas yang baik, serta sesuai dengan kebutuhan pasar.

Sumber Daya Manusia

Kita juga perlu memperhatikan sumber daya manusia yang akan terlibat dalam bisnis tersebut. Kita harus memastikan bahwa sumber daya manusia yang kita miliki cukup kompeten dan sesuai dengan bidangnya.

Operasional

Operasional bisnis juga harus diperhatikan. Kita harus memahami bagaimana operasional bisnis tersebut berjalan, serta bagaimana prosesnya dari awal hingga akhir.

Lokasi

Lokasi bisnis juga menjadi faktor penting. Kita harus memilih lokasi yang strategis, mudah diakses, serta sesuai dengan karakteristik pasar yang akan dituju.

FAQ Teknis

Pertanyaan Jawaban
1. Bagaimana cara memilih lokasi yang strategis untuk bisnis? Kita bisa memilih lokasi yang strategis dengan melakukan riset pasar, serta memilih lokasi yang mudah diakses dan sesuai dengan karakteristik pasar.
2. Apa yang harus diperhatikan dalam memilih sumber daya manusia? Kita harus memilih sumber daya manusia yang cukup kompeten dan sesuai dengan bidangnya.
3. Apa yang dimaksud dengan operasional bisnis? Operasional bisnis adalah proses dari awal hingga akhir dalam menjalankan bisnis.

3. Aspek Keuangan

Aspek ketiga yang harus diperhatikan dalam studi kelayakan bisnis adalah aspek keuangan. Pada aspek ini, kita harus memperhatikan segi keuangan dari bisnis yang akan dijalankan. Beberapa hal yang harus diperhatikan pada aspek keuangan antara lain adalah:

Modal

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah modal yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis. Kita harus memastikan bahwa modal yang dibutuhkan sudah cukup, serta mempertimbangkan sumber modal yang akan digunakan.

Pengeluaran Bisnis

Kita juga harus memperhatikan pengeluaran bisnis yang akan terjadi. Pengeluaran bisnis harus dikontrol dengan baik agar tidak melebihi anggaran yang telah ditetapkan.

Pendapatan Bisnis

Pendapatan bisnis juga harus diperhitungkan dengan matang. Kita harus memperhitungkan berapa pendapatan yang akan diperoleh dalam jangka panjang, serta berapa target pendapatan yang ingin dicapai dalam jangka pendek.

Break Even Point

Untuk menghitung keuntungan yang akan didapat, kita perlu menghitung break even point dari bisnis yang akan dijalankan. Break even point adalah titik di mana pendapatan dan pengeluaran bisnis seimbang.

FAQ Keuangan

Pertanyaan Jawaban
1. Apa yang harus diperhatikan dalam mempertimbangkan sumber modal yang akan digunakan? Kita harus mempertimbangkan sumber modal yang aman dan sesuai dengan karakteristik bisnis yang akan dijalankan.
2. Bagaimana cara menghitung break even point? Break even point dapat dihitung dengan rumus total biaya dibagi dengan margin kontribusi per unit.
3. Apa yang dimaksud dengan margin kontribusi per unit? Margin kontribusi per unit adalah selisih antara harga jual per unit dengan harga variabel per unit.

4. Aspek Legalitas

Aspek keempat yang harus diperhatikan dalam studi kelayakan bisnis adalah aspek legalitas. Pada aspek ini, kita harus memperhatikan segi legalitas dari bisnis yang akan dijalankan. Beberapa hal yang harus diperhatikan pada aspek legalitas antara lain adalah:

Izin Usaha

Kita harus memastikan bahwa bisnis yang akan dijalankan memiliki izin usaha yang lengkap dan sah. Hal ini akan meminimalisir risiko hukum di masa depan.

Peraturan yang Berlaku

Kita juga harus memperhatikan peraturan yang berlaku dalam menjalankan bisnis. Kita harus memastikan bahwa bisnis yang akan dijalankan tidak melanggar peraturan yang berlaku.

Hak Kekayaan Intelektual

Kita harus memastikan bahwa kita memiliki hak kekayaan intelektual untuk produk atau jasa yang akan dijalankan. Hal ini akan mencegah terjadinya pencurian hak kekayaan intelektual oleh pihak lain.

Asuransi Bisnis

Kita juga perlu mempertimbangkan asuransi bisnis sebagai perlindungan dari risiko-risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

FAQ Legalitas

Pertanyaan Jawaban
1. Apa yang harus diperhatikan dalam memperoleh izin usaha? Kita harus memastikan bahwa bisnis yang akan dijalankan memiliki izin usaha yang lengkap dan sah.
2. Bagaimana cara memastikan bahwa kita memiliki hak kekayaan intelektual untuk produk atau jasa yang akan dijalankan? Kita bisa melakukan pendaftaran hak kekayaan intelektual ke Kantor HAKI terdekat.
3. Apa yang dimaksud dengan asuransi bisnis? Asuransi bisnis adalah perlindungan dari risiko-risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Demikianlah 4 aspek dalam studi kelayakan bisnis yang perlu diperhatikan. Dengan memperhatikan keempat aspek tersebut, kita bisa menilai apakah suatu bisnis layak atau tidak untuk dijalankan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat bisnis yang sedang mempersiapkan bisnisnya.

Video:4 Aspek Studi Kelayakan Bisnis