Halo Sobat Bisnis! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017. Sebelum membahas lebih lanjut, kita akan sedikit memperkenalkan mengenai RPP terlebih dahulu. RPP adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP ini merupakan suatu dokumen yang digunakan oleh guru sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Nah, RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017 ini sangat penting bagi para guru yang mengajar mata pelajaran bisnis di kelas XI dan XII. Mari kita bahas lebih detail mengenai RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017 ini.
Pengertian RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017
RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017 adalah sebuah dokumen yang berisi rencana pembelajaran di kelas untuk mata pelajaran bisnis pada jenjang SMA/MA. Dokumen ini dibuat oleh guru pada saat akan melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. RPP ini mencakup beberapa aspek, antara lain mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, serta penilaian pembelajaran.
Sebagai seorang guru, RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017 ini sangat penting untuk dimiliki. RPP ini dapat membantu para guru untuk menentukan langkah-langkah pembelajaran yang akan diambil serta membuat program pembelajaran yang terstruktur dan terukur. Selain itu, RPP ini juga dapat membantu para guru dalam melakukan penilaian dan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Standar Kompetensi
Standar kompetensi adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada mata pelajaran bisnis. Standar kompetensi ini terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu:
No | Kelompok Kompetensi | Deskripsi |
---|---|---|
1 | Menjelaskan konsep bisnis | Siswa dapat menjelaskan konsep bisnis, pengertian bisnis, serta tujuan bisnis |
2 | Mengidentifikasi peluang bisnis | Siswa dapat mengidentifikasi peluang bisnis serta melakukan analisis SWOT terhadap bisnis tersebut |
Dalam RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017, standar kompetensi ini harus dicantumkan sebagai acuan dalam menentukan materi pembelajaran dan penilaian pembelajaran di kelas.
Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah bagian dari standar kompetensi yang lebih spesifik. Kompetensi dasar ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dimiliki oleh siswa pada mata pelajaran bisnis.
Dalam RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017, kompetensi dasar ini harus dijabarkan dengan jelas dan detail. Setiap kompetensi dasar harus memiliki indikator pencapaian kompetensi yang dapat diukur dan dinilai.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator pencapaian kompetensi adalah suatu pernyataan yang menjelaskan perilaku atau kinerja siswa yang dapat diobservasi dan diukur untuk mengukur pencapaian kompetensi.
Dalam RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017, setiap kompetensi dasar harus memiliki indikator pencapaian kompetensi yang jelas dan dapat diukur. Indikator pencapaian kompetensi ini akan menjadi acuan dalam menentukan penilaian pembelajaran di kelas.
Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran adalah hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.
Dalam RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017, tujuan pembelajaran harus dijabarkan dengan jelas dan detail. Setiap tujuan pembelajaran harus dapat diukur dan terukur sehingga dapat dijadikan acuan dalam menilai hasil belajar siswa.
Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran adalah isi dari pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Materi pembelajaran harus sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.
Dalam RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017, materi pembelajaran harus dijabarkan dengan jelas dan detail. Materi pembelajaran harus disusun secara terstruktur dan sistematis sehingga dapat memudahkan dalam proses pembelajaran.
Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran adalah cara atau strategi yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.
Dalam RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017, metode pembelajaran harus disesuaikan dengan materi pembelajaran yang diberikan. Metode pembelajaran harus disusun dengan terstruktur dan variatif sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran secara lebih mudah dan menyenangkan.
Penilaian Pembelajaran
Penilaian pembelajaran adalah proses untuk mengukur hasil belajar siswa. Penilaian pembelajaran harus sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.
Dalam RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017, penilaian pembelajaran harus dijabarkan dengan jelas dan detail. Penilaian pembelajaran harus mencakup aspek-aspek seperti teknik penilaian, instrument penilaian, serta kriteria penilaian yang digunakan.
FAQ
1. Apakah RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017 ini wajib dimiliki oleh guru?
Ya, RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017 ini wajib dimiliki oleh guru yang mengajar mata pelajaran bisnis di kelas XI dan XII pada jenjang SMA/MA.
2. Apa saja yang harus dicantumkan dalam RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017?
Dalam RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017 harus dicantumkan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, serta penilaian pembelajaran.
3. Apa fungsi dari RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017?
RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017 berfungsi sebagai panduan bagi para guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. RPP ini membantu para guru dalam menentukan langkah-langkah pembelajaran yang akan diambil serta membuat program pembelajaran yang terstruktur dan terukur. Selain itu, RPP ini juga membantu para guru dalam melakukan penilaian dan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.
4. Apakah RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017 ini sama dengan RPP pada umumnya?
Ya, RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017 sama dengan RPP pada umumnya. Yang membedakan adalah RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017 ini khusus untuk mata pelajaran bisnis pada jenjang SMA/MA.
5. Apa yang harus dilakukan jika terjadi perubahan pada RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017?
Jika terjadi perubahan pada RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017, maka guru harus segera melakukan perubahan pada RPP yang telah dibuat sebelumnya. Perubahan pada RPP harus mencakup seluruh aspek yang dirubah, seperti standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian kompetensi.
Sekian pembahasan mengenai RPP Perencanaan Bisnis K13 Revisi 2017. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para guru yang mengajar mata pelajaran bisnis di kelas XI dan XII pada jenjang SMA/MA. Terima kasih telah membaca, Sobat Bisnis!